5 Hal yang Wajib Diperhatikan Oleh Wanita saat Berkendara Sendiri

12/01/2021

Pengemudian

4 menit

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Oleh Wanita saat Berkendara Sendiri
Wanita kerap menjadi sasaran tindak kriminal. Maka dari itu perlu ada pencegahan. Berikut ini 5 hal yang bisa diterapkan oleh wanita saat berkendara sendiri.

Wanita harus ekstra waspada ketika tengah berkendara di jalan. Pasalnya, wanita kerap menjadi sasaran dari beragam tindakan kejahatan di jalan. Kaum hawa seringkali dianggap tak lihai ketika mengemudi. Ini membuat beberapa pihak mengambil kesempatan untuk melakukan tindak kejahatan. 

Untuk mencegah adanya tindak kejahatan yang menghantui Anda ketika berada di jalan, berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan agar tetap aman bagi wanita saat berkendara sendiri.

>>> 7 Tips Penting Mencari Mobil yang Cocok untuk Wanita Pemula

1. Selalu Mengunci Pintu

kunci pintu

Segeralah mengunci pintu sesaat setelah masuk ke dalam mobil

Mengunci pintu merupakan hal yang krusial harus dilakukan sebagai salah satu langkah mencegah tindakan kejahatan. Laman Women Against Crime menyebut mereka para pelaku kejahatan bisa dengan mudah menyusup ke dalam mobil. Kuncilah pintu sesaat Anda masuk ke dalam mobil barulah kemudian Anda bisa melakukan kegiatan lain seperti menaruh tas di tempat yang aman. 

Mengunci pintu merupakan langkah sederhana namun bisa menyelamatkan nyawa dan kendaraan Anda. 

2. Selalu Cek Bagian Belakang

menyetir sendiri

Selalu waspada dengan keadaan sekitar

Ini penting dilakukan bagi wanita saat berkendara sendiri. Bahkan saat berkendara siang hari sekalipun biasakan untuk melihat serta mengecek kondisi belakang mobil. Penjahat ini mungkin saja bersembunyi dan menunggu waktu yang tepat dalam beraksi. 

Bila Anda merasakan ada yang tak beres, segeralah cari tempat ramai seperti pom bensin dan bisa mengeceknya langsung. Sekalipun ada penjahat di situ, Anda bisa mendapat bantuan dari banyak orang. 

>>> 5 Pilihan Mobil untuk Wanita Aktif

3. Siapkan Nomor Darurat

Bila mobil Anda mengalami mogok di pinggir jalan, pastikan Anda sudah memiliki nomor telepon bantuan seperti polisi, anggota keluarga, ataupun teman yang dekat dengan daerah sekitar. Tak sedikit kaum pria yang menawarkan bantuannya terlebih mengetahui bahwa wanita berkendara sendiri dan tidak mengetahui daerah sekitar. Tetapi perlu Anda perhatikan gelagatnya, jangan sampai ada udang di balik batu yang justru membahayakan nyawa Anda.

wanita berkendara

Carilah tempat pemberhentian yang ramai 

4. Abaikan Bila Ada Orang yang Tak Dikenal

Bagi Anda wanita yang berkendara sendiri, sebaiknya abaikan bila ada orang iseng. Bisa jadi mereka iseng namun ada niat jahat di belakangnya. Misalnya yang marak terjadi adalah seseorang berpura-pura memberi tahu bahwa ban Anda kempis. Nantinya bila Anda berhenti maka mereka akan melancarkan aksinya. 

Ada baiknya jika Anda berkendara sendiri tak perlu menghiraukan yang seperti itu. Atau kalau memang ragu, carilah tempat pemberhentian yang ramai agar bisa meminta bantuan orang sekitar. Kalaupun masih ragu, carilah kantor polisi terdekat. 

>>> Cara Mengatasi Mobil Mogok untuk Wanita

5. Hati-hati Memilih Tempat Parkir

Bila Anda sudah mencapai tempat tujuan, sebaiknya tetap berhati-hati memilih tempat memarkir mobil. Agar tetap aman, hindari tempat yang gelap dan sepi. Carilah tempat yang terang dan cenderung ramai. 

Bagi wanita saat berkendara sendiri harusnya tak menjadi momen yang menakutkan. Memang bahaya bisa mengintai dimana saja, namun Anda bisa menghindarinya. 

>>> Mana yang Lebih Jago Nyetir, Pengemudi Wanita atau Pria?

Penulis
Berpengalaman sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di media mainstream ternama di Indonesia, Dina juga pernah menguji beragam jenis mobil dan mengunjungi pameran otomotif dunia. Saat ini Ia dipercaya sebagai Editor redaksi Cintamobil sejak awal 2020
 
back to top