5 Trik Biar Perjalanan Liburan Tidak Bergantung Pada Rest Area

13/03/2021

Pengemudian

5 menit

Perjalanan liburan ketika momen libur panjang, biasanya kondisi jalan tol dan rest area akan lebih penuh dari biasanya. Supaya perjalanan bisa tetap nyaman, berikut ini beberapa trik untuk mensiasatinya.

Sejak kemarin, masyarakat banyak yang melakukan perjalanan liburan demi memanfaatkan momentum libur Isra Miraj 2021. Umumnya perjalanan liburan ini dilakukan warga Jakarta menuju sejumlah daerah di Jawa Barat maupun Jawa Tengah.

Liburan singkat memang kerap kali dipilih masyarakat Ibukota, mengingat kini perjalanan antar kota semakin singkat berkat adanya jalur tol sepanjang pulau Jawa. Tapi tentunya, yang memanfaatkan tanggal merah libur nasional untuk melakukan perjalanan liburan bukan cuma Anda. Ada puluhan atau bahkan ratusan keluarga lain yang melakukan hal serupa.

Kalau sudah seperti ini, pasti kondisi jalan tol luar kota seperti Tol Purbalenyi atau Tol Cipali juga mengalami peningkatan volume kendaraan. Dan ketika jalur tol cukup padat, maka rest area atau tempat peristirahatan di jalan tol tersebut juga terjadi kepadatan.

Daripada perjalanan liburan berubah ajdi stres akibat mengantre terlalu lama di rest area, yuk simak tips dari Toyota Indonesia berikut ini tentang cara mensiasati supaya perjalanan liburan tidak bergantung pada rest area jalan tol.

>>> Tol Semarang-Solo dan Jagorawi Dinobatkan Sebagai Jalan Tol Terbaik

1. Persiapkan Kondisi Mobil Sebelum Berangkat

Servis Mesin Mobil

Lakukan pengecekan mobil sebelum berangkat

Sebelum melakukan perjalanan jauh, termasuk perjalanan liburan ke luar kota, maka sudah seharusnya Anda mempersiapkan terlebih dulu kendaraan yang akan digunakan. Cek semua cairan di mobil seperti oli, air radiator, minyak rem, dan minyak power steering. Cek juga kondisi keempat ban jangan lupakan bawa ban cadangan beserta dongraknya. Periksa pula semua lampu-lampu dan wiper, serta pastikan mobil sudah terisi bahan bakar full tank.

2. Persiapkan Fisik dan Perlengkapan Pengemudi dan Penumpang

Jalan Tol Macet

Saat musim liburan, jalan tol cenderung lebih padat dari biasanya

Selain kendaraan, pengemudi dan penumpang juga butuh persiapan sebelum melakukan perjalanan jauh. Bagi pengemudi, sebaiknya istirahat yang cukup dan siapkan satu penumpang yang juga bisa mengemudi sebagai sopir pengganti. Siapkan juga makanan ringan dan air putih yang cukup untuk perjalanan. Jangan lupa juga isi saldo uang elektronik yang cukup untuk memudahkan pembayaran tol.

>>> Tips Menggunakan Kartu Uang Elektronik

3. Pilih Waktu Perjalanan yang Tepat

Rest Area Jalan Tol Penuh

Ketika tol padat, rest area juga biasanya penuh

Moment libur panjang untuk melakukan perjalanan liburan pasti volume kendaraan juga akan meningkat. Karena itu, menentukan waktu perjalanan yang tepat memegang peranan penting guna memberikan kenyamanan selama perjalanan. Sebaiknya manfaatkan waktu dimana kemungkinan pengendara lain tidak melakukan perjalanan. Perhatikan juga untuk menghindari perjalanan bersamaan dengan lalu lintas bus antar kota.

4. Manfaatkan Exit Tol Tertentu

SPBU Rest Area Tol

Kalau rest area tol penuh, lebih baik keluar terlebih dulu

Jika memang harus ke rest area untuk kebutuhan buang air atau istirahat, maka Anda bisa manfaatkan exit tol yang agak lenggang. Nantinya di area non tol itu Anda bisa cari pom bensin yang cukup kondusif untuk mengisi bahan bakar sembari beristirahat.

>>> Review Nissan Serena X 2013: MPV Nyaman Seharga LCGC

5. Jangan Ragu Manfaatkan Rest Area Kosong

SPBU di Rest Area Jalan Tol

Ketika ada rest area kosong jangan ragu untuk langsung memanfaatkannya

Saat melakukan perjalanan menggunakan jalan tol, maka ketika Anda menemui satu rest area yang cukup lenggang, sebaiknya jangan ragu untuk memanfaatkannya. Anda bisa mengisi bahan bakar sampai kembali full atau buang air supaya di perjalanan berikutnya tidak panik saat rest area ternyata penuh dengan pengguna jalan tol yang lain.

Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

 
back to top