6 Tips Paling Ampuh Mencegah Mabuk Kendaraan

02/01/2018

Pengemudian
Share this post:
6 Tips Paling Ampuh Mencegah Mabuk Kendaraan
Mabuk perjalanan seringkali dirasakan oleh penumpang, bukan hanya yang belum terbiasa berjalan jauh, tapi juga penumpang yang sering berkendara. Banyak cara yang dilakukan untuk mencegah mabuk kendaraan, salah satunya dengan meminum obat anti mabuk.

Namun, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencegah mabuk kendaraan dan bisa dilakukan tanpa mengeluarkan uang sepeser pun. Berikut tipsnya.

1. Buka jendela

Udara yang segar akan membantu pengendara untuk menghindari mabuk darat. Mobil berventilasi buruk dengan bau tertentu akan memperburuk pernafasan. Selain itu, anda juga menjadi lebih mudah mabuk ketika mencium bau yang menyengat terus-terusan di dalam mobil. Buka jendela jika memungkinkan untuk mencegah mabuk darat.

gambar seekor anjing yang menjulurkan kepala keluar jendela mobil yang sedang melaju

Menikmati udara segar akan mencegah mabuk kendaraan

Akan lebih baik jika anda menghilangkan bau menyengat yang akan memperparah mabuk kendaraan anda. Bahkan, parfum mobil yang terlalu menyengat juga bisa mengakibatkan mabuk kendaraan. Untuk itu, gunakan bau-bauan seperti lavender atau mint untuk membantu mengatasi bau tidak sedap di dalam mobil selama perjalanan.

>>> Baca juga artikel berikut untuk membantu anda berkendara di hutan dan pegununggan

2. Hindari makan makanan berbau tajam sebelum berangkat

Aroma makanan pedas atau berminyak diketahui menjadi pemicuk mabuk kendaraan. Hal ini sama dengan tips yang pertama, yaitu bau-bauan yang ada di dalam mobil. Untuk menghilangkannya, anda bisa membawa jahe untuk menghindari terjadinya mabuk kendaraan. Permen jahe atau biscuit jahe juga akan bekerja untuk anda.

Seorang wanita memperlihatkan seekor ikan sambil menutup hidung

Hindari makanan berbau tajam

3. Makan sedikit atau tidak sama sekali

Makan sebelum bepergian bisa membantu anda namun juga bisa menjadi boomerang. Hal ini tergantung bagaimana tubuh anda bereaksi terhadap makanan. Dalam beberapa kasus, makan sebelum perjalanan jauh membantu tubuh untuk tidak lapar dalam perjalanan. Tapi ada kalanya makan juga bisa membuat tubuh menjadi lebih mudah pusing.

gambar yang menujukan piring dengan udang, asparagus dan kentang serta sebuah garpu

Makan sedikit atau tidak sama sekali

Meskipun makan bisa memicu mabuk kendaraan, namun sebaiknya anda makan paling lama satu jam sebelum melakukan perjalanan jauh. Jangan makan makanan yang berminyak atau asam, tapi cobalah makan roti tawar atau makanan ringan. Jika tubuh anda tidak bereaksi dengan baik terhadap makanan, mungkin tidak makan merupakan solusi yang tepat untuk anda.

>>> Klik di sini untuk membaca tips pengemudian lainnya!

4. Tutup mata (atau tidur)

Tidur di saat perjalanan jauh merupakan pilihan yang paling tepat untuk menghindari mabuk kendaraan. Jika anda tidak bisa tidur, memejamkan mata bisa membantu. Dengan memejamkan mata, otak tidak bisa membedakan pergerakan yang menjadi pemicu mabuk kendaraan. Dengan melihat pohon-pohon atau gedung-gedung melaju melewati anda akan membuat anda menjadi pusing.

Gambar yang memperlihatkan seorang pria yang sedang tidu di dalam mobil

Dengan tidur, anda bisa menghilangkan mabuk kendaraan

5. Duduk di depan

Jika memungkinkan, mengendarai kendaraan sangat membantu mengurangi pusing dan mabuk. Pengemudi jarang mabuk karena mereka memfokuskan perhatian mereka ke jalanan. Dengan berfokus pada titik jauh, anda bisa menghindari mabuk. Untuk itu, duduk di sebelah supir menjadi salah satu pilihan tepat bagi anda yang mudah mabuk darat.

Seorang pria yang sedang duduk di samping wanita yang sedang menyetir

Duduk di samping supir akan membantu meredakan mabuk darat

6. Istirahat

Jika semua hal di atas tidak bisa membantu mencegah mabuk darat yang anda alami, berhenti dan istirahat di pinggir jalan atau rest area merupakan cara paling ampuh menghindari mabuk darat.

Pemandangan rest area yang diperuntukan bagi pengemudi yang ingin beristirahat

Jika tidak mempan, berhenti sejenak

Kebanyakan mabuk darat dikarenakan goncangan yang tidak menentu yang terjadi ketika kita berada pada mobil yang sedang berjalan. Karena itu, berhenti dari mobil yang melaju akan menenangkan syaraf otak dan menghindari terjadinya mabuk darat.

Jika anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang mabuk darat, perhatikan video di bawah ini

Melakukan perjalanan jauh bersama kendaraan terkadang mengasyikkan, namun anda harus berhati-hati agar tidak mabuk darat. Untuk mencegah mabuk kendaraan paling efektif, perhatikan kondisi badan anda. Terkadang tubuh memiliki cara tersendiri untuk menghindari mabuk darat ini.

>>> Mari berbagi pengalaman kendaraan berempat roda di sini

Share this post: