5 Tindakan yang Wajib Dilakukan Ketika Terjebak Kemacetan

22/10/2019

Pengemudian

5 menit

Share this post:
5 Tindakan yang Wajib Dilakukan Ketika Terjebak Kemacetan
Ketika nyetir mobil lalu terjebak kemacetan, maka ada beberapa hal yang wajib Anda lakukan. Hal ini agar Anda tetap bisa berkendara aman dan nyaman sampai tujuan.

Macet. Problema lalu lintas yang melanda hampir diseluruh ruas jalan di Indonesia. Karena macet pulalah, berbagai masalah lain bisa timbul. Mulai dari waktu yang terbuang lebih banyak, stres, hingga penyakit berbahaya lainnya.

>>> Tidak Lagi Telat, Trik Atasi Kemacetan

Siapapun tentu tak ingin terjebak kemacetan. Namun ketika hal itu tidak bisa lagi dihindari, berikut lima hal yang harus Anda lakukan sebagai pengemudi.

1. Tetap Tenang

pengemudi wanita emosi

Jangan emosi saat mengemudi

Tentu saja terjebak kemacetan adalah hal yang sebisa mungkin Anda hindari ketika nyetir mobil. Tetapi saat kejadian tersebut Anda alami, maka sebaiknya tetap bersikap tenang. Jangan emosi apalagi meluapkannya dengan cara membunyikan klakson berulang-ulang. Jadi sebaiknya tetaplah tenang dan menunggu sampai kemacetan terurai.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

2. Geser Tuas Transmisi ke Posisi Netral

transmisi mobil matik

Posisikan transmisi ke Netral jika macet cukup parah

Macet yang cukup parah biasanya membuat mobil tidak bergerak untuk waktu yang relatif lama. Pada kondisi ini, sebaiknya posisikan tuas transmisi di "N" atau Netral. Kemudian tarik juga rem tangan atau Parking Brake. Ini untuk menghindari pedal kopling atau gas terlepas dan membuat mobil Anda melaju tanpa kendali. Selain itu, pada kondisi ini kaki Anda bisa beristirahat sejenak.

3. Hubungi Keluarga atau Kerabat

berponsel sambil mengemudi

Beri kabar tentang posisi Anda saat itu

Saat terjebak kemacetan, maka akan membuat perjalanan Anda untuk sampai tujuan jauh lebih lama. Untuk itulah sebaiknya hubungi keluarga atau kerabat tentang posisi Anda terakhir. Siapa tahu mereka tengah menunggu Anda tiba.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas ada disini

4. Aktifkan Radio

radio mobil

Dengarkan radio untuk mengetahui informasi kemacetan

Setiap mobil tentunya dilengkapi radio sebagai fitur hiburan. Anda bisa menggunakan fitur ini saat terjebak kemacetan. Dengan mendengarkan radio, Anda bisa mengetahui apa penyebab kemacetan tersebut, serta pilihan lajur mana yang bisa digunakan untuk keluar dari kemacetan tersebut.

5. Selalu Waspada

macet saat nyetir

Jangan sampai lengah walau sedang diam di kemacetan

Walau dalam keadaan diam menunggu, Anda juga tetap harus waspada. Karena semua hal bisa saja terjadi ketika Anda sedang terjebak kemacetan. Perhatikan keadaan sekitar apakah ada orang-orang yang mencurigakan untuk bertindak kriminal. Perhatikan juga kondisi mobil. Apakah temperatur mesin naik atau tidak, dan cukupkah kondisi bahan bakar sampai Anda terlepas dari kemacetan tersebut.

>>> Tips dan trik lainnya ada disini

Share this post:
Prasetyo Adhi
Penulis
Prasetyo Adhi
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Pilih-pilih Camilan Bergizi Sebagai Teman Ketika Macet

18/07/2019

Pengemudian

4 menit

Ketika menghadapi kemacetan di jalan, daripada Anda bermain gadget yang malah akan membahayakan konsentrasi mengemudi, lebih baik Anda mengkonsumsi camilan bergizi. Apa saja itu?

Lihat juga

Hati-hati, Sering Terjebak Macet di Jalan Bisa Timbul Penyakit Kanker

30/06/2019

Pengemudian

4 menit

Selain akan memperlama waktu tempuh Anda untuk sampai ditujuan, terjebak macet di perjalanan ternyata bisa memicu timbulnya sejumlah penyakit. Apa saja hal itu? Baca artikelnya berikut ini ya!

Lihat juga

Ini Tips Aman Berkendara di Jalan Tikus Ketika Harus Menghindari Macet Saat Mudik Lebaran

16/05/2019

Pengemudian

4 menit

Macet memang menjadi musuh utama ketika Anda melakukan perjalanan mudik Lebaran. Solusinya Anda bisa gunakan jalur alternatif, atau jalan tikus. Berikut ini ada beberapa tips aman berkendara di jalan tikus.

Lihat juga

Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Mewah, Tampan dan Kencang

17/10/2019

Editor rate:

Sebuah sedan keluarga bertenaga 600 daya kuda dan mampu berlari 0-100 hanya dalam 3 detik? Kami perkenalkan BMW M8 Gran Coupé 2019, saudara terbaru Seri 8 yang memiliki desain menawan serta dipenuhi fitur terbaru dari BMW.

Lihat juga

Harga Audi A4 2020: Daftar Harga mobil A4 terbaru September

01/09/2020

Audi

Bagi yang sering melihat mobil sedan, pasti yang terlintas adalah mobil mewah dan keren, begitupun halnya dengan Audi A4. Mobil ini menjadi pemain di segmen saloon atau istilah Indonesianya sedan sudah cukup lama, diawali pada generasi pertama di tahun 1994. Pada generasi ke limanya muncul pada bulan Juni 2015, penampilan mobil asal Jerman kali ini jauh lebih bagus. Berikut ini adalah harga Audi A4 terbaru di pasar Indonesia.

Lihat juga