Agar Cepat Lancar, Ini Tips Anti Grogi Saat Belajar Mobil Manual

28/12/2019

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Agar Cepat Lancar, Ini Tips Anti Grogi Saat Belajar Mobil Manual
Dibandingkan mobil transmisi otomatis, belajar mobil manual lebih menyulitkan. Dengan tambahan satu pedal yang harus dimainkan, tak jarang banyak orang gugup dan susah mengemudikan mobil manual dengan lancar.

Berbeda dari mobil bertransmisi otomatis yang hanya bermain dengan pedal gas dan rem, mobil manual memiliki satu pedal tambahan, yakni pedal kopling. Adapun fungsi pedal kopling adalah untuk merubah gaya tekanan dari kaki pengemudi dan diteruskan ke dalam sistem kopling yang menghubungkan dan memutuskan putaran dari mesin ke transmisi.

>>> Ingin kopling selalu awet, hindari hal-hal berikut ini

Karena berfungsi sebagai penghubung antara mesin dengan transmisi, maka saat belajar mobil manual maka Anda harus bisa mengoperasikan kopling dengan baik karena harus digunakan saat ingin memindahkan gigi. Jika Anda sudah terbiasa dengan transmisi otomatis yang tak perlu repot-repot menekan pedal kopling, pasti proses belajar mobil manual bisa membuat Anda grogi dan tidak tenang saat belajar.

Anda tentu membutuhkan suasana yang rileks saat belajar agar bisa lebih cepat lancarnya, ada beberapa hal dapat memberi rasa santai saat belajar mobil manual. Uraian lengkapnya bisa Anda lihat di bawah ini.

Atur posisi tempat duduk

Kursi pengemudi elektrik sedang diatur

Aturlah jok untuk mendapat posisi mengemudi yang ideal

Mengatur posisi kursi atau jok merupakan hal penting saat berkendara. Pertama-tama, atur ketinggian jok sehingga visibilitas Anda cukup luas. Sesuaikan ketinggian jok dengan kebutuhan Anda agar pandangan tidak terhalang dashboard.

Kemudian, sesuaikan jarak jok dengan pedal gas, rem, dan kopling. Jangan biarkan posisi jok terlalu jauh sehingga Anda kesulitan saat ingin menginjak pedal tersebut. Aturlah jarak tempat duduk sesuai dengan kebutuhan agar dapat berkendara secara optimal.

Selanjutnya, perhatikan sandaran jok Anda, apa sudah pas atau belum posisinya. Terlihat sepele memang, namun cukup berpengaruh saat mobil berakselerasi. Posisi duduk yang tepat akan membuat Anda nyaman, dan akan mengurangi kepanikan saat belajar mobil manual.

Pahami Layout Mobil

Layout pedal mobil manual

Anda menempatkan kaki kiri di kopling, dan kanan mengatur gas dan rem

Setelah itu, Anda juga harus memahami layout mobil. Bagaimana peletakan tuas, pedal, atau tombol di kabin wajib diketahui pengendara agar tidak salah saat menggunakannya. Untuk bagian pedal bagian bawah, pedal gas terletak di paling kanan, di tengah rem, dan paling kiri adalah kopling.

Jika Anda menggunakan mobil di Indonesia yang pengemudi berada di sebelah kanan, tuas transmisi dan rem tangan (rem parkir) ada di sebelah kiri Anda. Tuas transmisi berguna saat melakukan perpindahan gigi baik menaikkan atau menurunkan, sedangkan rem tangan digunakan untuk menahan posisi mobil saat berhenti atau parkir.

Mulai Jalan Secara Perlahan

Setelah mengatur tempat duduk dan memahami layout mobil, sekarang saatnya Anda coba menjalankan mobil. Pertama-tama, injak kopling lalu masukan gigi satu. Setelah itu, turunkan rem tangan dan lepas kopling perlahan bersamaan dengan injakan pedal gas. Hal ini berbeda dari mobil otomatis, di mana Anda hanya perlu menurunkan rem tangan langsung injak gas perlahan.

