Antisipasi Ban Terkena Ranjau Paku

28/11/2019
Ranjau paku bisa menyebabkan banyak kerugian bagi pengemudi kendaraan bermotor baik rugi waktu, rugi biaya, hingga rugi keselamatan. Lantas bagaimana cara mengantisipasi ban terkena ranjau paku, berikut tips dari pakar keselamatan lalu lintas.

Keselamatan berkendara dipengaruhi banyak faktor seperti kendaraan, pengemudi, lalu lintas, hingga perilaku berkendara pengemudi. Namun ada satu lagi faktor yang punya pengaruh besar terhadap keselamatan, yaitu perilaku orang lain. Seperti kasus ranjau paku yang ditebar di jalanan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab.

Foto paku-paku bertebaran di jalan raya

Ranjau paku, tidakan kejam, kriminal dan tak berprikemanusiaan

Mungkin motif mereka sekadar membuat ban kempes, bukan mencelakakan orang lain. Tapi justru itu yang membuat keselamatan pengendara terancam sebab membuat pengemudi motor terjatuh atau mobil terpelintir dan terguling. Jika sudah demikian, kerugian yang ditanggung pengendara tak sebatas mengganti ban, malah lebih besar lagi hingga kemungkinan korban jiwa.

Dengan potensi dampak yang sangat buruk tersebut, semua pengendara tentu tak ingin mengalami. Lantas bagaimana antisipasi ban terkena ranjau paku?

>>> Tetap Aman di Jalan, 5 Tips Untuk Menghindari Ranjau Paku

Foto ban kempes saat mobil sedang berjalan

Ranjau paku sangat merugikan orang lain

Sebelumnya pernah dibahas cara menghindari ranjau paku di jalanan dan tips berikut merupakan pelengkap Mengutip dari berbagai sumber, ada beberapa langkah antisipasi ban terkena ranjau paku, yaitu sebagai berikut:

  1. Tidak melewati daerah rawan ranjau paku. Daerah rawan ranjau paku umumnya diketahui dari seringnya kasus ban kempes di lokasi yang sama hingga radius tertentu. Jika Anda tahu daerah itu, sebisa mungkin tidak melewatinya agar tidak jadi korban.
  2. Berjalan di lajur tengah atau sebelah kanan lajur sendiri. Yang sering terjadi ranjau paku ditebar menyasar sepeda motor dan lajur yang dipilih adalah lajur kiri yang lebih banyak dilewati pemotor. Anda yang sedang mengemudi usahakan lebih sering berada di lajur tengah atau sebelah kanan lajur sendiri.
  3. Perhatikan rambu-rambu rawan paku. Terkadang di beberapa ruas jalan harus dipasang rambu rawan paku sebagai pengingat kalau daerah tersebut sering banyak paku disebar orang tidak bertanggung jawab.
  4. Hindari objek mencurigakan. Misal Anda melihat warna kelap kelip menyilaukan di jalanan, waspadai karena kemungkinan objek tersebut adalah paku payung. Atau jika melihat logam warna hitam pendek, lurus maupun melengkung bisa jadi itu adalah ranjau paku yang sudah dibikin pekat berkarat. Sebaiknya hindari objek-objek tersebut.
  5. Gunakan Ban Tubeless. Dibanding menggunakan ban biasa yang memakai ban dalam ban tubelles lebih tahan terhadap paku yang menancap. Banyak yang meyakini kalau angin dalam ban tubelles tidak akan serta merta habis saat ada paku yang menancap selama belum dicabut.
  6. Bawa ban cadangan. Untuk mobil piranti yang satu ini hukumnya wajib untuk berjaga jika sewaktu-waktu kempes. Namun tak sekadar membawa, ban cadangan juga harus dalam kondisi prima dan siap pakai.
  7. Laporkan ke pihak berwajib jika benar-benar yakin daerah tersebut banyak paku bertebaran agar ditindaklanjuti. Tujuannya bukan hanya untuk Anda sendiri, tapi juga menyelamatkan pengguna jalan lain.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

Foto jalanan dengan Rambu-rambu rawan ranjau paku

Perhatikan rambu-rambu rawan ranjau paku yang dipasang pihak berwajib

Terakhir jangan lupa untuk berdo'a saat mau berkendara agar senantiasa diberikan keselamatan dari Yang Maha Kuasa, serta patuhi rambu-rambu lalu lintas yang ada.

>>> Kumpulan tips dan trik otomotif terlengkap bisa Anda temukan disini

Fatchur Sag

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
1

berita lain