5 Tips Penting untuk Perjalanan Jauh yang Tidak Melelahkan

09/01/2018

Pengemudian
Share this post:
5 Tips Penting untuk Perjalanan Jauh yang Tidak Melelahkan
Terkadang, kita membutuhkan sedikit perjalanan jauh untuk berlibur dan menikmati dunia. Tapi, perjalanan jauh membutuhkan tenaga dan waktu yang tidak sedikit. Karena itu, daripada menghindarinya, lebih baik kita mengetahui bagaimana membuat perjalanan jauh tidak melelahkan.

Salah satu yang membuat perjalanan jauh menjadi berbahaya adalah kelelahan yang dialami oleh pengemudi. Kelelahan dan mengantuk merupakan salah satu penyebab utama terjadinya kecelakaan. Karena itu, Cintamobil akan memberikan tips untuk membuat perjalanan jauh tidak melelahkan.

1. Jangan terlalu bergantung pada minuman penambah tenaga

Banyak minuman penambah tenaga yang dipasarkan, namun tidak baik untuk menggantungkan hidup dan perjalanan anda pada minuman penambah tenaga tersebut. Beberapa minuman ketika dikonsumsi, memberikan dampak yang baik. Tapi, mengkonsumsi minuman tersebut secara berlebihan akan membahayakan tubuh anda dengan banyaknya zat-zat kimia yang masuk.

Gambar yang memperlihatkan dua minuman penambah tenaga yang dibawa oleh pengemudi mobil

Minuman penambah tenaga belum tentu bisa menyehatkan

Tapi, ada baiknya anda meminum secangkir atau sedikit kopi selama perjalanan. Minum kopi menjadi salah satu pelarian bagi pengendara yang menempuh perjalanan jauh untuk membuat mereka semakin bertenaga dan menghindari kantuk. Sedikit kafein bisa berpengaruh untuk meningkatkan kewaspadaan dan energi. Jika anda tidak menyukai kopi, anda bisa menggantinya dengan the hijau.

>>> Baca juga Tips berkendara ketika hujan

2. Gunakan waktu untuk tidur sebentar dan beristirahat

Jika memadai, gunakan waktu sebisa mungkin untuk beristiahat atau tidur untuk waktu yang sebentar. Dalam bahasa Inggris-nya, bisa dibilang sebagai nap. Beristirahat atau tidur sebentar akan memulihkan fokus dan meredakan kelelahan yang dialami ketika berkendara.

Gambar yang memperlihatkan palang yang menyuruh untuk beristirahat ketika lelah

Gunakan waktu sebaik mungkin untuk beristirahat di rest area

Berhenti di pinggir jalan atau di rest area merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan untuk berhenti dan beristirahat. Jika anda seorang Muslim, anda bisa berhenti sembari sholat di masjid-mesjid yang ada di pinggir jalan. Selain beribadah, anda juga bisa beristirahat dan berhenti sejenak.

3. Nikmati waktu dan perjalanan

Menikmati perjalanan merupakan salah satu cara untuk menghindari kelelahan ketika mengemudi jarak jauh yang paling ampuh. Dengan menikmati perjalanan, anda tidak akan terbebani dengan semua perjalanan jauh yang akan anda tempuh. Lalu,dari segi psikologi, menikmati perjalan akan memberikan tenaga lebih untuk anda dalam menempuh perjalanan panjang.

Gambar yang memperlihatkan seorang pengendara yang sedang bersandar di mobilnya di daerah berpasir

Nikmati perjalanan jauh untuk menyegarkan pikiran

Selain itu, jangan terburu-buru dalam berkendara. Jika diperlukan, mulailah perjalanan lebih awal karena akan membuat anda tidak terburu-buru dalam mengemudi. Selain itu, anda juga bisa memulai perjalanan lebih segar sehingga bisa menikmati perjalanan. Dengan tidak terburu-buru, mengutamakan keselamatan akan menjadi prioritas untuk anda dan penumpang.

>>> Baca juga Tips dan trik mengemudi lainnya disini

4. Minum yang banyak

Salah satu penyebab kantuk dan kelelahan yang terjadi pada pengemudi, bahkan pada semua orang, adalah kurangnya asupan cairan pada tubuh. Hampir 2/3 tubuh manusia terdiri dari air, dan akan menjadi hal yang lumrah jika tubuh menjadi lelah jika pasokan air pada tubuh tidak terpenuhi. Karena itu, pastikan anda menyediakan minuman ketika menjalani perjalanan jauh.

Gambar yang menunjukan sebotol air putih yang ada pada bagian dashboard mobil

Jangan lupa untuk mengkonsumsi air yang cukup

Untuk itu, sediakan minuman di dalam mobil untuk menemani anda ketika anda kehausan. Bahkan, jangan sampai anda kehausan dalam mengemudi. Kehausan akan mengakibatkan mata mengantuk dan tubuh lelah, dan akhirnya membuat anda kurang fokus dalam mengemudi. Selain itu, memakan makanan yang asin juga mempengaruhi hilangnya cairan dalam tubuh.

5. Sedikit peregangan akan sangat membantu

Jika anda merasa lesu dalam berkendara, beristirahat sejenak dan melakukan peregangan dan melakukan beberapa gerakan sederhana bisa menjadi latihan untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Dengan begitu, setidaknya anda bisa menghilangkan sedikit rasa lelah dan capek.

Gambar yang memperlihatkan wanita yang sedang meregangkan tubuh di daerah dengan banyak pohon

Istirahat dan lakukan peregangan di sela-sela mengemudi

Sama seperti tubuh mata dan otak juga perlu diistirahatkan. Berhenti dan membuat sedikit gerakan serta memanjakan mata dan mengistirahatkan otak bisa membuat anda segar kembali. Karena itu, carilah tempat yang aman di pinggir jalan, kalau bisa dengan pemandangan hijau yang menyegarkan mata, untuk melakukan peregangan dan gerakan-gerakan ringan untuk tubuh.

Gunakan tips dibawah untuk menjadi pengemudi jarak jauh yang handal

Melakukan perjalanan jauh memang menguras tenaga. Namun, banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat perjalanan jauh tidak melelahkan. Tentu saja, dengan istirahat yang cukup sebelum bepergian akan membantu anda dalam melakukan perjalanan jauh. Dan selalu ingat untuk selalu berhenti ketika anda sudah merasa lelah atau mengantuk. Keep safety riding, guys!

>>> Baca juga tips mobil lainnya disini

Share this post: