Sudah Tahu Arti Marka Jalan Yellow Box Junction?

18/05/2021

Pengemudian

3 menit

Yellow Box Junction atau YBJ merupakan marka jalan yang berfungsi untuk mencegah kepadatan lalu lintas di jalur dan berakibat tersendatnya arus kendaraan. Simak selengkapnya!

Saat Anda mengemudi di perlintasan traffic light di depan Sarinah Jalan MH Thamrin Jakarta pusat, Anda akan melihat persegi panjang kuning berukuran besar di aspal. Pernah mengetahui apa maksud marka jalan tersebut?

Yellow Box Junction atau YBJ merupakan marka jalan yang berfungsi untuk mencegah kepadatan lalu lintas di jalur dan berakibat tersendatnya arus kendaraan di jalur lain yang tidak padat. Dengan hadirnya YBJ tersebut, diharapkan kepadatan di persimpangan jalan tidak terkunci.

Pelanggaran Yellow Box Junction Akan Dipidana

Yellow Box Junction

YBJ berada di persimpangan jalan padat

Biasanya YBJ akan sangat berguna di persimpangan jalan padat atau jalan utama di waktu padatnya lalu lintas. Terlebih lagi pengguna kendaraan bermotor kerap menerobos lampu merah saat antrean kendaraan belum terurai. Sehingga keberadaan YBJ, walaupun traffic light sudah berwarna hijau, pengguna jalan yang belum masuk YBJ tetap harus berhenti ketika ada kendaraan lain di dalam YBJ.

Peraturan tentang YBJ terdapat dalam penjelasan UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Pasar 287 (2) Juncto Pasal 106 (4) huruf a, b, tentang rambu-rambu lalu lintas dan berhenti di belakang garis stop. Pelanggaran akan dipidana kurungan dua bulan penjara atau denda Rp 500.000.

>>> Begini Etika Berhenti di Jalan Tol

Patuhi Marka Jalan Lainnya

Marka jalan

Ketahui arti marka jalan agar perjalanan nyaman

Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara, Anda tentu melihat banyak marka jalan. Nah, selain Yellow Box Junction, ada beberapa marka jalan yang perlu Anda patuhi, apa saja ya?

  • Marka Membujur Utuh: Kerap ditemukan di tengah jalan sebagai pembagi jalur kendaraan. Fungsinya sebagai larangan bagi kendaraan melintasi garis putih tersebut. Namun, jika posisinya di tepi jalan makan berfungsi sebagai tanda peringatan tepi jalur lalu lintas sehingga pengendara tidak diperbolehkan mendahului kendaraan lain.
  • Marka Putih Membujur Putus-Putus: berfungsi sebagai rambu-rambu di permukaan jalan sebagai pembatas dan pembagi jalur, peringatan adanya marka membujur garis utuh di depan, dan pengarah lalu lintas.
  • Marka Putih Membujur Ganda Utuh dan Putus-Putus: Anda kerap menemukan mark aini di jalanan perkotaan. Fungsinya ada dua. Pertama, jika Anda mengendarai di sisi garis putus-putus, kendaraan boleh pindah jalur ke sisi sebelahnya. Kedua, jika Anda berada di sisi garis putih lurus utuh, maka Anda tidak boleh berpindah jalur.

Tentu saja kelancaran arus lalu lintas membutuhkan kesadaran pengguna jalan dalam memiliki etika berkendara. Mematuhi marka jalan dapat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada sesama pengguna jalan.

>>> Baca artikel seputar otomotif terbaru hanya di sini

Penulis
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top