5 Cara Agar Toyota Avanza Irit BBM, Bisa Dicoba Nih!

17/10/2021

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Keiritan BBM menjadi andalan Toyota Avanza di Indonesia. Tapi ternyata ada lho cara agar Avanza irit BBM lebih banyak. Yuk disimak biar dipraktikan sendiri!

Mobil yang irit BBM pastinya punya daya tarik tersendiri. Apalagi kalau untuk dijual di Indonesia. Keiritan itulah yang menjadi daya pikat bagi Toyota Avanza. Faktor irit itu pula yang menjadikan Avanza masih laris meski sudah berumur belasan tahun. Tapi jangan salah, Avanza yang sudah irit itu bisa lebih hemat lagi dari sisi penggunaan bahan bakar asalkan tahu triknya. Nah berikut ini cara agar Avanza irit BBM seperti dikutip laman Auto2000. 

>>> Toyota Avanza 2022 Jadi FWD, Simak Kelebihan Kekurangan Mobil FWD

1. Pastikan Tekanan Udara Ban Sesuai

Mengecek tekanan udara ban memang terlihat sepele. Pada kenyataannya kegiatan ini kerap diabaikan oleh para pengendara. Padahal, tekanan udara pada ban memiliki pengaruh besar terhadap konsumsi bahan bakar. Bila tekanan udara kurang dari standarnya, ban akan semakin berat menopang beban mobil. Belum lagi kalau mobil diisi muatan penuh. Walhasil kinerja mesin akan lebih berat dan membutuhkan konsumsi bahan bakar lebih banyak. Nah memeriksa tekanan ban secara rutin ini merupakan salah satu cara agar Avanza irit BBM. 

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak Coakan pelek Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Pastikan tekanan ban sesuai dengan anjuran pabrikan

2. Tak Perlu Tergesa-gesa

Sebisa mungkin rencanakan waktu perjalanan Anda. Rencanakan waktu di sini maksudnya, Anda bisa mengatur waktu berangkat sekaligus memilih rute yang bisa menghindari kemacetan. Ini untuk menghindari agar Anda tak tergesa-gesa saat di jalan dan berujung dengan perilaku berkendara seenaknya. 

Anda bisa memanfaatkan peta digital untuk membantu mencari rute terbaik menuju tempat tujuan dan yang terhindar dari macet. Dengan begitu penggunaan bahan bakar bisa jadi lebih irit. 

Jangan lupa pula untuk mempersiapkan hal lain sebelum mobil dibawa jalan. Pastikan segala keperluan, seperti kartu etoll, dompet, ponsel, dan mengatur playlist audio, sudah dipersiapkan. Membiarkan mobil idle dalam waktu lama jelas menghabiskan bensin sia-sia.

tata cara berkendara dengan mobil perlu diperhatikan

Tak perlu terburu-buru saat menyetir

Berkendaralah dengan santai dan halus saat menginjak pedal gas dan biarkan mobil melaju dengan memanfaatkan momentum. Atur jarak yang pas dengan mobil di depan sehingga tidak perlu tergesa-gesa menginjak pedal gas atau pedal rem. Segera matikan mesin saat berhenti lama, seperti di mini market atau rest area jalan tol. Terlihat sepele, tapi kalau diakumulasi akan terasa keuntungannya. 

>>> Mau Beli Toyota Avanza Bekas? Simak Tipsnya Biar Nggak Rugi

3. Ganti Gigi di Waktu yang Tepat 

Tampak prosesi Pindah gigi di Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Gantilah gigi di waktu yang tepat

Bila Anda berkendara Avanza manual, pindahkan gigi transmisi di putaran mesin 2.000 rpm lebih sedikit. Di putaran ini biasanya mobil sudah mendapatkan gaya dorong yang cukup. Saat mengurangi laju mobil, tidak perlu terlalu cepat menurunkan posisi gigi transmisi. Biarkan sampai terasa nyaris habis tenaganya, baru oper ke gigi lebih rendah. Kecuali dalam situasi tertentu seperti waktu menanjak atau ingin menyalip kendaraan lain.

Sedangkan bila mobil yang dikendarai adalah Avanza matic, maka Anda tak perlu menekan gas dalam-dalam. Menekan gas dalam-dalam membuat gigi berpindah di putaran lebih tinggi yang menyebabkan konsumsi bahan bakar bisa lebih boros. 

4. Manfaatkan Fitur Eco Indicator

Fitur Eco Indicator pada Toyota Avanza bukan sekadar hiasan. Fitur ini bisa Anda manfaatkan dengan cara mengatur injakan pedal secara bijaksana.  Kalau berhasil berkendara irit bensin, maka lampu indikator berwarna hijau akan muncul di panel instrumen. Jika sukses membuat ECO Indicator selalu menyala, berarti gaya mengemudi Anda masuk dalam level eco driving.

Review Dan Test Drive Toyota Avanza 1.5 G MT 2019: Tampak Panel spidometer Toyota Avanza 1.5 G MT 2019

Eco indicator bisa dilihat pada panel instrumen

5. Servis Berkala Secara Rutin

Supaya komponen pada mobil bisa berfungsi secara optimal, lakukanlah servis secara rutin. Kondisi komponen yang baik tentu akan berperan terhadap penghematan penggunaan bahan bakar. 

>>> Ciri Oli Gardan Mobil Avanza Harus Ganti dan Begini Cara Gantinya!

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top