5 Persiapan Sebelum Nyetir Mobil Sendiri Selama Masa Pandemi

23/09/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
5 Persiapan Sebelum Nyetir Mobil Sendiri Selama Masa Pandemi
Nyetir mobil sendiri selama masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini amat dianjurkan karena memiliki risiko tertular virus yang lebih kecil daripada menggunakan kendaraan umum. Namun perlu memperhatikan hal-hal berikut sebelum berangkat beraktifitas.

Saat ini hampir diseluruh negara di dunia maasih mengalami masa pandemi akibat penyebaran virus corona termasuk pula Indonesia. Adaptasi kebiasaan baru pun wajib dijalankan dengan memperhatikan protokol kesehatan. Tujuannya cuma satu, agar penyebaran virus mematikan yang menyerang saluran pernafasan itu bisa dihentikan.

Namun disisi lain, pemerintah Indonesia juga sudah menetapkan kebijakan untuk seluruh warganya boleh beraktifitas kembali di luar rumah. Asalkan, tetap mematuhi batas-batas aturan yang sudah ditetapkan, dan selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Kalau Anda juga satu dari sekian banyak warga Indonesia yang harus tetap beraktifitas di luar rumah selama masa pandemi ini, maka tentunya wajib mengikuti aturan dari pemerintah yang sudah ditetapkan. Dan akan lebih baik jika aktifitas di luar rumah menggunakan kendaraan pribadi baik motor atau mobil, daripada memakai sarana transportasi umum.

Karena menggunakan kendaraan pribadi, memiliki risiko penularan Covid-19 yang lebih kecil dibanding saat menikmati fasilitas umum. Namun perlu diperhatikan pula pentingnya kebiasaan-kebiasan baru sebelum nyetir mobil sendiri ketika akan berangkat beraktifitas di masa pandemi seperti sekarang ini.

>>> Sanksi Tak Pakai Masker saat Naik Mobil pada Masa PSBB Jakarta

Jaga Kesehatan Anda dan Kendaraan

Karena dibutuhkan untuk mobilisasi Anda selama beraktifitas di luar rumah, kendaraan termasuk mobil, harus dijaga agar kondisinya selalu fit. Jangan sampai masalah di jalan muncul akibat mobil tersebut kurang mendapatkan perhatian. Selain itu, kondisi kesehatan Anda juga wajib dijaga. Jangan sampai kelelahan akibat beraktifitas, imun tubuh jadi menurun dan menyebabkan beragam virus serta bakteri mudah berkembang biak di dalam tubuh.

Nah berikut ini hal-hal yang harus diperhatikan sebelum nyetir mobil sendiri untuk berangkat beraktifitas. Tips ini dikutip dari laman Toyota Indonesia, Rabu (23/09/2020).

>>> Penting! Siapkan Ini di Dalam Mobil untuk Mencegah Virus Corona

1. Periksa Cairan Mobil

Air Radiator Mobil

Cek air radiator, oli, dan minyak rem

Sebelum nyetir mobil sendiri, sebaiknya biasakan untuk membuka kap mesin terlebih dahulu daripada menyalahkan mesin. Pertama-tama periksa semua cairan yang ada di mobil sebelum mesin bekerja. Yaitu air radiator, oli mesin, air aki jika memakai jenis aki basah, serta minyak rem.

Kalau airnya berkurang tambahkan sesuai spesifikasi dari pabrikan mobil Anda. Jangan lupa juga perhatikan posisi jarum indikator bahan bakar yang tersimpan dalam tangki. Kalau kurang dari setengah, maka sebaiknya langsung isi di SPBU terdekat, jangan sampai menunggu bahan bakar benar-benar habis.

2. Periksa Kondisi Semua Ban

Ban Mobil Botak

Periksa kondisi keempat ban termasuk ban serep

Setelah semua cairan sudah diperiksa, perhatikan kondisi semua ban termasuk ban cadangan. Pastikan tekanan angin pada ban sesuai rekomendasi pabrikan. Perhatikan pula kondisi dinding dan alur tapak ban, apakah sudah aus atau masih baik.

