Pasang Aksesoris Toyota Yaris, Bikin Mobil Tampil Beda

17/08/2021

Pengemudian

5 menit

Menambahkan aksesoris Toyota Yaris sah-sah saja dilakukan. Apalagi jika Anda menganggap penampilan Toyota Yaris masih terlalu biasa. Berikut aksesoris yang bisa Anda lakukan pada mobil Anda.

Sejak kemunculannya di Indonesia pada tahun 2006, Hatchback 5-seater, Toyota Yaris menjadi mobil yang dibuat untuk generasi muda, khususnya bagi mahasiswa dan fresh graduate. Awal mulanya, Toyota Yaris hadir untuk menggantikan Toyota Starlet sekaligus melawan Honda Jazz dalam segmen mobil kompak.

Toyota Yaris lawas atau yang lebih dikenal Yaris Bakpao dilengkapi dengan mesin yang sama dengan Toyota Vios dengan mesin yang keras kepala dan ekonomis. Perjalanan Yaris Bakpao berhenti di tahun 2013 yang digantikan oleh Toyota Yaris generasi kedua atau lebih dikenal sebagai Toyota Yaris Lele. New Toyota Yaris mengalami beberapa kali facelift hingga sekarang hadir dalam delapan tipe bertransmisi 1.500 cc dengan harga mulai Rp 248.300.000.  

Toyota Yaris Bakpao

Toyota Yaris "Bakpao" julukan untuk generasi pertama

Sejak dilakukan facelift, New Toyota Yaris hadir dengan desain eksterior yang lebih modern dan sporty yang dapat dilihat dari bagian gril, headlamp, hingga LED DRL. Toyota Yaris hadir dengan tujuh warna pilihan yang bisa disesuaikan dengan selera Anda. Namun, berbicara tentang selera tentu saja tak sedikit orang melakukan modifikasi pada mobilnya. Menambahkan aksesoris Toyota Yaris sah-sah saja dilakukan. Apalagi jika Anda menganggap penampilan Toyota Yaris masih terlalu biasa.

Tak sulit untuk menambahkan aksesoris Yaris bakpao atau Yaris lele Anda. Apalagi aksesoris Toyota Yaris mudah didapatkan dengan harga yang relatif terjangkau. Berikut ini beberapa rekomendasi aksesoris Yaris yang bisa Anda pasang biar mobil lebih keren.

1. Outer Handle Cover

handle pintu yaris

Lindungi handle pintu luar dengan cover

Salah satu aksesoris mobil Yaris adalah outer handle cover. Aksesoris ini dipasang pada bagian handle pintu bagian luar. Fungsinya untuk melindungi bagian handle pintu luar yang sering lecet terkena kuku saat membuka pintu mobil. Tersedia warna hitam, carbon look, dan chrome dengan harga mulai Rp 150 ribuan.

>>> Warna Mobil Yaris yang Memikat Laki-laki dan Perempuan

2. Cover Dashboard

Aksesoris selanjutnya yang bisa Anda miliki adalah cover dashboard untuk mobil Yaris Anda. Selain untuk pemanis, cover dashboard berfungsi untuk melindungi dashboard dari terpaan sinar matahari. Biasanya cover dashboard terbuat dari karet, bulu rasfur, bahan PVC, atau karet dengan pilihan warna polos atau aksen garis.  Aksesoris ini dijual mulai dari Rp 60 ribu.

3. Talang Air

talang air

Talang air yang punya banyak fungsi

Talang air mobil atau door visor bukan hanya mempercantik tampilan mobil Yaris Anda saja. Talang air yang diletakkan di bagian atas kaca jendela berfungsi melindungi penumpang dan pengemudi mobil dari air hujan. Ada beberapa fungsi lainnya pada talang air mobil, seperti meredam suara dari luar, meminimalisir embun, dan melindungi komponen di dalam mobil seperti tombol elektrik yang menempel pada panel.

Aksesoris ini bisa Anda temukan untuk Yaris bakpao atau Yaris lele dengan harga mulai Rp 15 ribu untuk talang air spion dan mulai Rp 80 ribu untuk talang air di atas kaca jendela.

4. Cover Foglamp Yaris

Aksesoris Toyota Yaris selanjutnya adalah cover foglamp. Fungsinya adalah menjaga foglamp lebih awet. Anda bisa membelinya di marketplace yang dijual sepasang dengan harga mulai Rp 125 ribu. Pilih foglamp cover disesuaikan dengan tahun mobil Anda.

