6 Cara Antisipasi Kurang Saldo e-Toll Agar Perjalanan Lancar

16/09/2021

Pengemudian

3 menit

Kekurangan saldo e-Toll bisa membuat perjalanan terhambat dan berpotensi menimbulkan hambatan bagi pengendara lain di jalan tol. Berikut cara mengantisipasi!

Membayar tol sesuai tarif menjadi kewajiban saat melintas di jalan tol. Dan akan jadi hambatan tersendiri jika saldo e-Toll ternyata kurang dan tidak mencukupi.

Pengendara bisa terhenti saat di gerbang tol karena portal tidak bisa dibuka. Lebih parah lagi bisa menimbulkan kemacetan yang cukup panjang kendaraan lain di belakang.

Foto Gerbang Tol Kalikangkung malam hari

Pembayaran tarif tol tidak menggunakan uang tunai

Antisipasi kurang saldo

Agar hal tersebut tidak terjadi pada Anda, mempersiapkan diri wajib dilakukan. Terutama memastikan saldo uang elektronik itu benar-benar terisi dan mencukupi. Berikut langkah antisipasi yang bisa dilakukan, sebagaimana dibagikan Jasa Marga lewat IG @official.jasamarga.

1. Pastikan saldo cukup sebelum memasuki jalan tol

Anda bisa melakukan pengecekan saldo e-Toll di tempat-tempat pengisian seperti minimarket dan bank penerbit kartu. Bisa juga dilakukan menggunakan smartphone jika memiliki fitur NFC (Near Field Communication).

2. Lebih baik lakukan top up terlebih dahulu

Lebih baik melakukan top up saat merasa tidak yakin saldo e-Toll masih ada. Jangan berspekulasi dan memaksakan diri masuk tol karena akibatnya bisa saja buruk.

>>> Mengisi Kartu E-Toll Mudah Dengan 5 Cara Ini

Foto pengendara melakukan pembayaran di gerbang tol

Pastikan saldo uang elektronik cukup agar perjalanan lancar

3. Cek saldo setiap selesai transaksi di jalan tol

Setelah melakukan transaksi pembayaran lihat pada display untuk mengetahui sisa saldo yang tersedia. Atau yang lebih baik ambil struk pembayaran karena disitu tersedia informasi yang lebih lengkap.

4. Lakukan top up di rest area

Rest area jalan tol tidak hanya untuk istirahat, makan, minum, isi BBM, atau toilet, tapi juga menyediakan beragam layanan seperti top up saldo e-Toll. Anda bisa memanfaatkannya jika saldo kurang sementara tujuan perjalanan masih jauh.

5. Jika ada gunakan fitur top up pada smartphone

Selain melakukan pengecekan Anda juga bisa top up sendiri saldo e-Toll menggunakan smartphone. Melalui mobile banking, dompet digital, atau merchan-merchan toko online.

6. Tekan tombol bantuan

Tekan tombol bantuan yang tersedia di setiap gardu tol jika saldo tidak cukup saat bertransaksi. Maka petugas akan segera datang membantu. Solusi ini cukup penting agar tidak menimbulkan antrean banyak kendaraan di belakang.

>>> Kenali Detail Tulisan Struk Jalan Tol

Foto Tombol bantuan gardu tol

Manfaatkan tombol bantuan untuk memanggil petugas

>>> Banyak Yang Naik, Segini Tarif Tol Jakarta-Surabaya Sekarang!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top