Ada Orang Mau Menumpang di Tengah Jalan, Berhenti atau Tetap Jalan?

09/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Ada Orang Mau Menumpang di Tengah Jalan, Berhenti atau Tetap Jalan?
Mungkin tak pernah terlintas di benak Anda bakal ada orang menyetop mobil Anda dengan tujuan mau menumpang. Anda bahkan bimbang mau ambil keputusan, berhenti memberi tumpangan atau tetap jalan tanpa belas kasihan. Bagaimana seharusnya jika ada orang mau menumpang di tengah jalan, simak tips berikut!

Tidak ada yang memungkiri kalau menolong sesama adalah kewajiban. Di sisi yang lain wajib pula bagi kita menjaga keselamatan diri sendiri dan orang lain dalam segala hal. Begitu pula saat mengemudi, wajib bagi kita memprioritaskan keselamatan diri sendiri dan juga orang lain. Lalu bagaimana jika tiba-tiba ada orang tak dikenal menghentikan mobil dengan minta tumpangan. Anda berhenti atau tetap jalan?

Foto dua orang traveller menunggu tumpangan

Anda tidak pernah tahu ada motif apa orang menghentikan mobil minta tumpangan

Dalam situasi ini yang terjadi sering dilematis. Satu sisi ada kewajiban berhati-hati dengan orang tak dikenal yang mau menumpang di tengah jalan. Di sisi yang lain Anda tidak tega melihatnya. Bayangkan jika dia benar-benar membutuhkan bantuan lalu tak ada orang yang mau membantu sama sekali, kasihan sekali kan? Apapun keputusan Anda untuk berhenti atau tetap jalan, itu terserah Anda. Yang pasti perlu digaris bawahi, Anda juga harus berhati-hati dan tidak boleh sembarangan untuk memberikan tumpangan kepada orang asing yang mau menumpang di tengah jalan tersebut.

1. Jangan langsung beri tumpangan jika Anda takut

Hal utama yang bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan ketika Anda merasa takut untuk memberi tumpangan saat ada yang mau menumpang di tengah jalan adalah jangan langsung memberi tumpangan. Hal ini bukan tanpa sebab karena banyaknya kasus kriminalitas yang memanfaatkan cara ini. Sebelum memutuskan, Anda bisa menanyakan terlebih dahulu beberapa hal penting seperti kemanakah tujuan mereka pergi, identitas mereka dan hal penting lainnya yang bisa memperkuat apakah mereka menunjukkan gelagat baik atau tidak, mencurigakan atau tidak.

>>> Penelitian AAA: Jangan Terlalu Bergantung Pada Teknologi Keselamatan Mobil

2. Tanyakan arah tujuan mereka

Hal penting lain yang bisa Anda jadikan pertimbangan, Anda bisa menanyakan kemanakah tujuan dia akan pergi? Jika ternyata tujuan mereka searah dengan mobil Anda maka Anda bisa memberikan tumpangan kepada mereka. Tetapi jika tidak, maka Anda bisa menolaknya dengan baik-baik. Hal ini dikarenakan apabila Anda menerima tumpangan dari orang asing yang tidak searah maka akan mengganggu tujuan utama Anda hendak pergi.

Foto orang minta tumpangan mobil

Tanyakan asal dan tujuan mereka yang sebenarnya agar tak merepotkan di perjalanan

3. Antarkan mereka ke pemberhentian bus atau kendaraan umum

Sebaiknya Anda bisa mengantarkan orang tersebut ke pusat pemberhentian bus atau kendaraan umum lainnya yang bisa mengantarkan mereka untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Jika mereka meminta Anda untuk mengantarkan mereka ke tujuan akhir, ada baiknya Anda menolak permintaan tersebut. Karena seorang penumpang yang baik tentu tidak akan meminta permintaan yang berlebihan.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

4. Selalu siapkan emergency number

Keberadaan emergency number ternyata cukup penting untuk membantu berbagai permasalahan Anda. Termasuk ketika Anda memberikan tumpangan kepada orang yang salah maka Anda bisa langsung menghubungi nomor darurat tersebut.

Karena kita memang tidak pernah tau apa yang akan terjadi di tengah jalan saat melakukan perjalanan menggunakan mobil. Oleh karena itu, prinsip selalu waspada dan berhati-hati harus diterapkan dan dinomor satukan. Intinya, jika ada orang mau menumpang di tengah jalan dan Anda takut sesuatu yang buruk terjadi pada Anda maka sebaiknya Anda tetap melaju dan tolak dengan baik-baik.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Foto bocah-bocah menumpang truk tangki bahan bakar

Penumpang gelap tidak pernah menghiraukan faktor keselamatan

>>> Ikuti terus informasi menarik seputar otomotif hanya di situs Cintamobil.com

Share this post:
Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top