5. Sarung Jok

Sarung jok

Ilustrasi aksesoris cover jok

Cover jok dan setir rasa-rasanya menjadi aksesoris tambahan yang wajib Anda miliki untuk memberikan kesan yang berbeda pada interior. Tak hanya itu, cover setir akan berguna jika Anda memiliki masalah pada tangan yang sering keringat sehingga mengurangi slip saat mengemudi. Cover jok dan setir memberi kenyamanan saat Anda mengemudi jarak jauh. Harga cover jok dijual berbeda tergantung dari bahan pelapis jok yang digunakan, mulai dari Rp 400 ribuan.

>>> Ingin Membeli Mobil Bekas Toyota Yaris E 2013? Cek Dulu Beberapa Hal Ini

6. Karpet Lantai

Aksesoris selanjutnya yang wajib ada adalah karpet lantai agar kabin mobil selalu bersih. Karpet lantai mobil Yaris banyak bahannya, tetapi sebaiknya Anda membeli karpet ebrbahan karet atau plastic agar lebih mudah dibersihkan. Harga karpet lantai mobil dijual beragam mulai dari Rp 160 ribuan hingga jutaan tergantung bahannya.

7. Steering Wheel Audio Control Volume

Steering Wheel Audio Control Volume

Steering Wheel Audio Control Volume untuk aksesoris Toyota Yaris

Aksesoris Toyota Yaris satu ini merupakan aksesoris yang dipasang di setir mobil untuk mengontrol audio. Aksesoris ini memudahkan Anda mengatur audio yang terhubung dengan head unit sehingga Anda bisa lebih fokus mengemudi tanpa membahayakan keselamatan. Untuk membeli steering wheel audio control Anda perlu preorder dengan harga sekitar Rp 6 jutaan.

8. Stabiliser Strut bar Rear Lower

Strut bar atau front bar memiliki banyak fungsi untuk mobil Anda. Mulai dari meredam body roll hingga 40%, meningkatkan handling dan stabilitas mobil, meredam chassis flex & noise, meningkatkan performa pengereman, hingga meningkatkan keselamatan dan kenyamanan. Aksesoris Toyota Yaris satu ini dijual dengan harga sejutaan dengan merek Ultra Racing.

Tips Memilih Aksesoris Toyota Yaris

membeli aksesoris Toyota Yaris

Pasang aksesoris sesuai kebutuhan

Jika Anda berencana untuk memasang aksesoris, ada baiknya jangan langsung tergesa-gesa. Pasalnya memasang aksesoris berkaitan dengan listrik dan keamanan. Nah, berikut ini tips memilih aksesoris mobil:

  • Pastikan Anda memiliki aksesoris sesuai dengan kebutuhan. Hindari memasang aksesoris yang membuat penampilan mobil menjadi tidak proporsional yang tak enak dilihat.
  • Aksesoris bukanlah komponen vital pada mobil Anda. Jadi, jangan memaksakan hingga mengganggu finansial Anda. Beli aksesoris berdasarkan prioritas.
  • Perhatikan spesifikasi mobil sebelum memasang aksesoris. Hal ini bertujuan agar aksesoris yang sudah dibeli bisa dipasang. Jika tidak melihat spesifikasi, bisa jadi produk aftermarket berbeda dengan dudukan dan konektornya.
  • Pastikan juga aksesoris yang dipasang tidak mengganggu operasional kendaraan sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Misalnya memasang kaca film yang terlalu gelap. Hindari memasang aksesoris yang mengganggu kelistrikan untuk mencegah korsleting listrik.
  • Jika ingin memasang aksesoris, Anda bisa memasangnya di bengkel terpercaya. Teknisi yang andal akan mampu memasang aksesoris untuk mencegah masalah.

Nah, itu dia aksesoris Toyota Yaris yang bisa Anda pasang untuk memberikan penampilan yang berbeda pada eksterior atau interior mobil Anda. Aksesoris apa yang menjadi favorit Anda?

>>> Baca artikel tips & trik seputar otomotif lainnya hanya di Cintamobil.com

Pertanyaan Sering Diajukan

Berapa harga aksesoris mobil Yaris?
Harga aksesoris mobil Yaris berbeda-beda tergantung dari fungsinya.
Apakah aksesoris mobil bisa dipasang sendiri?
Bisa saja, tergantung dari aksesoris yang akan dipasang
Di manakah tempat membeli aksesoris mobil Toyota Yaris?
Anda bisa membeli aksesoris interior mobil Avanza di showroom resmi Toyota atau di marketplace terpercaya.
Lulus dari jurusan jurnalistik, wanita kelahiran Tangerang ini mengawali kariernya sebagai content writer tujuh tahun lalu. Memiliki hobi nonton dan berselancar di media sosial, saat ini aktif sebagai penulis lepas di Cintamobil.com.
 
back to top