Apa Sih, Fungsi Dan Kegunaan Spion Tanduk Pada SUV?

31/12/2018
Pada SUV keluaran lama ada kaca spion pada ujung kap mesin, baik itu sebelah kiri maupun sebelah kanan tergantung dari posisi setir. Sebenarnya apa sih, fungsi dan kegunaan spion tanduk pada SUV?

Mungkin Anda pernah bertanya-tanya bahwa apa sih sebenarnya fungsi dan kegunaan spion tanduk pada SUV? Spion ini begitu menonjol kearah luar dan menghadap kebawah, dan jamak ditemui pada mobil berjenis SUV keluaran tahun lama, lalu sebenarnya apa sih fungsi dan juga kegunaan spion tanduk pada SUV ini? Karena, kerap ditemui pada SUV keluaran lama ada sebuah kaca spion kecil yang berbentuk tanduk diletakkan di ujung kap mesin. Enggak jarang pemilik mobil yang mencopot spion ini karena merusak estetika mobil, padahal spion tanduk ini amat sangat berguna bagi Anda.

>>> Baca juga pengetahuan seputar teknik kendaraan hanya disini: Ini alasan Honda tidak mengganti mesin All New Honda Brio

Tampak Spion tanduk Nissan X-Trail T31 2008

Spion tanduk ini sangat berguna, jangan dicopot ya!

Ternyata jawabannya adalah untuk mengetahui posisi ban depan, karena pada saat parkir, blind spot yang paling besar ada pada ban depan sebelah kiri maupun kanan (tergantung posisi setir dipasang, apakah itu right hand drive, atau left hand drive). Dengan adanya spion tanduk tersebut, ban dapat terhindar dari menginjak batu, atau bahkan masuk ke selokan atau kubangan. Tentu repot, apabila Anda enggak sengaja masuk selokan akibat tidak dapat memprediksi letak ban depan secara presisi. Memang cara ini unik dan oldskool, namun demikian, kami dari Cintamobil.com lebih suka dengan cara seperti ini dibandingkan kamera 360 angle or bird view yang ketika rusak akan mahal sekali dalamn memperbaiki sistemnya.

>>> Ingin membeli mobil bekas? Dapatkan berbagai listing dari Cintamobil.com

Tampilan 360 monitor pada Nissan Terra 2018

SUV canggih macam Nissan Terra 2018 sudah menggantikan keberadaan spion tanduk dengan kamera, sayangnya sistem ini mahal jika ingin dilakukan perbaikan

Kegunaan tambahan spion tanduk ini adalah sebagai patokan Anda melihat posisi paling kiri dari mobil, karena biasanya spion tanduk itu diletakkan pada ujung paling luar mobil, sehingga ketika Anda kebutulan hendak berpapasan digang sempit atau jalan yang ukurannya mini, Anda tidak perlu takut bodi mobil Anda akan menggesek sehingga baret atau bahkan penyok, karena ketika tembok atau benda lain bersentuhan di bodi paling kiri mobil Anda, area pertama yang bergesekan adalah tangkai spion tanduk tersebut.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sin

Arfian Alamsyah

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
2