Anti Nyelonong, Berikut Tips Aman Berkendara di Jalan Menurun

12/07/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
Anti Nyelonong, Berikut Tips Aman Berkendara di Jalan Menurun
Berkendara di jalan menurun tidaklah bisa dibilang mudah, kesalahan sedikit saja bisa membuat mobil meluncur tak terkendali dan berpotensi fatal bagi pengemudi dan penumpang. Bagaimana cara menyiasatinya?

Saat pergi menuju tempat yang ada di dataran tinggi semisal Puncak, atau tempat lainnya, Anda pasti akan menemukan medan tanjakan atau turunan yang bisa dibilang cukup curam.

Selain kondisi kendaraan prima, skill pengemudi juga sangat berpengaruh dalam melewati medan yang cukup berbahaya ini, khususnya berkendara di jalan menurun yang curam. Salah sedikit saja mobil Anda bisa mengalami kecelakaan, atau lebih parah meluncur ke jurang.

>>> Pahami cara menentukan jarak pengereman dengan kecepatan di sini

Tapi tenang, kami punya tips aman berkendara di jalan menurun yang dapat Anda terapkan. Tentu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menekan pedal rem dan tetap tenang, jangan biarkan kepanikan menguasai diri Anda. Namun, bagaimana jika rem sudah mengalami overheat dan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya, atau biasa disebut ngeblong?

Anda dapat menerapkan tips berkendara di jalan menurun berikutnya, yakni engine brake. Namun, penerapan teknik ini berbeda-beda di setiap transmisi mobil, baik itu otomatis ataupun manual, untuk lebih jelasnya simak detailnya di bawah ini.

Transmisi Manual

Transmisi manual Ferrari

Posisi gigi dapat disesuaikan dengan tingkat kemiringan permukaan jalan

Cara mengaplikasikan engine brake saat berkendara di jalan menurun dengan mobil bertransmisi manual tidak terlalu sulit, Anda dapat menggunakan gigi rendah (2-3), dan disesuaikan dengan tingkat kecuramannya.

>>> Sedang cari mobil? Kami punya daftarnya loh

Semisal gigi tiga digunakan untuk medan yang tidak terlalu curam, gigi dua digunakan saat melewati jalanan yang lebih curam, dan membutuhkan engine brake lebih agar mobil tak lepas kendali.

Transmisi Otomatis

Transmisi mobil otomatis konvensional

Untuk pengguna matic konvensional, Anda bisa menggunakan 2 dan L 

Cara mengaplikasikan engine brake dengan mobil bertransmisi otomatis hampir sama seperti manual, Anda hanya perlu memindahkan tuas persneling menuju D2 atau L, kami sarankan untuk langsung ke L agar engine brake bekerja lebih maksimal.

>>> Simak tips mengemudi lainnya di sini

Jika mobil Anda tidak memiliki opsi D2, dan hanya P, R, N, D, L, maka Anda bisa langsung memindahkannya ke L untuk memaksimalkan engine brake saat berkendara di jalan menurun yang sangat curam.

Persneling transmisi CVT

Untuk tansmisi CVT, anda memiliki fitur triptonic yang memungkinkan penggantian gigi secara bertahap

Lalu bagaimana untuk mobil matic yang tidak memiliki pilihan D1, D2, atau D3 seperti mobil-mobil bertransmisi CVT? Biasanya, mobil CVT memiliki mode manual triptonic, di mana Anda bisa menaikkan atau menurunkan posisi gigi sesuai keperluan saat berkendara di jalan menurun.

Berikut tips aman berkendara di jalan menurun, untuk tips & trik lainnya bisa Anda temukan di Cintamobil.com.

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Nyetir dengan Posisi Dompet Ada di Kantong Belakang Celana, Bahaya Buat Tubuh Lho!

08/07/2019

Pengemudian

4 menit

Kebiasaan nyetir sambil duduk dengan posisi dompet ada di kantong belakang celana ternyata jangan dianggap remeh lho. Ada beberapa saraf tubuh yang bisa tertekan dan menimbulkan rasa nyeri di sejumlah bagian tubuh jika hal ini berlangsung lama.

Lihat juga

Silaunya Berbahaya, Bijaklah Menggunakan Lampu Jauh

09/07/2019

Pengemudian

3 menit

Tak seperti low beam yang memberi penerangan dalam jarak dekat, high beam atau yang biasa disebut lampu jauh pada kendaraan bermotor ditujukan melihat objek jarak jauh dengan jelas saat mengemudi di jalan raya dengan sinarnya yang sangat terang, tajam dan menyilaukan. Penggunaan lampu ini tidak boleh sembarangan karena bisa memicu kecelakaan besar yang berakibat fatal.

Lihat juga

Tips Modifikasi City Car Buat Harian yang Murah Tapi Bisa Tampil Kece

08/07/2019

Perawatan dan service

4 menit

Modifikasi city car untuk harian tidak perlu terlalu ribet dan mengeluarkan banyak dana. Cukup lakukan pada tiga bagian berikut ini, maka akan membuat mobil Anda tampil kece di jalan raya.

Lihat juga

Teknik Pengereman Mobil dengan ABS, Injak Penuh!

08/07/2019

Pengemudian

4 menit

Ketika dilakukan pengereman mendadak, sebaiknya Anda sudah mengetahui bagaimana teknik pengereman mobil dengan ABS. Karena sistem ini mampu menjaga roda tidak mengunci dan Anda tetap masih bisa bermanuver menghindari objek di depan.

Lihat juga
 
back to top