Anak Terkunci di Dalam Mobil? Ini Cara Memecahkan Kaca Biar Tetap Aman

11/05/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Anak Terkunci di Dalam Mobil? Ini Cara Memecahkan Kaca Biar Tetap Aman
Jika sudah tak ada cara lain yang lebih halus, memecahkan kaca sangat direkomendasikan saat anak terkunci di dalam mobil mengantisipasi terjadinya hal-hal buruk

Bukan satu dua kali kasus kejadian anak terkunci di dalam mobil. Beberapa diantaranya berujung celaka, si anak meninggal dunia karena kehabisan oksigen, menghirup zat berbahaya, hingga kepanasan dan dehidrasi. Entah karena si anak yang terlalu usil atau orang tua yang ceroboh, kejadian seringkali disebabkan orang tua meninggalkan si anak sendirian dengan dalih keluar hanya sebentar.

Jika anak terkunci di dalam mobil?

Kalau kebetulan Anda mengetahui ada anak terkunci di mobil, pertama cari orang tuanya untuk membuka. Cari dengan cepat agar anak tidak kelamaan di dalam mobil. Cek juga seluruh pintu mobil barangkali ada yang bisa dibuka.

Jika tidak, ajak anak berkomunikasi untuk membuka pengunci mobil. Si anak mungkin usil sehingga dia secara tidak sengaja memencet tombol pengunci. Sambil terus ajak anak berkomunikasi, pantau kondisi anak untuk memastikan masih dalam kondisi sehat terkontrol.

Yang terakhir jika kondisi anak terlihat mulai mengkhawatirkan jangan tunggu lama-lama untuk segera memecahkan kaca. Cara ini paling direkomendasikan agar anak bisa terselamatkan.

  1. Pilih kaca yang posisinya paling jauh dengan si anak. Tujuannya agar tidak ada pecahan kaca yang mengenai anak hingga menimbulkan luka.
  2. Gunakan benda keras dengan ujung lancip. Ini akan lebih gampang membuat kaca pecah.
  3. Lakukan dengan ketukan. Usahakan tidak membuat pukulan keras agar tidak mengejutkan anak dan menimbulkan trauma.

>>> Central Lock Macet? Berikut Perkiraan Biaya Servisnya

Foto seorang warga terpaksa memecahkan kaca karena ada anak terkunci di dalam mobil

Jangan ragu untuk memecahkan kaca mobil untuk menyelamatkan si anak

Menghindari bahaya anak terkunci di mobil

Yang terbaik dan seharusnya dilakukan orang tua adalah tidak meninggalkan anak sendirian di dalam mobil. Seperti disebut di depan, anak cenderung agresif dan usil memencet berbagai tombol dalam mobil, termasuk pengunci pintu.

Kalau alasannya hanya sebentar, buka kaca sedikit untuk memberi sirkulasi udara dalam kabin. Lalu cabut kunci dan kunci pintu dari luar. Hal ini penting mengantisipasi anak pintu terkunci dari dalam bisa dibuka dari luar.

Foto menunjukkan anak bermain di dalam mobl

Jangan tinggalkan anak sendirian di dalam mobil

>>> Tips dan trik menarik lainnya seputar mobil ada disini

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

Penyebab dan Cara Membuka Mobil yang Terkunci Otomatis

17/03/2020

Perawatan dan service

4 menit

Tak menutup kemungkinan Anda bisa terkunci di dalam atau di luar mobil. Jika itu terjadi, ini cara membuka mobil yang terkunci otomatis dari Cintamobil.com.

Lihat juga

Kunci Pintu Mobil saat Isi Bensin Biar Kejadian Seperti Honda CR-V Tak Terulang

04/05/2020

Pengemudian

3 menit

Kejadian tak mengenakan baru saja menimpa pengendara Honda CR-V. Saat sedang lengah, ada seorang yang mengambil tas ketika mobil sedang mengisi bensin. C

Lihat juga

[Infografik] Evolusi Kunci Mobil dari Masa ke Masa

15/02/2020

Pasar mobil

2 menit

Kunci mobil memiliki sejarah yang beriringan dengan mobil itu sendiri. Dan evolusi kunci mobil terus berkembang hingga akhirnya tak lagi membutuhkan kunci.

Lihat juga
 
back to top