5 Destinasi Wisata Lokal di Semarang, Cocok Buat Isi Libur Lebaran

04/05/2021

Pengemudian

3 menit

Anda yang tinggal di Semarang tak bisa keluar kota di masa larangan mudik, jangan kecil hati. Ini 5 destinasi wisata lokal di Semarang yang bisa Anda kunjungi.

Mudik lebaran tahun ini resmi ditiadakan mulai 6-17 Mei 2021. Bahkan untuk perjalanan ke luar kota juga dibatasi guna mencegah penyebaran Covid-19. Sebagai gantinya pemerintah menyarankan warga berlebaran di rumah bersama keluarga. Atau berlibur ke destinasi wisata lokal yang dekat dan tidak perlu keluar kota. Tentu saja dengan protokol kesehatan ketat.

Nah, buat Anda yang tinggal di Kota/Kabupaten Semarang, Anda tidak perlu keluar kota buat berwisata. Ada banyak destinasi wisata lokal di Kota Semarang maupun di Kabupaten yang sangat recommended untuk Anda kunjungi. Dari wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, wisata keluarga, hingga wisata kuliner.

Berikut 5 destinasi wisata lokal di Semarang yang bisa Anda kunjungi di masa larangan mudik lebaran

1. Museum Lawang Sewu

Foto Museum Lawang Sewu Semarang

Lawang Sewu Semarang, penuh dengan kisah mistis

Dikenal sebagai Lawang Sewu atau Pintu Seribu karena banyaknya pintu dan jendela yang ada. Bangunan peninggalan kolonial Belanda ini menyimpan banyak kisah mistik. Meski demikian hal itu menjadi daya tarik tersendiri, Lawang Sewu kini menjadi destinasi wisata ikonik dan sangat populer di Kota Semarang.

Lokasinya mudah dijangkau karena tepat berada bundaran Tugu Muda. Anda bisa mengunjunginya setiap hari, museum ini buka dari jam 07.00 WIB hingga 21.00 WIB. Adapun tiket hanya Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak atau pelajar.

>>> Siap Wisata Lokal? Jangan Lupa Cek Bagian Kendaraan

2. Klenteng Sam Poo Kong

Foto Klenteng Sam Poo Kong Semarang

Klenteng Sam Poo Kong, petilasan Laksamana Cheng Ho di Semarang

Klenteng Sam Poo Kong, klenteng terbesar di Kota Semarang ini dibangun sebagai petilasan Laksamana Zheng He (Cheng Ho) yang singgah di Semarang karena juru mudi armadanya sakit keras. Sekarang tempat ini dijadikan tempat peringatan dan pemujaan atau bersembahyang serta tempat untuk berziarah.

Klenteng Sam Poo Kong beralamat di Jl. Simongan No.129, Bongsari, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di salah satu jalan utama Kota Semarang di pertigaan Gedung Batu Simongan. Anda bisa mengunjunginya setiap hari, kelenteng ini buka dari jam 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. Adapun tiket hanya Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 20.000 untuk anak-anak atau pelajar.

3. Masjid Agung Jawa Tengah

Foto bagian depan Masjid Agung Jawa Tengah di Semarang

Masjid Agung Jawa Tengah, bagi yang suka wisata religi

Masjid Agung Jawa Tengah dibuka tahun 2006 dan langsung menjadi tempat wisata baru di Kota Semarang. Masjid besar ini mengkombinasikan budaya lokal dengan keindahan ala Romawi. Terlihat dari pilar-pilar bergaya koloseum Athena di Romawi berhias kaligrafi-kaligrafi indah, menyimbolkan 25 Nabi dan Rasul, di gerbang ditulis dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertulis huruf Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti“.

Terdapat menari Asmaul Husna setinggi 99 meter di halaman masjid. Dari lantai tertinggi atau lantai 19 Anda bisa melihat pemandangan seantero Semarang, termasuk juga pelabuhan Tanjung Mas yang berlatar belakang Laut Jawa.

Masjid Agung Jawa Tengah beralamat di Jl. Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari, Kota Semarang. Anda bisa mengunjunginya setiap hari, masjid ini buka dari jam 04.00 WIB hingga 21.00 WIB. Tiket masuk menara Asmaul Husna hanya Rp 10.000

4. Saloka Theme Park

Foto Saloka Theme Park - Tuntang Kabupaten Semarang

Saloka Theme Park, lokasinya mudah dijangkau

Saloka Theme Park, salah satu destinasi wisata lokal di Kabupaten Semarang ini hadir dengan konsep kearifan lokal. Ada 25 wahana tersedia yang terbagi dalam 5 zona permainan, yaitu zona Pesisir, zona Balalantar, zona Kamayayi, zona Ararya, dan zona Segara Prada.

Selain itu terdapat juga pertunjukan Baru Klinthing, beragam pilihan restoran, café, dan foodtruck yang menawarkan berbagai makanan-minuman yang memanjakan lidah untuk bersantai.

Saloka Theme Park beralamat di Jalan Fatmawati, Lopait Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang. Anda bisa mengunjunginya setiap hari, tempat wisata ini buka dari jam 10.00 WIB hingga 17.00 WIB. Adapun tiket masuk Rp 30.000 untuk weekdays dan Rp 50.000 untuk weekends/hari libur. Kalau ingin sekali bayar, Anda bisa pilih tiket terusan sebesar Rp 120.000 untuk weekdays dan Rp 150.000 untuk weekends/hari libur.

>>> Tol Semarang-Batang, Jalan Tol Dengan 40 Jembatan

5. Dusun Semilir Eco Park

Foto Wisata Dusun Semilir Kabupaten Semarang

Dusun Semilir Eco Park destinasi wisata keluarga terlengkap

Dusun Semilir Eco Park salah satu destinasi terbaik untuk wisata keluarga dan sangat instagramable. Lokasinya di Jalan Soekarno - Hatta, Desa Ngemple, Kecamatan Bawen, Kabupaten Semarang. Sebelum pertigaan Bawen jika ditempuh dari arah Semarang dan setelahnya jika dari arah Jogja/Solo. Tempatnya mudah dikenali dari bangunan depannya yang menyerupai stupa Candi Borobudur berukuran sangat besar.

Dusun Semilir menawarkan empat destinasi utama, yaitu belanja, wahana, spot selfie, dan kuliner. Anda bisa mengunjunginya setiap hari, tempat wisata baru ini buka buka dari jam 09.30-19.00 WIB untuk hari Senin-Jum’at. Sedangkan untuk Sabtu-Minggu / Libur Nasional buka dari jam 09.00-19.00 WIB. Untuk tiket masuk reguler hanya Rp 20.000 untuk hari Senin-Jum’at dan Rp 30.000 untuk| Sabtu-Minggu / Libur Nasional

Selain 5 destinasi di atas, masih banyak destinasi wisata lokal di Semarang yang bisa Anda kunjungi. Seperti Brown Canyon, Pantai Marina, Gereja Blenduk, Masjid Kapal, dan Semarang Gallery. Anda juga bisa mengunjungi lokasi wisata Candi Gedong Songo dan Umbul Sidomukti di Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang, serta Museum Kereta Api Ambarawa, Rawa Pening dan Kampoeng Rawa di Kecamatan Ambarawa.

>>> Refreshing Masa Mudik, Ini 3 Destinasi Wisata Kabupaten Semarang Paling Ngetop

Foto Candi Gedong Songo Kabupaten Semarang

Candi Gedong Songo, destinasi wisata paling ikonik di Kabupaten Semarang

>>> Tinggal di Semarang, temukan mobil pilihanmu di sini!

Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.

 
back to top