5 Perkembangan Awal Sistem Keselamatan Mobil Paling Sering Digunakan Saat Ini

26/06/2019

Pengemudian

4 menit

Share this post:
5 Perkembangan Awal Sistem Keselamatan Mobil Paling Sering Digunakan Saat Ini
Sejak awal kendaraan diciptakan, keinginan untuk membuatnya menjadi lebih aman terus berkembang. Dengan berbagai teknologi canggih yang diberikan saat ini, perjalan awal sistem keselamatan mobil juga terus berkembang.

Sistem keselamatan canggih akhirnya mengambil alih sebagian besar mobil yang baru diproduksi. Semuanya bertujuan untuk meningkatkan keselamatan di jalan serta mengurangi dampak buruk ketika terjadi kecelakaan. Dilansir dari Stuff, mari kita lihat masa-masa awal sistem keselamatan mobil yang pendukung dan penyelamat selama di jalan.

1. Rem

Sulit untuk memperdebatkan kehadiran rem sebagai salah satu fitur keselamatan paling vital pada kendaraan Anda. Mobil pertama yang menggunakan rem pada keempat rodanya adalah milik Isotta Fraschini dari tahun 1910. Fraschini menggunakan sistem rem yang ditemukan oleh pembuat mobil asal Skotlandia Arrol-Johnson pada tahun sebelumnya.

 mobil lama Crown Imperial berwarna hitam
Crown Imperial menjadi mobil pertama dengan rem cakram

Rem mekanis pertama mengikuti Sembilan tahun berikutnya pada Hispano-Suiza H6 dengan tenaga hidrolik rem empat roda pada Duesenberg Model A yang dikeluarkan 1921. Lompatan besar dalam hal menghentikan mobil dengan cepat dan aman dilakukan pada 1948 ketika Chrysler menjadi produsen pertama yang memasang rem cakram pada Crown Imperial yang megah.

>>> Pentingnya Sistem Keselamatan yang Benar dalam Mobil: Mengurangi Angka Kecelakaan

2. Sabuk Pengaman

Sabuk pengaman ditemukan oleh George Cayle, teknisi Inggris pada akhir 1800 yang menciptakan sabuk untuk membantu pilot tetap berada di dalam pesawat terbang. Namun sabuk pengaman dipatenkan pertama kali oleh orang Amerika Edward J. Claghorn pada 10 Februari 1885 untuk menjaga wisatawan tetap aman di dalam taksi di New York City.

Berikut penjelasan Volvo tentang perkembangan sabuk pengaman di dunia otomotif

Meskipun ditemukan akhir 1800-an, baru pada 1930-an dimana teknisi Amerika mulai menguji sabuk untuk penumpang. Terobosan nyata pada seatbelt modern terjadi pada tahun 1958 ketika teknisi Swedia Nils Bohlin menemukan sabuk pengaman tiga titik untuk melindungi pengemudi dan penumpang lebih baik dalam kecelakaan.

3. Airbag

Meskipun mobil-mobil Amerika adalah yang pertama memperkenalkan sabuk pengaman, rata-rata pengemudi Amerika cenderung mengabaikan penggunaannya. Sehingga airbag pada awalnya disebut sebagai alternatif untuk sabuk pengaman. General Motors adalah yang pertama memperkenalkan airbag pada mobil produksi.

Penjelasan airbag pada peringatan ulang tahun airbag oleh Mercedes-Benz

Setelah digunakan di jalan, produsen menyadari bahwa airbag bukanlah alternatif untuk sabuk pengaman. Sehingga pabrikan Jerman memperbaiki airbag untuk menjadi tambahan pada penggunaan sabuk pengaman, dengan Mercedes-Benz memperkenalkan sistem penahan tambahan (Supplementary Restraint System atau SRS) pada S-Class tahun 1980.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

4. Anti-lock Brake System (ABS)

Rem saja tidak cukup. Sebagian besar negara di dunia menuntut sistem ABS standar pada semua mobil. Walaupun banyak orang menganggap ABS sebagai sistem yang dikembangkan pada tahun 80-an atau awal 90-an, sistem ini pertama kali digunakan pada Jensen FF yang dikeluarkan tahun 1966. Sistem in awalnya adalah sistem Maxaret yang dikembangkan Dunlop untuk pesawat.

