​Anda Pakai Ban Mobil Tipe Kering atau Basah

22/05/2017

Pengemudian
Share this post:
​Anda Pakai Ban Mobil Tipe Kering atau Basah
Seperti yang kita ketahui ban langsung mempengaruhi fitur keselamatan maupun kenyamanan setiap mobil. Jadi memilih tipe ban untuk mobil itu sangat penting. Terkini di pasar otomotif Indonesia ada dua jenis ban yaitu ban kering dan basah. Apakah Anda pilih ban jenis kering atau basah?

Ban mobil langsung dipengaruhi oleh kondisi jalan dan cuaca pada dua musim yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, pabrikan ban memproduksi dua jenis ban yaitu ban kering dan ban basah untuk sesuai dengan kondisi  musim hujan dan musim kemarau di Tanah Air.

Mobil sedang berjalan di jalan basah
Ban basah  bisa dipakai baik  pada musim hujan maupun  pada musim  kemarau

1. Apa itu ban kering?

Ban kering atau slick adalah jenis ban yang cocok digunakan di jalan atau lintasan kering yang tidak ada genangan air. Secara fisik ban ini  memiliki sedikit alur (kembang) atau  sama sekali tidak  ada alur. Jika menggunakan jenis ban ini, Anda harus ekstra hati-hati. Karena namanya adalah ban kering jadi jika melintasi genangan air maka akan licin dan bahkan mobil akan terpeleset karena daya cengkram ban  menjadi minim akibat efek aquaplaning. Biasanya ban mobil ini dipakai untuk mobil dengan  kecepatan tinggi atau mobil yang mengikuti ajang kompetisi.

 

>>> Baca juga: Risiko pemakaian pelek dan ban besar

gambar sebuah ban basah dilihat dari depan
Contoh ban basah 

2. Apa itu ban basah?

Ban tipe basah adalah ban yang banyak digunakan di Indonesia. Tipe ban ini berbeda dengan ban tipe kering karena tipe ban ini bisa dipakai baik  pada musim hujan maupun  pada musim  kemarau. Ciri dari ban ini adalah memiliki banyak alur  sehingga mampu melintasi genangan air dengan baik, karena air tidak terjebak di tengah ban.
>>> Untuk membaca tips dan trik mengemudi mobil lainnya, klik sini

 

Jadi jika menentukan untuk memakai tipe ban apa,  Anda harus memperhatikan secara seksama  spesifikasi yang tertera pada ban.

Sekian  informasi tentang dua tipe ban yang kami hendak sampaikan kepada Anda . Semoga Anda selalu  nyaman dan selamat saat  melakukan perjalanan.
>>> Klik sini untuk membaca tulisan lain tentang pengalaman, tips dan trik pemakaian mobil

Share this post:
 
back to top