>>> Temukan mobil pilihan terbaik kami di sini

Jika belum terbiasa, Anda pasti sedikit gugup. Apalagi saat mobil mendadak mati karena kesalahan dalam pengoperasian kopling, untuk mengakalinya Anda bisa menghadirkan suasana santai dengan menyetel musik favorit di mobil atau lakukan hal lain yang menghilangkan rasa panik. Namun, usahakan tidak mengganggu fokus saat belajar.

Belajar dengan ahlinya

Belajar dari instruktur mengemudi profesional bisa jadi solusi paling tepat agar tidak grogi saat belajar mobil manual, karena mereka sudah sangat paham bagaimana menangani pengemudi pemula yang cenderung takut dan ragu-ragu.

>>> Tips berkendara lainnya bisa Anda lihat di sini

Oleh karena itu, kami sarankan Anda untuk belajar dengan mengikuti kursus menyetir mobil. Selain instruktur profesional, mobil yang digunakan juga sudah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga aman digunakan belajar.

Banyak berlatih

Ilustrasi mengendarai mobil

Agar semakin lancar, Anda harus sering mengendarai mobil

Jika sudah mulai lancar, Anda hanya perlu membiasakan diri dengan melakukan banyak latihan. Anda dapat melakukannya sendiri dengan mengendarai mobil di tempat sepi dan luas, semisal lapangan, parkiran, atau tempat lainya. Namun jika masih membutuhkan bantuan, coba ajak teman atau saudara akrab yang sudah mahir dalam mengemudi, jadi dapat menolong Anda saat kesulitan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda bisa lebih santai dan tidak grogi saat belajar mengemudi khususnya mobil manual. Jangan lupa, berlatih di tempat yang sepi agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain. Untuk tips & trik lainnya, bisa Anda lihat pada link di bawah ini.

>>> Tips & trik Cintamobil.com

Share this post:
Bergabung di Cintamobil sejak 2019, Derry adalah seorang penyuka kecepatan tulen. Pengalaman di salah satu situs motorsport global membuatnya khatam soal dunia balap. Masih mengejar gelar Sarjana, Derry juga sering memacu adernalin dengan go-kart.

Berita lain

Pengguna Mobil Manual, Jangan Lakukan Ini Kalau Tak Mau Kopling Mobil Cepat Rusak

30/11/2019

Pengemudian

5 menit

Sejumlah kebiasaan buruk pengemudi mobil manual ternyata menjadi pemicu kopling mobil cepat rusak. Nah mulai sekarang perhatikan cara memperlakukan kopling mobil manual ya...

Lihat juga

Kenali Gejala Rusak Transmisi Manual Pada Mobil Anda

25/09/2019

Perawatan dan service

4 menit

Mobil memiliki transmisi dua jenis yakni manual dan otomatis. Fungsinya sendiri adalah sebagai penghubung tenaga mesin ke roda agar mobil dapat bergerak maju ataupun mundur. Disamping kelebihan dan kekurangannya masing-masing, setiap transmisi bisa alami kerusakan. Agar Anda sadar berikut gejala rusak transmisi manual pada mobil.

Lihat juga

Kebiasaan Buruk Pengemudi Mobil Manual yang Bisa Merusak Gearbox

21/09/2019

Pengemudian

5 menit

Beberapa kebiasaan buruk pengemudi mobil manual ini akan membuat sistem transmisi bisa lebih cepat rusak. Bahkan sejumlah tindakan hanya akan membuat kaki Anda cepat pegal dan bahan bakar mobil juga lebih boros.

Lihat juga

Pilihan Transmisi Saat Belajar Mobil, Matic Atau Manual?

10/05/2019

Pengemudian

Saat ini penggunaan mobil transmisi otomatis di perkotaan mulai marak. Namun, bagaimana untuk yang baru memulai belajar, mana pilihan transmisi saat belajar mobil yang lebih ideal?

Lihat juga

Penjualan Sigra Manual Lebih Laris dari Matik, Apa Sebabnya?

18/09/2019

Mobil baru

3 menit

Transmisi manual atau matic, sebenarnya memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Pilihannya tergantung pada kenyamanan serta kebutuhan.

Lihat juga