5 Hal yang Harus Diketahui Ketika Wanita Nyetir Mobil Sendiri Pertama Kali

05/06/2019
Wanita nyetir mobil sendiri saat ini bukan jadi pemandangan aneh. Namun kaum hawa wajib mengetahui beberapa hal pada kendaraan yang ia kemudikan. Tujuannya agar tidak menimbulkan kerepotan saat di perjalanan.

Bagi pengemudi wanita, terkadang banyak yang menganggap remeh kemampuan berkendaranya. Padahal, kemampuan berkendara bukan dilihat dari gender, melainkan kecakapan seseorang dalam mengendalikan kendaraan.

>>> 5 Jenis Fashion Wanita yang Membahayakan Saat Mengemudi

Nah jika para wanita nyetir mobil sendiri, sebaiknya perlu memahami sejumlah hal dasar yang ada pada sebuah kendaraan yang sedang ia kemudikan. Apa saja hal itu? Simak tipsnya berikut ini.

1. Buka Tangki BBM

Tangki BBM terbuka

Perhatikan posisi tangki BBM dan tuas pembukanya

Hal kecil yang sering luput dari perhatian pengemudi adalah mengetahui dimana posisi tangki bahan bakar minyak (BBM) pada mobil tersebut. Apakah sebelah kiri atau sebelah kanan. Kemudian dimana letak knop pembuka tangkinya. Untuk itulah sebaiknya perhatikan dahulu posisi-posisi ini agar tidak repot saat harus mengisi BBM diperjalanan.

>>> Temukan promo mobil baru menarik disini

2. Cek Tekanan Ban

Cek tekanan angin ban mobil

Pastikan tekanan ban sesuai rekomendasi pabrik

Wanita nyetir mobil sendiri adalah hal yang lumrah. Namun sama seperti pengemudi lain, sebaiknya sebelum berkendara juga cek tekanan angin pada ban mobil tersebut. Tekanan angin ban dapat diukur menggunakan alat pengukur tekanan angin, kemudian pastikan tekanan angin sama dengan yang direkomendasikan pabrikan mobil.

3. Ganti Ban Serep

Mengganti ban mobil

Pemahaman ganti ban sendiri dibutuhkan setiap pengemudi

Masih seputar ban, para pengemudi wanita juga sebaiknya mengetahui posisi ban serep di mobil tersebut sekaligus cara untuk mengganti ban cadangan. Kalau-kalau dijalan Anda harus mengganti ban sendiri jika ada salah satu ban yang pecah atau kempis.

>>> Dapatkan tips mengemudi lainnya hanya di sini

4. Buka Kap Mesin

Wanita buka kap mesin mobil

Wanita harus tahu cara buka tutup kap mesin

Bisa nyetir mobil tapi tidak tahu cara buka kap mesin? Jangan sampai terjadi ya! Karena itu perhatikan tuas pembuka kap mesin di mobil Anda sebelum berkendara.

>>> Temukan listing mobil bekas terlengkap dan terbaik disini

5. Lampu Hazard

Lampu hazard di mobil

Gunakan lampu hazard saat keadaan darurat

Lampu hazard dibutuhkan saat kendaraan mengalami masalah darurat di perjalanan. Wanita nyetir mobil sendiri wajib memahami fungsi lampu ini. Jika Anda mengalami pecah ban atau mogok di perjalanan, maka sebaiknya lampu hazard diaktifkan. Lampu ini biasanya berada di tengah-tengah dasbor dan ditandai dengan logo berupa segitiga merah dengan tombol yang juga merah.

>>> Temukan berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya di sini

Prasetyo Adhi

Ulasan anda

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?
0

berita lain