8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengemudi Mobil Muatan Penuh

25/03/2021

Pengemudian

5 menit

Share this post:
8 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mengemudi Mobil Muatan Penuh
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat terpaksa mengemudi dengan kondisi mobil muatan penuh. Sebab dalam kondisi muatan penuh dengan penumpang dan barang bawaan, karakter kendaraan jadi sedikit berbeda.

Mengemudi dalam kondisi mobil muatan penuh memang tidak dianjurkan sebab ada beberapa potensi bahaya yang dapat ditimbulkan. Namun pada kondisi tertentu, bisa saja keadaan memaksa mobil Anda diisi muatan full mengingat tidak ada lagi kendaraan lain yang bisa berbagi.

Sebenarnya mobil muatan penuh memang tidak melanggar peraturan jalan raya, selama tak melebihi batas yang dianjurkan serta tak berpotensi merugikan pengguna jalan lain. Tapi dalam keadaan muatan maksimal, maka pengemudi harus memperhatikan beberapa hal supaya berkendara tetap aman dan nyaman.

Berikut ini tips dari laman Toyota Indonesia ketika Anda terpaksa harus mengemudi dalam kondisi mobil muatan penuh.

>>> Dump Truck di Jabodetabek Paling Banyak Melanggar Aturan Truk ODOL

1. Jaga Kecepatan

Bagasi Mobil Penuh

Bagasi yang terlalu penuh juga menambah beban kendaraan

Jika terpaksa membawa penumpang dan barang bawaan yang cukup banyak, maka sebaiknya jaga kecepatan kendaraan agar tidak terlalu kencang. Dengan begini, mobil tidak mudah limbung.

2. Jangan Lakukan Manuver Agresif

Pada kondisi mobil yang bermuatan penuh, sebaiknya hindari manuver agresif yang bisa mengakibatkan kestabilan mobil berkurang. Baik itu saat berbelok, maupun ketika hendak mendahului kendaraan lain.

3. Jangan Memaksa Nyalip Mobil Lain

Masih berkaitan dengan manuver agresif, apabila Anda hendak mendahului kendaraan lain di depan yang melaju lebih pelan, maka sebaiknya perhitungkan dengan matang. Pastikan kondisi jalan benar-benar kosong untuk memungkinkan Anda menyalip. Hindari mendahului di jalan menanjak, karena ada kemungkinan mobil Anda akan lambat menyalip kendaraan itu.

4. Pastikan Bahan Bakar Full Tank

Mengemudi di pegunungan

Perhatikan saat menghadapi jalan menanjak atau menurun

>>> Tips Mengatur Barang Bawaan di Bagasi Mobil

Ketika mobil dalam kondisi muatan penuh, tentunya mesin butuh tenaga lebih untuk berakselerasi. Kondisi ini yang membuat bahan baakr jadi lebih cepat habis. Karena itulah sebaiknya sebelum memulai perjalanan, isi tangki bahan bakar sampai penuh.

5. Perhatikan Tekanan Angin Ban

Ban adalah komponen mobil yang punya tugas menopang bobot kendaraan secara keseluruhan. Jika mobil dalam kondisi bermuatan penuh, maka otomatis berat kendaran juga bertambah. Jadi pastikan keempat ban mobil Anda tidak kurang tekanan angin.

6. Jangan Rem Mendadak

Pergunakan rem mobil secara bijak. Demi mengurangi laju kendaraan, ada baiknya manfaatkan engine brake, terutama di jalan menurun. Jangan melakukan pengereman mendadak karena khawatir akan membuat rem jadi malfungsi.

7. Istirahat Maksimal 3 Jam Sekali

Mobil kelebihan beban

Cek kondisi kaki-kaki pasca mengangkut beban berat

>>> Review Mercedes-Benz GLB 2019: SUV Kompak Bergaya Petualang yang Elegan

Jika Anda melakukan perjalanan jauh dengan mondisi mobil muatan penuh, maka sempatkan istirahat maksimal tiap 3 jam sekali. Kondisi ini selain mengistirahatkan tubuh Anda, juga sejenak mengistirahatkan mobil yang bekerja lebih keras.

8. Jangan Lupa Spooring dan Balancing

Pasca melakukan perjalanan dalam kondisi muatan penuh, maka sebaiknya lakukan spooring dan balancing. Ini demi mengembalikan kondisi kaki-kaki mobil agar kembali nyaman.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top