6 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Saat Mengemudi untuk Pertama Kalinya

05/02/2018

Pengemudian
6 Hal Penting yang Perlu Anda Ketahui Saat Mengemudi untuk Pertama Kalinya
Pertama kali Anda mengendalikan kendaraan bisa menjadi pengalaman yang mengasyikkan sekaligus menakutkan. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda memiliki pengalaman pertama di belakang kemudi.

Mempunya mobil baru atau pertama kali mengendarai mobil bisa menjadi pengalaman berharga bagi pertumbuhan seseorang. Karena banyak pengemudi baru yang tidak tahu dengan apa yang harus dilakukan ketika mengemudi, Cintamobil memberikan tips 6 hal yang harus anda ketahui untuk pengalaman pertama di belakang kemudi.

1. Sesuaikan kendaraan sehingga anda merasa nyaman 

Sebelum anda menghidupkan mobil, pastikan anda bisa melihat semua cermin dan jok disesuaikan dengan tinggi badan anda. Setelah  kendaraan anda nyaman itu  akan membantu anda rileks selama pengalaman mengemudi anda untuk pertama kali.

Gambar yang menunjukan kenop trasmisi mobil berwana hitam

Sesuaikan pengemudian dengan keinginan Anda

2. Jangan panik 

Mengendarai mobil adalah pengalaman yang mengharuskan anda untuk melakukan multitask. Saat anda duduk di kursi pengemudi untuk pertama kalinya, mungkin anda  mulai merasa terbebani dengan semua peraturan yang harus diingat. Meski mengingat untuk menggunakan sinyal belokan dan arti tanda jalan berarti keduanya sangat penting, yang lebih penting adalah kemampuan anda untuk berkonsentrasi pada tugas yang ada. Cobalah untuk membersihkan pikiran dan fokus pada apa yang anda lakukan.

>>> Baca juga Tips melakukan perjalanan di malam hari

3. Tenangkan diri anda

Menenangkan diri adalah hal terbaik yang dimiliki pengemudi yang terpercaya dan berpengalaman di kursi penumpang di sebelah anda saat anda mengendarai mobil untuk pertama kalinya. Ada alasan bahwa masa belajar dimana anda hanya bisa menyetir dengan orang dewasa lain di dalam kendaraan biasanya diperlukan sebelum anda mendapatkan SIM. Memiliki orang tua yang dipercaya atau orang dewasa lainnya di sana untuk membantu anda dan memberi saran agar membuat pengalaman pertama mengemudi anda tidak menakutkan.

Gambar yang menunjukan mobil yang dikendarai oleh pemuda dan ditemani oleh orang tua

Jika perlu, minta bantuan orang yang lebih tua

4. Lepaskan diri dari gangguan

Ini bukan saatnya untuk mengangkut adik kecil anda yang menangis ke tempat penitipan anak atau tiga dari teman bicara anda ke sebuah pesta. Mengemudi dengan gangguan tidak pernah merupakan ide bagus, terutama jika anda belum pernah mengemudikan kendaraan sebelumnya. Matikan juga radio, gulung jendela, dan lepaskan ponsel anda.

5. Tetap di jalan yang familiar

Tetap berada di jalan yang sudah anda sering lalui saat pertama kali mengemudi. Anda tidak perlu mengeksplor jalanan untuk pertama kalinya mengemudi. Berkendaralah mengelilingi lingkungan atau rute yang sudah sangat anda kenal.

Gambar yang menunjukkan jalan yang sepi dengan beberapa mobil diparkir di samping jalan

Cobalah berkendara di jalan yang sepi

6. Bertempat tinggal jauh dari jalur raya utama

Meskipun anda akan perlu belajar untuk mengemudi pada jalur raya utama. Mengemudi untuk pertama kali di jalur raya utama tidak disarankan kepada anda, tunggu hingga anda mempunyai pengalaman yang bisa membuat anda terbiasa atau percaya diri dalam menghadapi situasi yang sulit pada jalur raya utama.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

Ada beberapa hal yang mungkin sebaiknya tidak Anda lakukan selama berkendara pertama kali. Beberapa contohnya adalah: parkir paralel, dan pengisian di pompa bensin. Satu-satunya tujuan pertama kali di belakang kemudi adalah membuat anda berkenalan dengan perasaan mengendalikan kendaraan.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang parkir paralel di sebelah kiri jalan

Coba untuk tidak melakukan parkir paralel dahulu

Menjaga pedoman sederhana ini dalam pikiran saat Anda mempersiapkan diri untuk berkendara untuk pertama kalinya akan membantu membuat pengalaman sedikit kurang menakutkan. Setiap kali anda berada di belakang kemudi, anda membawa keselamatan dan keselamatan orang lain ke tangan anda sendiri. Pastikan bahwa anda siap untuk pengalaman pertama di belakang kemudi dengan tetap tenang dan mengetahui tentang peraturan jalan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top