Asal Punya E-KTP, Perpanjangan SIM Bisa di Mana Saja dan Kapan Saja

08/10/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Asal Punya E-KTP, Perpanjangan SIM Bisa di Mana Saja dan Kapan Saja
Salah satu manfaat besar sistem online Kartu Tanda Penduduk atau E-KTP, pemilik bisa melakukan perpanjangan SIM di mana saja dan kapan saja tanpa harus wilayah sendiri.

Digitalisasi identitas kependudukan baik Kartu Tanda Penduduk (KTP) menjadi e-KTP memberi banyak manfaat buat masyarakat. Salah satu keuntungannya, mereka bisa memperpanjang maupun Surat Izin Mengemudi (SIM) dimana saja dan kapan saja karena sistem perpanjangan SIM juga sudah online.

Foto beberapa warga mengantre pelayanan SIM keliling

Punya e-KTP bisa perpanjangan SIM dimana saja

>>> Jangan Panik, Begini Cara Mengurus SIM Hilang Dan Biayanya

Hanya saja sebagian orang masih merasa ragu jika harus melakukan perpanjangan SIM di wilayah yang berbeda dengan domisili yang tertera dalam KTP. Walhasil, mereka yang sedang berada di wilayah lain terkadang harus pulang hanya untuk mengurus perpanjangan SIM. Sedangkan yang lain memilih nekat tidak memperpanjang SIM dan tetap mengendarai motor secara ilegal.

Kasie SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar menegaskan, perpanjangan SIM bisa dilakukan di mana saja. Pun tidak harus ke kantor pelayanan SIM dan bisa memanfaatkan layanan SIM keliling yang kini tersebar di seluruh Indonesia. Yang penting memiliki e-KTP dan SIM belum kadaluarsa.

"Bisa asalkan memiliki kartu identitas dan SIM belum habis masa berlakunya, karena sudah online," tutur Kompol Fahri seperti dikutip dari Kompas, (7/10/2019).

Adapun untuk persyaratan perpanjangan SIM tidak ada yang berubah dan masih mengacu pada Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016 dan Peraturan Kapolri No. 9 Tahun 2012, yaitu:

  1. Kartu identitas (e-KTP atau paspor) asli dan fotocopy.
  2. Membawa SIM asli yang masih berlaku, paling tidak tersisa satu minggu lagi.
  3. Surat keterangan sehat jasmani. Jika tidak, bisa dilakukan pengecekan langsung dengan biaya sekitar Rp 25.000
  4. Biaya administrasi perpanjangan SIM, yaitu Rp 75.000 untuk SIM C dan Rp 80.000 untuk SIM A.
  5. Opsional, jika ingin menambah asuransi kecelakaan untuk 5 tahun tambah Rp 30.000.

>>> Smart SIM Resmi Diluncurkan, Ini Kelebihan dan 4 Fungsi Utamanya!

Foto seorang petugas menunjukkan contoh Smart SIM

Mendatang seluruh SIM reguler bakal diganti Smart SIM yang multifungsi

Jadi, dengan berbagai kemudahan yang ada disarankan bagi siapapun yang masa berlaku SIM-nya hampir habis untuk segera mengurus perpanjangan. Jika tidak, maka siap-siap untuk mendapatkan tilang dengan denda mulai Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta dan/atau pidana kurungan mulai 1 bulan hingga 4 bulan.

>>> Simak juga tips dan trik mobil terbaru lainnya hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Fatchur Sag
Penulis
Fatchur Sag
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Tempat Service Mobil Resmi Terdekat, Jangan Lupa Disimpan Untuk Keadaan Darurat

08/10/2019

Pengemudian

8 menit

Mobil bermasalah di tengah jalan? Bingung cari bengkel mobil terdekat? Tenang, Cintamobil.com punya daftar tempat service mobil resmi terdekat dari lokasi Anda. Diharapkan pula untuk Anda bisa mengingat atau menyimpan informasi ini sehingga dapat dibuka kembali saat dibutuhkan nantinya.

Lihat juga

Alasan Simpel Toyota Kedepankan Mobil Hybrid Ketimbang Mobil Listrik

07/10/2019

Pasar mobil

3 menit

Toyota Astra Motor (TAM) punya alasan sangat simpel dan masuk akal atas langkahnya mengedepankan mobil hybrid untuk Indonesia ketimbang mobil listrik.

Lihat juga

T2 Tutup Musim Blancpain Asia Dengan Capaian Lima Besar

01/10/2019

Pasar mobil

5 menit

Ajang balap Blancpain GT World Challenge Asia telah berakhir, dan T2 Motorsport menutupnya dengan torehan lima besar pada putaran terakhir di Shanghai International Circuit, Cina.

Lihat juga

Agar Tidak Salah, Ini Jenis Surat Tilang Yang Ada di Indonesia

27/07/2019

Pengemudian

2 menit

Beredarnya video viral pengemudi mobil yang menerobos razia hingga menabrak seorang polisi disayangkan oleh seluruh netizen. Diduga pengemudi tersebut takut ditilang. Padahal tidak perlu takut bila memang tidak melakukan kesalahan. Lantas aja jenis tilang apa saja di Indonesia?

Lihat juga

Surat Tilang Bertuliskan “Te amo”, Seorang Wanita Ditilang Karena “Terlalu Cantik”

10/06/2019

Pasar mobil

2 menit

Ternyata, masalah polisi yang sembarangan menilang tidak hanya terjadi di Indonesia. Di Uruguay, seorang wanita ditilang dengan alasan yang tidak masuk akal, karena “terlalu cantik”. Mau gombal, Pak?

Lihat juga

Keluarkan Surat Tilang Palsu untuk Dapatkan Tambahan Gaji, Polisi di New York Diberhentikan

06/04/2019

Pasar mobil

Seorang mantan petugas Departemen Kepolisian New York (NYPD) ditangkap karena menerbitkan surat tilang palsu kepada orang-orang yang tidak pernah melakukan kesalahan. Penipuan tersebut, sebagaimana dikutip oleh New York Post, adalah untuk mengklaim lembur untuk menambah gajinya.

Lihat juga