5 Fitur Keselamatan Yang Harus Dimiliki Setiap Mobil

05/05/2018

Pengemudian
Share this post:
5 Fitur Keselamatan Yang Harus Dimiliki Setiap Mobil
Sebelum membeli mobil baru, baiknya anda juga memperhatikan fitur keselamatan yang disematkan pada mobil yang ingin dibeli. Fitur keselamatan wajib dimiliki oleh suatu mobil karena akan berguna untuk menjaga keselamatan anda ketika berkendara.

Mengingat sudah banyak sekali kejadian akibat kelalaian baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja, maka mobil saat ini selalu dibekali dengan fitur keselamatan yang begitu canggih sehingga paling tidak mampu mengurangi resiko akibat kelalaian dalam mengemudi. Cintamobil.com akan menjabarkan 5 fitur keselamatan yang harus dimiliki setiap mobil agar keselamatan pengemudi dan penumpang terjamin.

1. Airbag

gambar fitur airbag pada mobil toyota

Fitur airbag pada mobil Toyota

Airbag merupakan kantung udara yang akan mengembang setelah sistem pada mobil mendeteksi adanya benturan yang dialami mobil. Kantung udara airbag ini akan mengembang dengan sangat cepat ketika terdeteksi adanya benturan, sehingga dapat melindungi pengemudi mobil dari benturan pada kepala dan akan mengempis setelah beberapa detik. Beberapa mobil memiliki fitur airbag yang begitu lengkap dipasang hingga ke bagian penumpang belakang.

>>> Untuk melihat tips dan trik bagi mobil anda bisa dilihat disini

2. Seat belt

gambar seat belt mobil yang sudah terpasang

Fitur seat belt pada mobil yang sudah terpasang

Seat belt merupakan sabuk pengaman pada sebuah mobil yang berfungsi untuk melindungi pengemudi maupun penumpang dari benturan atau terpental ke luar mobil. Semua mobil pasti memiliki fitur keselamatan yang satu ini.

>>> Untuk melihat tips dan trik ketika mengemudi bisa dilihat disini

3. Electronic Stability Control

gambar penjelasan fitur electronic stability control

Fitur Electric Stability Control pada sebuah mobil

ESC atau Electronic Stability Control atau terkadang disebut dengan VSC (Vehicle Stability Control) merupakan fitur keselamatan pada mobil yang membantu pengemudi agar tidak mudah kehilangan kontrol mobil ketika ban pada roda mobil kehilangan traksi yang dapat menyebabkan terjadinya understeer atau oversteer. ESC bekerja dengan cara mengecek bagian ban yang mengalami kehilangan traksi, kemudian secara otomatis akan menambah daya cengkeram rem pada roda yang diperlukan untuk tetap menjaga kestabilan mobil.

>>> Perbedaan Oversteer dan Understeer dapat dilihat disini

4. ABS, EBD, dan BA

gambar penjelasan fitur antilock brake system dan electronic brake distribution

Fitur ABS dan EBD pada sebuah mobil

ABS atau Anti-Lock Braking System merupakan fitur pengereman yang berfungsi untuk menghindari terjadinya roda terkunci saat rem diinjak dengan keras dan mendadak. Sistem ABS bekerja dengan melepas sedikit tekanan pada piston rem dan akan mengeras kembali ketika roda kembali berputar. EBD atau Electronic Brake Distribution merupakan fitur pengereman yang dapat mengatur secara otomatis distribusi atau penyebaran tekanan rem hidrolik pada masing-masing roda mobil sesuai kebutuhan berdasarkan tingkat beban dan kecepatan yang dipikul masing-masing roda. Fitur EBD biasanya dikombinasikan dengan fitur ABS. BA atau Brake Assist merupakan fitur pengereman yang akan membantu menambah daya tekan rem secara otomatis untuk membantu mendapatkan tekanan pengereman yang maksimal dalam kondisi darurat. BA akan mendeteksi adanya pengereman darurat dengan menganalisa kecepatan perpindahan injak dari pedal gas ke pedal rem yang akan dinilai sebagai pengereman darurat sehingga sistem secara otomatis akan menambah daya pengereman untuk memperpendek jarak. Sama seperti EBD, fitur BA juga biasanya dikombinasikan dengan ABS dan EBD tetapi hanya pada kelas mobil tertentu yang mendapatkan kombinasi ini.

>>> Cara mengerem dalan jarak sedekat mungkin dengan ABS bisa dilihat disini

5. Hill Start Assist

gambar fitur hill start assist pada sebuah mobil

Fitur Hill Start Assist pada sebuah mobil

HSA atau Hill Start Assist merupakan fitur pengereman yang sangat berguna ketika sedang berada di jalanan yang menanjak dimana HSA akan menahan mobil anda agar tidak mundur ke belakang ketika melepas pedal rem. HSA bekerja dengan mengecek kemiringan bodi mobil dan sensor akan memerintahkan untuk menahan pedal rem ketika dilepas untuk sesaat sehingga pengemudi tidak perlu takut mobil ketika akan berpindah kaki dari pedal rem ke pedal gas.

>>> Untuk melihat review mobil lengkap dengan spesifikasinya bisa dilihat disini

Share this post:
 
back to top