5 Kesalahan Pengemudi Wanita yang Sering Dilakukan

13/07/2019

Pengemudian

4 menit

Beberapa kesalahan pengemudi wanita sering kali dilakukan tanpa sadar oleh pengemudi tersebut. Hal ini mungkin karena aktifitas tersebut sudah menjadi kebiasaan dari mereka.

Saat ini jumlah pengemudi wanita boleh jadi hampir sebanding dengan jumlah pengemudi pria. Bahkan jika dahulu pengemudi wanita hanya nyetir mobil-mobil berukuran kompak, saat ini sudah banyak yang mengemudikan SUV, Big MPV, bahkan hingga bus.

>>> 5 Jenis Fashion Wanita yang Membahayakan Saat Mengemudi

Keterampilan para lady driver ini saat berada di balik setir juga sudah bisa disetarakan dengan para pengemudi pria. Meski demikian tak jarang pula ada banyak kesalahan pengemudi wanita yang sering tanpa sadar mereka lakukan.

Lalu apa saja dosa dari para pengemudi wanita ini? Berikut beberapa diantaranya:

1. Berdandan

wanita berdandan di mobil

Jangan pernah berdandan saat sedang mengemudi!

>>> Promo mobil baru menarik ada disini

Berdandan di dalam mobil memang boleh saja, namun ketika wanita tersebut berada di balik kemudi, maka kegiatan ini menjadi dilarang. Walaupun dilakukan ketika berhenti di lampu merah atau saat macet, tetap saja berdandan saat mengemudi akan mengganggu konsentrasi berkendara. Ingat, nyetir adalah full time job, artinya tidak bisa disambi dengan aktifitas lain karena butuh konsentrasi tinggi.

2. High Heels

mengemudi menggunakan high heels

Sebaiknya hindari mengunakan high heels saat mengemudi

Menggunakan high heels alias sepatu berhak tinggi adalah kegemaran para wanita. Namun saat mengemudi, sebaiknya kebiasaan ini dihindari. Karena permukaan alas sepatu model ini cenderung licin ketika harus menginjak pedal gas atau rem. Sehingga sangat mungkin kaki meleset ketika harus menginjak pedal-pedal tersebut.

3. Tanpa Alas Kaki

mengemudi tanpa alas kaki

Mengemudi tanpa alas kaki juga sama berbahayanya

>>> Cari mobil bekas berkualitas disini

Kalau ini hal kebalikannya. Tidak sedikit pula kesalahan pengemudi wanita adalah berkendara tanpa alas kaki. Alasannya membuat kikuk saat harus menginjak pedal gas, rem atau kopling. Padahal tindakan ini sama bahayanya dengan menggunakan high heels. Karena bisa saja telapak kaki berkeringan dan berpotensi meleset saat menginjak pedal ketika berkendara.

4. Tidak Mengenal Mobil

cek kondisi oli mobil

Sebaiknya lakukan pengecekan sebelum berkendara

Yang dimaksud tidak mengenal mobil disini adalah para wanita kerap kali hanya bisa mengendarai mobil tanpa tahu fungsi dari komponen-komponen mobil tersebut. Sehingga terkadang mereka kesulitan saat harus menyemprotkan air wiper atau membuka kap mesin. Para pengemudi wanita ini juga banyak yang mengabaikan melakukan pengecekan sebelum berkendara. Seperti memeriksa air radiator, tekanan angin ban, atau mengecek aki.

5. Tidak Paham Jalan

GPS navigasi saat nyetir

Jika tidak paham jalan, bisa gunakan GPS navigasi

Kesalahan pengemudi wanita yang paling parah adalah tidak paham jalur-jalur perjalanan yang akan dia lalui. Biasanya ia hanya mengerti satu rute jalan yang sering ia lalui. Jadi ketika di jalur tersebut ia terjebak kemacetan parah, atau misalnya jalan dialihkan, maka mereka akan kesulitan mencari jalur alternatif.

>>> Tips dan trik menarik lain ada disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top