7 Hal yang Harus Dihindari ketika Mengemudikan Transmisi Otomatis

10/01/2018

Pengemudian
Share this post:
7 Hal yang Harus Dihindari ketika Mengemudikan Transmisi Otomatis
Hadirnya transmisi otomatis tentu saja menjadi penemuan terbesar dalam industri otomotif saat ini. Transmisi otomatis tentunya membantu pengemudi pemula dalam mengemudikan mobilnya. Tapi, apakah anda mengetahui bagaimana cara mengemudikan transmisi otomatis agar selalu aman dan nyaman?

Terkadang, transmisi otomatis kurang bisa memberikan rasa aman bagi pengemudinya. Untuk itu, sebagai pengemudi pemula atau orang yang mengemudikan mobil dengan transmisi otomatis, terkadang kita harus tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengemudikan transmisi otomatis. Cintamobil membuat daftar hal yang harus dihindari ketika anda mengendarai transmisi otomatis, yaitu:

1. Meluncur di jalanan menurun dengan gigi netral

Kebiasaan ini tidak akan mempercepat laju mobil, kecuali hanya memperlambatnya. Dengan melakukan hal ini, anda akan membuat mesin mengurangi pasokan oli, sehingga transmisi tidak mendapatkan pelumas yang cukup untuk pengoperasian yang mulus. Kekurangan oli akan merusak kendaraan dan menghasilkan keausan yang signifikan.

2. Melakukan rev mesin sebelum memindahkan gigi

Mungkin anda pernah melakukannya, menggebor bunyi mesin sebelum memindahkan gigi. Tapi, tentu saja hal ini memberikan dampak yang buruk pada komponen dan bagian dalam mesin. Hindari melakukannya karena transmisi akan mendapatkan tekanan yang kuat yang akan mengakibatkan gesekan antara komponen internal. Gesekan ini akan memberikan dampak buruk pada bagian mesin.

Mobil berwarna putih yang mengeluarkan asap berwanra putih dari knalpotnya

Jangan gas mobil secara berlebihan

3. Menggeser gigi ketika mobil melaju

Menggeserkan gigi akan membuat komponen transmisi berubah dengan cepat dan mengikis gearbox dengan cepat. Gunakan rem sepenuhnya untuk memperlambat kendaraan anda. Beberapa orang mengganti gigi untuk memperlambat mobil tanpa menekan rem yang akan membuat dampak yang buruk untuk gearbox.

>>> Baca Juga Tips paling ampuh untuk mencegah mabuk kendaraan

4. Mengganti pada mode netral ketika menunggu lampu hijau

Banyak orang melakukan ini untuk menghemat bahan bakar yang dikeluarkan dan melindungi driveline dari keausan yang tidak perlu. Padahal, kerugian yang ditimbulkan oleh hal ini cukup banyak. Setidaknynya, anda lebih baik jika menekan rem dengan menjaga gearbox di mode Drive. Kerusakan yang sebenarnya terjadi ketika anda beralih masuk dan kelua dari mode netral.

Gigi transmisi otomatis berwarna hitam yang ada pada mobil

Meletakan pada mode netral malah akan merusak mesin

5. Mengubah pada mode parkir sebelum mobil berhenti sepenuhnya

Menggeser ke mode parkir akan mengakibatkan pin pengunci dimasukkan ke dalam roda gigi yang terpasang pada poros output pada gearbox. Selain itu, roda juga terhubung pada poros yang sama. Jadi, saat anda menguncinya dan menjaga agar kendaraan tetap berputar pada saat yang sama, ada resiko anda akan mematahkan pin pengunci.

>>> Baca juga Beberapa penyebab gangguan mengemudi

6. Mengemudi sebelum memanaskan mesin

Pastikan untuk memanaskan mobil, terlebih pada musim hujan dan cuaca yang dingin. Pada udara dingin, oli akan mengental dan bergerak perlahan di bagian mesin. Panaskan mesin untuk menghangatkan oli sehingga sedikit mencair dan menuju transmisi serta bagian lainnya dengan selamat. Jika anda langsung berkendara dengan kecepatan tinggi, akan mengakibatkan kerusakan internal yang parah.

Mobil pick up berwarna hijau yang sedang berkendara di jalanan pada pagi hari

Sebelum bepergian, pastikan anda memanaskan mesin terlebih dahulu

7. Membiarkan sedikit oli di dalam tangki

Mobil transmisi otomatis sangat bergantung pada tekanan cair agar berjalan dengan baik. Oli membantu mesin kendaraan dan elemen lainnya tetap dingin dan terlumasi. Jadi, membiarkan mobil dengan sedikit oli akan membuat mobil kekurangan pelumas yang membuat komponen lebih cepat aus.

>>> Baca juga tips dan trik mengemudi lainnya disini

Mengemudikan transmisi otomatis mempunyai tantangan yang berbeda dibandingkan mobil manual, apalagi dlam hal perawatan. Mengetahui bagaimana cara merawat dan mengendarai mobil matic membuat anda bisa menghemat pemakaian mobil sehingga mengurangi biaya yang diperlukan.

Perhatikan video di bawah untuk hal-hal yang harus dihindari ketika menggunakan transmisi otomatis

>>> Baca juga tips dan trik tentang mobil lainnya disini

Share this post: