Apa Saja Yang Perlu Ada di Dalam Kotak P3K?

04/01/2019

Pengemudian
Apa Saja Yang Perlu Ada di Dalam Kotak P3K?
Kotak P3K kerap terabaikan oleh para pengendara mobil. Padahal isi dari kotak P3K sangat penting bila terjadi insiden. Lantas apa saja yang perlu ada di dalam kotak P3K?

Isi kotak P3K pada tiap mobil berbeda-beda. Jumlah barang yang ada pada kotak P3K juga berbeda di tiap mobil. Misalkan pada mobil pabrikan Jepang, menyediakan kotak P3K versi standar yang umumnya bisa ditemukan dengan mudah di pasar. Sedangkan pada mobil-mobil Eropa, first aid kit yang disediakan biasanya lebih lengkap dan semua barang-barang itu disimpan di dalam tas yang mudah dibawa.

>>> Baca juga: Tips Aman Menghindari Kecelakaan Ketika Rem Blong

Ada beberapa barang yang sebaiknya ada di dalam kotak P3K. Seperti alat pelindung seperti sarung tangan, celemek dan masker. Alat-alat tersebut berguna untuk melindungi Anda terhadap paparan dari luka yang akan Anda tangani. Selain itu juga diperlukan alat pembersih seperti alkohol, krim antiseptik atau antibakteri. Tujuannya untuk membersihkan luka agar mengurangi risiko infeksi kedepannya.

Salah satu barang yang wajib ada dalam kotak P3K

Perban menjadi salah satu barang yang wajib ada dalam kotak P3K untuk menghindari luka lebih parah

Barang lainnya yang juga perlu ada ialah kain kasa untuk menjaga agar luka tidak terpapar kotoran dari luar. Perban atau perekat juga perlu ada di dalam kotak P3K untuk menutup luka setelah diberi kain kasa. Obat pereda rasa sakit juga bisa Anda berikan untuk meringankan rasa sakit yang diderita korban secara cepat.

>>> Dapatkan semua tips mengemudi di jalan raya lebih lengkap di sini

Jangan lupakan antibiotik untuk mengantisipasi bila ada penumpang yang demam atau gejala lanjutan akibat luka yang diderita. Gula batu atau permen manis ternyata juga perlu ada di dalam kotak P3K untuk meningkatkan kadar gula daland darah korban agar tubuh korban tidak lemas. Sedangkan untuk mengontrol pertumbuhan bakteri pada luka bisa gunaka iodin yang wajib disediakan di dalam kotak P3K.

Video singkat penjelasan barang-barang apa saja yang perlu ada dalam kotak P3K

Barang kecil yang juga tidak kalah manfaatnya di dalam kotak P3K adalah pinset atau kapas sebagai media pengantar obat cair. Terakhir yang juga berguna adalah buku panduan yang berisi fungsi dan cara penggunaan alat-alat di dalam kotak P3K termasuk cara pemberitan obat dan keterangannya. Pastikan Anda telah membacanya dengan teliti sehingga Anda tidak panik dan bisa membantu dengan baik bila ada kecelakaan.

>>> Tips terlengkap seputar mobil bisa ditemukan di Cintamobil.com

 
back to top