Ada 4 Kondisi Optimalkan Fungsi Fitur Kamera 360 Pada Mobil

21/03/2019

Pengemudian
Share this post:
Ada 4 Kondisi Optimalkan Fungsi Fitur Kamera 360 Pada Mobil
Fitur kamera 360 saat ini sudah mulai banyak digunakan pabrikan mobil sebagai fitur keselamatan. Bahkan fitur ini juga sudah bisa didapatkan pada produk aksesori atau after market untuk dipasang pada mobil Anda. Namun tahukah Anda apa saja fungsi fitur kamera 360 pada mobil?

Ada banyak fitur keselamatan canggih yang saat ini diaplikasikan oleh pabrikan sebagai nilai jual kepada konsumen. Salah satu fitur keselamatan yang sedang tren ini mulai banyak disematkan pada mobil-mobil baru seperti Wuling Almaz dan Nissan Serena 2019 yang dijual di Indonesia. Namun tidak hanya untuk parkir, fungsi fitur kamera 360 bisa juga digunakan pada banyak kondisi.

1. Kondisi Jalan Sempit

Saat melewati jalan sempit, fitur kamera 360 bisa dioptimalkan

Aktifkan fitur kamera 360 ketika dalam perjalanan menemui jalan sempit

Lebar jalan di Indonesia sangat beragam. Bila Anda melalui jalan raya atau jalan tol mungkin masih mempunyai ruang yang luas. Tetapi bila Anda melalui jalan di pelosok daerah maka kondisi jalan sempit akan cukup sering ditemui. Dengan lebar jalan yang hanya cukup untuk 1 mobil saja bisa Anda temui kondisi tersebut. Ketika menemukan kondisi ini maka fungsi fitur kamera 360 akan bisa dioptimalkan. Fitur tersebut mencegah mobil untuk jatuh atau menyenggol batas jalan di kanan dan kiri. Tentunya ketika melintasi kondisi jalan sempit harus pelan dan berhati-hati.

>>> Baca juga: Cara Mengendarai Mobil dengan Gigi Mundur: Metode Garis Lurus

2. Kondisi Parkir

Saat parkir di area sempit Anda bisa optimalkan fitur kamera 360

Fitur kamera 360 bisa Anda optimalkan saat parkir

Kondisi ini menjadi hal yang pasti direkomendasikan pada fungsi fitur kamera 360. Lahan parkir yang terbatas maka Anda bisa mengoptimalkan fitur kamera 360 untuk melihat kondisi sekitar atau blind spot. Tentunya Anda tidak ingin bermasalah dengan pemilik mobil lain karena menyenggol mobilnya dan membuat eksteriornya baret atau penyok.

>>> Adakah di Mobil Anda? 5 Fitur Keselamatan Yang Harus Dimiliki Setiap Mobil

3. Kondisi Objek Mendekat

Ketika ada objek mendekat fitur kamera 360 juga bisa dimanfaatkan

Objek mendekat terkadang tidak terdeteksi dan hal ini bisa diatasi melalui fitur kamera 360

Saat sedang mengemudi terkadang pengemudi tidak sadar ada obyek yang mendekat. Disinilah fungsi fitur kamera 360 bisa Anda optimalkan. Umumnya ada tombol fitur kamera 360 untuk mengaktifkannya meski mobil dalam kondisi berjalan. Meskipun spion kanan dan kiri juga wajib diperhatikan khawatir ada kendaraan lain yang kencang dari belakang dan tidak terdeteksi oleh fitur kamera 360.

>>> Tips pengemudian terbaru dan terlengkap bisa Anda dapatkan di sini

4. Bermanuver

Momen manuver menyusul mobil lain juga bisa optimalkan fitur kamera 360

Fitur kamera 360 juga bisa lebih dioptimalkan ketika Anda ingin bermanuver menyusul kendaraan di depan

Kondisi bermanuver atau mendahului mobil lain menjadi momen vital. Terlebih bila hanya 2 lajur dua arah, maka fungsi fitur kamera 360 ini sangat bisa dioptimalkan. Anda sebagai pengemudi bisa mengetahui jarak dengan mobil yang ingin disusul dan jarak dengan pembatas jalan di bagian kanan. Tentunya sebelum melakukan manuver ini harus melihat spion kanan dan kiri untuk memastikan tidak ada kendaraan kencang yang juga ingin bermanuver. Jadi, cukup banyak kondisi yang bisa mengoptimalkan fitur kamera 360 pada mobil. Terlebih bila dimensi mobil Anda lebar seperti Nissan Serena sehingga akan berguna fitur ini. Selamat mencoba!

Share this post:
 
back to top