Jika ban terlihat kempes, pastikan tidak ada permukaan ban yang sobek atau tertusuk benda tajam. Kalau hal ini terjadi, maka gantilah ban tersebut dengan ban cadangan agar perjalanan Anda selamat di jalan.

3. Jangan Lupa Bawa Dokumen Mobil

STNK Mobil

Pastikan membawa SIM dan STNK saat mengemudi

>>> Review Toyota Kijang Innova TRD Sportivo 2020: Kijang Untuk Penggemar TRD

Berkendara di jalan raya wajib melengkapi diri dengan dokumen mobil dan berkendara. Yaitu STNK (Surat Tanda Nomor Knedaraan), serta SIM (Surat Izin Mengemudi) A. Pastikan masa berlaku STNK dan SIM A tersebut masih berjalan, karena jika telah kadaluarsa maka artinya dokumen tersebut tidak berlaku lagi.

4. Gunakan Masker dan Siapkan Hand Sanitizer

Nyetir Pakai Masker

Selalu gunakan masker saat berkendara

Mengingat saat ini negara masih dalam kondisi pandemi Covid-19, maka gunakanlah selalu masker ketika beraktifitas di luar rumah. Apabila Anda nyetir mobil sendiri, maka masker juga wajib selalu dikenakan. Karena Anda tidak pernah tau dari mana datangnya ancaman virus yang bsia menempel ke tubuh Anda jika tak memakai masker.

Selain itu selalu siapkan juga cairan hand sanitizer di mobil. Bisa diletakkan di laci dashboard atau di glove box konsol tengah. Gunakan cairan ini untuk membersihkan telapak tangan saat keluar atau masuk ke mobil. Namun ingat, sebaiknya ketika keluar mobil cairan ini jangan ditinggalkan di dalam mobil.

5. Panaskan Mesin Terlebih Dulu

Bensin Habis

Jangan lupa cek apakah bensin di tangki cukup sampai ke lokasi aktifitas Anda

Apabila semua pengecekan dan peralatan sudah disiapkan, maka sebaiknya sebelum berangkat nyetir mobil sendiri di pagi hari untuk beraktifitas, panaskan mesin mobil terlebih dulu. Hidupkan mesin dalam posisi idle selama 1-2 menit agar pelumas bekerja kembali melumasi semua bagain mesin dan suhu mesin mencapai titik ideal. Jika sudah barulah Anda boleh mulai berkendara.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Aturan Naik Bus di Jakarta Selama PSBB

16/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Sarana transportasi termasuk sektor yang diatur selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota. Dan berikut aturan naik bus di Jakarta selama PSBB berlangsung.

Lihat juga

Aturan Mobilitas Warga Selama PSBB Jakarta

15/09/2020

Pasar mobil

3 menit

PSBB Jakarta sudah dimulai dan pergerakan warga dibatasi. Sejumlah aturan pun disiapkan termasuk diantaranya aturan mobilitas warga selama PSBB berlangsung.

Lihat juga

Begini Aturan Mobil Pribadi saat PSBB Jakarta Mulai 14 September

14/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Pemprov DKI Jakarta baru saja merilis aturan mobil pribadi saat PSBB kembali berlaku ketat di Jakarta. Apa saja yang berubah dari PSBB Transisi kemarin?

Lihat juga

Ingat Masih PSBB Transisi, yang Sakit Dilarang Nyetir!

07/07/2020

Event - Promosi

3 menit

Pemerintah telah menetapkan sejumlah wilayah boleh menerapkan PSBB transisi ataupun New Normal. Tapi patut diingat bagi pengendara yang sakit dilarang nyetir.

Lihat juga

Nyetir Nggak Perlu Pakai Face Shield, Berbahaya!

03/09/2020

Pengemudian

3 menit

Virus Corona memang masih mengganas hingga kini, namun Anda jangan parno, sebab nyetir pakai face shield itu sangat berbahaya, ini kata pakar safety driving

Lihat juga