Begini penjelasan Anti-lock Braking System dari Mazda

Sistem ABS listrik pertama kali muncul pada Lincoln Continental Mark III yang dikeluarkan tahun 1969. Sedangkan Imperial (yang pada saat itu merupakan merek mewah bagian dari Chrysler) tahun 1970 mulai menggunakan sistem empat-roda pertama.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar harganya hanya di sini

5. Kontrol Stabilitas

Awal sistem keselamatan mobil satu ini dimulai pada tahun 1987, BMW, Mercedes-Benz dan Toyota memperkenalkan sistem kontrol traksi pertama yang menggunakan rem dan throttle untuk mempertahankan traksi di bawah akselerasi. Delapan tahun kemudian pada 1995, ketiganya kembali merilis sistem lanjutan bertajuk kontrol stabilitas.

Lihat lagi cara kerja fitur Stability Control pada kendaraan

Setiap pabrikan memiliki namanya masing-masing, mulai dari Dynamic Stability Control (DSC), Electronic Stability Program (ESP), dan Vehicle Stability Control (VSC), ketiganya termasuk dalam istilah Electronic Stability Control (ESC). ESC merupakan pengereman selektif kontrol traksi untuk keempat roda, dengan sebagian besar sistem mampu mengurangi daya untuk mengatasi ketidakstabilan.

>>> Cari tahu tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.

Berita lain

[INFOGRAFIK] Fakta-Fakta Menarik Tentang Sistem Keselamatan Airbag

17/02/2019

Pasar mobil

Sebagai salah satu sistem keamanan yang memiliki andil besar untuk menyelamatkan pengendara dan penumpang, mari kita kenali lebih dalam tentang apa-apa saja yang ada pada sistem keselamatan airbag.

Lihat juga

Pentingnya Sistem Keselamatan yang Benar dalam Mobil: Mengurangi Angka Kecelakaan

11/02/2019

Pengemudian

Dengan meningkatnya sistem keselamatan dalam kendaraan, pemilihan fitur keselamatan pada mobil bisa menyelamatkan Anda ketika berkendara. Bahkan, sistem keselamatan terbaru bisa menyelamatkan hampir 10.000 jiwa dalam satu tahun.

Lihat juga

Teknologi LiDAR, Teknologi Radar Masa Depan untuk Peningkatan Sistem Keselamatan

05/02/2019

Pengemudian

LiDAR disebut sebagai pengembangan teknologi yang paling penting dalam industri otomotif selama bertahun-tahun. Disebut sebagai teknologi yang akan menjadi inti sistem keselamatan tahun ini, apa saja yang perlu kita ketahui dari teknologi LiDAR?

Lihat juga

Tiga Sistem Keselamatan Mobil yang Penting Ketika Berkendara dengan Anak

11/09/2018

Pengemudian

Sistem keselamatan merupakan salah satu fitur penting ketika berkendara, apalagi ketika membawa anak-anak. Dari berbagai macam sistem keselamatan mobil, ada tiga sistem yang penting ketika berkendara bersama anak Anda. Apa saja?

Lihat juga

Sistem Keselamatan yang Rendah, Hati-Hati Berikan Mobil Lama pada Anak

29/05/2018

Pasar mobil

Banyak yang menyangka bahwa menggunakan mobil lama untuk belajar mobil merupakan pilihan terbaik. Masalahnya, penelitian baru-baru ini menunjukan bagaimana sistem keselamatan mobil telah meningkat, dan tingkat keselamatan mobil lama lebih rendah dibandingkan mobil baru.

Lihat juga
 
back to top