Agar Si Kecil Tidak Rewel Saat Road Trip di Jalan Tol

20/01/2020

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Agar Si Kecil Tidak Rewel Saat Road Trip di Jalan Tol
Jangan biarkan buah hati Anda rewel saat road trip di jalan tol karena ada yang dirasa kurang nyaman. Lakukan hal-hal ringan berikut agar mereka tenang!

Paling menyenangkan jika road trip atau perjalanan darat ditemani keluarga, istri dan anak-anak tercinta, termasuk yang masih kecil. Hanya saja, berkendara dalam jangka waktu lama seperti di jalan tol yang panjang terkadang menimbulkan ketidaknyamanan atau stres, terutama untuk si kecil yang keinginannya kadang susah dibendung. Bisa saja karena mereka lapar, haus, mau buang air, atau mengantuk.

Cara yang dibagikan Jasa Marga lewat akun Instagram @official.jasamarga berikut membantu agar si kecil tidak rewel saat road trip di jalan tol.

1. Bawa cemilan atau makanan kesukaan

Foto anak makan di mobil

Siapkan makanan dan minuman secukupnya dalam mobil

Dengan membawa cemilan, terutama makanan kesukaan membuat anak lebih tenang. Saat mereka lapar mereka bisa langsung mengambilnya untuk dimakan tanpa menunggu Anda berhenti di rest area. Cara pertama ini berlaku juga untuk perjalanan panjang lewat jalur non tol. Jangan lupa, sediakan juga minuman agar anak tidak rewel karena kehausan, terbaik adalah air mineral.

2. Bawa mainan favorit

Ini salah satu yang cukup ampuh menenangkan anak dimana pun mereka tengah berada, termasuk saat di perjalanan. Dengan tersedia mainan favorit anak-anak terfokus pada mainannya dan tidak begitu menggubris perjalanan panjang di jalan tol yang melelahkan.

>>> Cintamobil TV: Menjajal Fitur Wuling Almaz, SUV Keluarga Terbaik Wuling

3. Sesuaikan jadwal dengan rutinitas anak

Foto anak sedang memilih mainan di gadget mobil

Bikin nyaman anak dengan mainan kesukaan

Orang tua pasti tahu kebiasaan anak pada waktu-waktu tertentu, dan juga tahu apa yang diinginkan melihat dari gerak gerik dan gelagat si anak. Misal, untuk jam-jam siang tengah hari anak butuh tidur. Atau jika anak memperlihatkan gerak-gerik tertentu bisa jadi mereka kepingin buang air. Segera cari rest area terdekat untuk memenuhi hajat mereka.

4. Siapkan kebutuhan pakaian dan alas tidur

Baik baju yang akan dipakai maupun baju pengganti harus dipersiapkan. Bawa pakaian sesuai yang dibutuhkan meliputi pakaian saat dingin alias jaket, pakaian dalam, hingga pakaian luar. Siapkan juga alas tidur si anak, termasuk juga bantal dan selimut.

Setelah semuanya siap, jangan lupa tetap jaga dan awasi anak secara maksimal. Jangan sampai terlena sehingga tidak menyadari anak menelan mainan atau menarik handel pintu saat mobil tengah melaju kencang. Akan lebih aman jika mobil dilengkapi fitur Child Door Lock, aktifkan fitur tersebut agar pintu tak bisa dari dalam.

>>> Jangan Dipangku, Ini Posisi Duduk Anak di Mobil Sesuai Usianya

Gambar grafis Tips agar anak tenang di mobil

Jasa Marga berbagi tips nyaman untuk anak-anak di mobil

>>> Artikel tips & trik menarik lainnya di Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

Berita lain

[INFOGRAFIK] Selain Kia Seltos, 10 Nama Mobil Ini Terinspirasi dari Mitologi

20/01/2020

Pasar mobil

2 menit

Selain Kia Seltos, ternyata ada banyak pabrikan lainnya yang memperkenalkan nama Dewa maupun makhluk dalam mtologi Yunani dan Romawi sebagai nama modelnya.

Lihat juga

Tak Mau Bayar Mahal Tiket Pesawat, Jalan Tol Jadi Primadona

14/01/2020

Pasar mobil

3 menit

Mahalnya tiket pesawat berdampak pada pengalihan sarana transportasi. Jalan tol pun jadi primadona baru para pelancong dan pemudik di Jawa melalui jalur darat.

Lihat juga

Begini Cara Aman Berhenti di Bahu Jalan Tol

14/01/2020

Pengemudian

5 menit

Ketika kendaraan Anda sedang mengalami masalah, maka sebaiknya perhatikan beberapa hal agar aman berhenti di bahu jalan tol. Ini demi menghindari risiko buruk kendaraan Anda ditabrak dari belakang oleh kendaraan lain yang tengah melaju kencang.

Lihat juga

Ini Akibatnya Jika Oli Mesin Kering

20/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Kalau tidak pernah diperhatikan, oli mesin kering bisa saja terjadi. Jika sudah seperti ini, maka akan berdampak sangat buruk buat komponen-komponen di mesin.

Lihat juga

Kenali Penyebab Oli Mesin Rembes dan Cara Mengatasinya

19/01/2020

Perawatan dan service

5 menit

Mungkin Anda pernah menjumpai oli mesin rembes pada bagian tertentu. Selain mengganggu kebersihan ruang mesin, kondisi ini pun pertanda ada kerusakan pada mesin mobil tersebut.

Lihat juga