5 Tips Hemat Bahan Bakar Mobil untuk Perjalanan Jarak Jauh

22/05/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Mengetahui tips hemat bahan bakar mobil saat perjalanan jauh menjadi hal yang perlu diperhatikan untuk membantu mengurangi biaya pengeluaran saat bepergian.

Daya dalam mobil salah satunya yaitu bahan bakar merupakan hal yang perlu disiapkan ketika Anda harus bepergian jarak jauh. Walaupun Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) mudah untuk ditemui, tidak ada salahnya jika kita menghemat salah satu biaya bahan bakar dalam perjalanan jarak jauh.

Banyak hal yang membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi boros, mulai dari kondisi mesin mobil sampai cara menggunakan mobil yang kurang tepat. Tapi biasanya memang kebanyakan hal yang membuat bahan bakar mobil boros adalah karena cara pengemudi yang kurang tepat saat menyetir mobil.

Cara Hemat Bahan Bakar

Untuk menghemat biaya bahan bakar mobil selama perjalanan jarak jauh, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Berikut 5 cara menghemat daya bahan bakar mobil saat perjalanan jauh:

1. Penggunaan AC

Jika cuaca pada saat perjalanan jarak jauh tidak panas, ada baiknya Anda tidak perlu menggunakan AC mobil dan memanfaatkan angin dari luar. Mengoptimalkan kinerja AC dengan cara mematikan switch ketika membutuhkan engine power, contohnya ketika Anda melewati jalan menanjak atau bisa juga memanfaatkan economy mode yang membuat beban kompresor jadi berkurang.

mematikan ac mobil saat udara tidak panas

Mematikan ac mobil saat udara di luar sejuk adalah salah satu tips hemat bahan bakar 

2. Tidak membawa beban lebih pada kendaraan

Setiap beban 50 kilogram pada mobil, akan membuat lebih boros bahan bakar mulai dari 1 sampai 2 persen. Oleh karena itu, ada baiknya, beban bawaan kendaraan Anda tidak melebihi kapasitas dari mobil tersebut saat pergi dengan jarak tempuh yang jauh.

>>> Suka Pakai BBM Tak Sesuai Rekomendasi? Awas, Mesin Mobil Ngelitik

3. Periksa filter udara mobil

Penyebab lain dari bahan bakar yang boros adalah filter udara yang sudah terlalu kotor. Dengan filter udara yang kotor, mesin mobil akan bekerja lebih berat karena sumbatan debu dan kotoran pada filter. Oleh karena itu, filter udara mobil sebaiknya dibersihkan setiap 2.000 sampai 3.000 kilometer. Selain itu, Anda juga bisa mengganti filter udara mobil jika dirasa filter mobil tersebut sudah cukup lama pemakaiannya.

filter udara pada mobil harus rutin diperiksa

Filter udara mobil sebaiknya dibersihkan secara rutin sebagai tips hemat bahan bakar 

4. Mengemudi dengan stabil

Cara ini dilakukan dengan membuka gas dengan perlahan dan juga menghindari berhenti mobil secara mendadak. Mempertahankan RPM mobil di angka 2.000 sampai 3.000 merupakan hal yang disarankan untuk pengemudi agar kecepatan mesin tetap stabil pada posisi rendah. Jika Anda terus mengendarai mobil dengan kecepatan tinggi, hal tersebut bisa menyebabkan bahan bakar menjadi boros.

>>> Tips Mengemudi Mobil Hybrid Agar Lebih Irit BBM

5. Cek tekanan angin ban mobil

Kinerja mobil akan membutuhkan tenaga ekstra ketika gesekan roda pada jalan lebih besar karena tekanan angin pada ban mobil kurang. Oleh karena itu, sebelum memulai perjalanan jauh ada baiknya cek tekanan angin ban mobil Anda sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Tekanan angin yang kurang ternyata bisa membuat konsumsi bahan bakar lebih boros 5 sampai 20 persen.

mengecek tekanan ban sebelum bepergian

Sebelum memulai perjalanan jauh perlu mengecek tekanan angin ban mobil 

Pakai Kendaraan Saat Dibutuhkan Saja

Terlalu sering memakai kendaraan tentu bisa menambah biaya konsumsi bahan bakar mobil yang lebih banyak. Sebaliknya, jika kendaraan Anda hanya digunakan saat diperlukan saja, tentu biaya yang dikeluarkan untuk bahan bakar mobil juga akan lebih hemat.

Oleh karena itu, gunakan kendaraan Anda ketika Anda membutuhkan perjalanan dengan jarak tempuh yang jauh saja. Sementara untuk jarak tempuh yang tidak terlalu jauh, Anda bisa memanfaatkan transportasi lain yang bisa meminimalkan biaya pengeluaran untuk konsumsi mobil seperti jalan kaki, bersepeda atau bisa juga menggunakan kendaraan roda dua.

Itulah tips hemat daya bahan bakar pada mobil saat perjalanan jauh. Pastikan juga kondisi mobil Anda prima dan jangan lupa perhatikan beberapa hal tersebut untuk melakukan perjalanan jauh agar tidak ada biaya tambahan yang berlebih. 

>>> Benarkah Warna Mobil Pengaruhi Konsumsi BBM? Begini Penjelasannya

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.
 
back to top