Apakah Anda Sudah Tahu? Ini Sanksi Bila Menyalahgunakan Mobil Plat Merah

12/12/2019

Pengemudian

4 menit

Apakah Anda Sudah Tahu? Ini Sanksi Bila Menyalahgunakan Mobil Plat Merah
Mobil plat merah sudah diatur dalam Perkapolri 5/2012. Mobil berplat merah tulisan putih diatur untuk diperuntukan bagi kendaraan bermotor dinas Pemerintah.

Pasti Anda sebagai pengguna kendaraan pernah penasaran apakah mobil berplat merah atau mobil dinas yang digunakan untuk hal di luar kepentingan fungsionalnya apakah dikenakan sanksi? Misalnya digunakan ke luar kota untuk kepentingan pribadi. Pasti Anda pernah berpikir seperti ini.

>>> Manajemen Baru, PT Adedanmas Lanjutkan Komitmen Sebagai Dealer Resmi Mercedes-Benz di Jakarta Selatan

Gambar menunjukan Pelaku pengganti plat kendaraan

Polri lakukan penindakan terhadap Pengendara menggunakan TNKB palsu di Jl. Jend. Sudirman

Biasnya oknum-oknum ini mengakalinya dengan membuat platnya dibuat ulang dan di cat menjadi warna hitam layaknya kendaraan pribadi untuk mengelabui pihak berwenang. Lalu apakah ada dampak hukum dari penyalahgunaan ini?

Aturan terkait plat merah sendiri sebenarnya sudah diatur dalam Peraturan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perkapolri) Nomor 5 Tahun 2012 tentang Registrasi Dan Identifikasi Kendaraan Bermotor.

Aturan Perkapolri 5/2012, mengungkapkan bahwa plat kendaraan disebut juga dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). TNKB itu sendiri merupakan tanda kendaraan bermotor berupa plat yang dikeluarkan langsung oleh Polri dan  berisikan berlogo lantas, kode wilayah, nomor registrasi, serta masa berlaku dan dipasang pada kendaraan bermotor.

>>> Review Volkswagen Golf 8 2020: Hatchback Ikonik VW Masuki Era Modern

Gambar menunjukan plat kendaraan

Warna pada plat kendaraan sudah diatur oleh Undang-undang

Sedangkan untuk warna TNKB, diatur dalam Perkapolri 5/2012 Pasal 39 ayat 3 sebagai berikut:

a.    dasar hitam, tulisan putih untuk kendaraan bermotor perseorangan dan kendaraan bermotor sewa;
b.    dasar kuning, tulisan hitam untuk kendaraan bermotor umum;
c.    dasar merah, tulisan putih untuk kendaraan bermotor dinas Pemerintah;
d.    dasar putih, tulisan biru untuk kendaraan bermotor Korps Diplomatik negara asing; dan
e.    dasar hijau, tulisan hitam untuk kendaraan bermotor di kawasan perdagangan bebas atau (Free Trade Zone) yang mendapatkan fasilitas pembebasan bea masuk dan berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan, bahwa kendaraan bermotor tidak boleh dioperasionalkan/dimutasikan ke wilayah Indonesia lainnya.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya banyak pilihan untuk Anda

TNKB yang tidak dikeluarkan oleh Korlantas Polri, dinyatakan tidak sah dan tidak berlaku. Jadi pada dasarnya kendaraan bermotor dinas pemerintah dikenali dengan  menggunakan TNKB/plat berwarna merah. Sementara itu TNKB berwarna hitam digunakan untuk mobil pribadi atau mobil sewa.

Jadi jika Anda mengetahui oknum yang mengubah TNKB berwarna merah kendaraan dinasnya menjadi hitam, maka TNKB tersebut bukan TNKB resmi yang dikeluarkan oleh Korlantas Polri. Menurut Pasal 280 UU LLAJ bahwa oknum yang mengendarai mobil yang tidak menggunakan TNKB yang sudah diatur oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia bisa dipidanakan dengan kurungan paling lama 2 bulan atau dengan paling banyak Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Sejak kuliah, Rahmat telah bercita-cita menjadi seorang jurnalis. Sarjana Sastra Indonesia ini mulai menjadi jurnalis sejak 2013 dan terjun di media otomotif setahun kemudian. Rahmat bergabung dengan tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top