5 Fitur Keselamatan Aktif yang Bisa Anda Temukan Pada Mobil High-End

25/10/2018

Pengemudian
Share this post:
5 Fitur Keselamatan Aktif yang Bisa Anda Temukan Pada Mobil High-End
Saat mengendarai mobil, keselamatan harus selalu menjadi prioritas. Dengan teknologi modern saat ini, lebih mudah dari sebelumnya untuk tetap aman di jalan. Lalu, fitur keselamatan aktif mana saja yang akan hadir menemani perjalanan Anda?

Tidak hanya pembaruan keamanan berteknologi tinggi yang keren untuk digunakan, tetapi pembaruan fitur keselamatan aktif menjadi pembeda hidup dan mati dalam tabrakan atau situasi berbahaya lainnya. Berikut ini lima sistem keselamatan yang harus dicari saat berbelanja mobil baru.

1. Bantuan Parkir

Jika Anda benci parkir paralel, maka fitur ini cocok untuk Anda. Dengan menggunakan kamera dan sensor lain untuk membantu Anda parkir paralel, bantuan parkir (atau lebih dikenal dengan Parking Assist) dapat mengambil alih pekerjaan dan menghilangkan stres ketika sibuk memasukan mobil ke tempat parkir.

Dapatkan kemudahan parkir paralel dengan Active Parking Assist S-Class

Fitur yang mudah dan dapat diaktifkan hanya dengan menekan satu tombol. Fitur ini menjadi semakin umum dan seharusnya bisa dengan mudah ditemukan pada range mobil mid-end hingga high-end saat ini. Bahkan beberapa mobil yang lebih kecil juga memiliki fitur ini.

>>> Tangguh Dan Bisa Muat Banyak Penumpang, Berikut Pilihan Mobil Bekas SUV 7 Penumpang

2. Kamera belakang

Memundurkan mobil bisa menjadi proses yang menegangkan. Tetapi kamera belakang bisa menjadi cara yang bagus untuk membuatnya lebih aman. Anda mungkin telah melihat kamera ini beraksi. Karena kamera belakang atau kamera parkir semakin umum ditemukan sebagai fitur keamanan standar pada kendaraan yang lebih baru.

Ini dia apa yang ada di balik kamera belakang

Kamera belakang tidak hanya mampu menghindari mobil menabrak trotoar di belakang dan menghindari kerusakan pada mobil, tetapi juga membantu Anda memverifikasi tidak ada seorangpun di belakang ketika Anda sedang menggunakan gigi mundur. Banyak kamera belakang yang akan mengeluarkan bunyi 'bip' apabila merasakan objek yang menghalangi kendaraan.

>>> Temukan informasi seputar teknologi otomotif terlengkap disini

3. Lane Change Assist

Sering disebut juga blind spot detection, Lane Change Assist dapat menjadi salah satu fitur keamanan baru yang paling dicari pengemudi saat ini. Mendapatkan mobil dengan fitur ini akan mempermudah Anda dalam memindahkan jalur tanpa harus takut ada mobil atau sepeda motor yang luput dari pandangan Anda melalui spion samping.

Fitur Active Lane Change Assist dari Mercedes A-Class

Namun tetap saja, pengemudi diharuskan memeriksa bagian samping sebelum mengganti jalur. Pada kebanyakan model dengan fitur ini, jika ada mobil atau objek lain di blind spot Anda, maka sistem akan mengeluarkan peringatan dalam bentuk cahaya pada spion Anda.

>>> Spesifikasi Mercedes-Benz A 250 AMG 2015: Varian Termahal A-Class

4. Head-Up Display

Mungkin tampak seperti berada dalam film fiksi ilmiah, tetapi perangkat lunak pengenal wajah adalah teknologi baru yang bisa Anda temukan pada mobil modern. Penambahan teknologi ini dapat membantu Anda untuk tetap fokus di jalan dengan mendeteksi wajah serta mata pengemudi.

Tampilan beda dari Head-Up Display Mini Countryman

Sistem akan berbunyi ketika pengemudi terlihat tidak fokus atau tidak memperhatikan jalan. Pada model tertentu, Head Up Display dapat memiliki fitur tampilan untuk memberikan informasi selama berkendara, mulai dari speedometer hingga penunjuk arah yang bisa dilihat pada Mini Countryman yang baru dirilis BMW beberapa waktu lalu.

>>> Intip daftar harga yang ditawarkan oleh Cintamobil.com hanya di sini

5. Sabuk Pengaman Tiup

Dengan potensi untuk menawarkan manfaat penyelamatan yang sama seperti airbang, sabuk pengaman tiup (atau dengan nama keren Inflatable Airbag) akan membantu mendistribusikan kekuatan atau benturan yang terjadi selama kecelakaan. Hal ini akan membantu mencegah cedera dan membuat Anda beserta penumpang jauh lebih aman.

Intip cara kerja Inflatable Rear Seatbelt dari Ford dalam gerak lambat

Jika terjadi kecelakaan, sabuk pengaman akan cepat mengembang untuk memberikan pengemudi serta penumpang lapisan keamanan lain. Meskipun tidak tersedia pada semua model mobil, fitur ini jelas menjadi titik jual yang harus Anda pertimbangkan.

Seperti namanya, fitur keselamatan aktif merupakan teknologi yang dikembangkan untuk memberikan perlindungan kepada pengemudi selama berkendara. Fitur keselamatan bisa menjadi perhatian utama untuk saat memilih kendaraan. Dengan semua kemajuan baru, Anda bisa menemukan berbagai macam merek dan model yang menawarkan standar keamanan tinggi.

>>> Perhatikan rangkuman tips dan trik otomotif lainnya hanya di Cintamobil

Share this post:
Penulis
Pria asal Minang ini menjadi salah satu tim pelopor eksistensi Cintamobil.com di Indonesia dan bergabung sejak 2017. Dengan bekal ilmu SEO yang mumpuni, Padli menjadi salah satu spesialis SEO di Cintamobil.com.
 
back to top