7 Kebiasaan Buruk Yang Merusakan AC Mobil

04/05/2017

Pengemudian
Share this post:
7 Kebiasaan Buruk Yang Merusakan AC Mobil
Mematikan mesin mobil sebelum mematikan AC, merokok di dalam mobil, meninggalkan kotoran di kabin mobil, tidak rutin dalam perawatan AC mobil, buka jendela saat AC mobil bekerja, tidak memperhatikan gejala-gejala yang aneh adalah beberapa kebiasaan yang buruk bikin AC mobil cepat rusak.

AC adalah sebuah fitur yang harus ada di semua mobil. Namun bukan semua orang tahu cara memakai AC yang benar. Kalau memakai AC dengan benar akan irit bahan bakar dan kalau tidak, mungkin akan berdampak negatif terhadap kesehatan kita. Berikut ini adalah kebiasaan buruk yang akan merusakan AC mobil.

Wanita morokok di dalam mobil dalam perjalanan mengantar anak ke sekolah
Merokok di dalam mobil
 

1.Mematikan mesin mobil sebelum mematikan AC

Ketika sudah sampai tujuan, seperti biasa Anda langsung mematikan mesin mobil dan AC pun tiba-tiba dipaksa berhenti bekerja. Jika kebiasaan tersebut diulang berkali-kali akibatnya adalah kekurangan usia pada aki mobil dan AC pun cepat rusak.

2.Merokok di dalam mobil

Kebiasaan merokok di dalam mobil sambil menyala AC pun bisa merusak kinerja AC dalam waktu pendek. Filter di dalam kabin kotor dan bau membuat fungsi AC mobil tidak berfungsi optimal.

Interior mobil kotor karena tidak rutin membersihkannya
Interior mobil kotor

3.Meninggalkan kotoran di kabin mobil

Bagi yang terbiasa mengkonsumsi camilan di dalam mobil pasti akan meninggalkan sampahnya. Bekas kotoran ini terbawa keluar masuk filter AC mobil akan merusakkan  filter. Jadi selalu bersih sampah setelah makan supaya AC bekerja dengan bagus dan tidak cepat rusak.

4.Tidak rutin dalam perawatan AC mobil

Sering digunakannya kendaraan terkadang membuat pemiliknya tidak rutin perawatannya. Oleh karena malas dalam merawat AC mobil akan cepat rusak.
>>> Baca juga: Ingin AC mobil tetap dingin, hindari kebiasaan ini

 

5.Suhu berubah tiba-tiba

Parkir mobil dalam cuaca panas akan menyebabkan suhu ruangan di dalam mobil pun panas. Untuk mengatasi masalah ini, para pengemudi akan menyalakan AC mobil. Itu dianggap sebagai cara baik tetapi akan berdampak pada kinerja AC bahkan AC akan rusak karena suhu yang tiba-tiba berubah.

Pria ini berbuka jandela mobil sambil mengemudi
Menyetir mobil saat jendela terbuka

6.Jendela terbuka saat AC mobil bekerja

Hal ini terjadi diakibatkan kinerja kompresor yang akan bekerja ekstra untuk menjaga suhu di dalam kabin tetap ideal.

>>> Klik sini untuk lanjut membaca pengalaman berharga dari para ahli mobil tentang pengemudian mobil
 

7.Tidak peduli dengan gejalanya

Sebelum AC mobil rusak terdapat gejalanya yang terkadang diacuhkan, misalnya seperti AC tidak dingin, berbunyi, hingga terdapat tetesan air AC dalam kabin. Apabila tidak diperdulikan maka akan menyebabkan AC semakin rusak parah.

Dengan mengetahui kebiasaan-kebiasaan tersebut pemilik mobil dapat mengetahui kebiasaannya yang harus diubah untuk menjaga kondisi AC mobil tetap prima dan tidak mudah rusak.
>>> Mobil Anda akan semakin awet dan bagus jika tahu tips dan trik ini.

Share this post:
 
back to top