5 Barang Wajib di Mobil Saat Musim Hujan

26/10/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
5 Barang Wajib di Mobil Saat Musim Hujan
Musim hujan sudah tiba nih, yuk siapkan 5 barang wajib di mobil berikut ini supaya Anda tetap bisa beraktifitas dengan aman dan nyaman selama musim hujan.

Beberapa hari belakangan ini sejumlah wilayah di Indonesia seperti di Jakarta hampir setiap hari diguyur hujan. Bahkan hujan yang turun tak jarang dengan intensitas sedang hingga lebat. Tapi tentunya kondisi ini jangan lantas menghambat aktifitas Anda ya. Karena meskipun musim hujan sudah tiba, semua aktifitas harus tetap berjalan normal.

Nah kalau Anda menggunakan mobil pribadi selama beraktiftas di musim penghujan, jangan lupakan barang wajib di mobil berikut ini yang harus selalu disiapkan sebelum berpergian ya.

>>> Hati-Hati, BMKG Ingatkan Potensi Curah Hujan Tinggi di Jabodetabek

Musim Hujan Saatnya Siapkan Perlengkapan Tambahan

Musim hujan tentunya akan mengubah sedikit kebiasaan kita saat beraktifitas. Barang-barang yang sebelumnya dikeluarkan dari dalam mobil karena dianggap tidak pernah dipakai, maka harus dicek kembali satu persatu. Pasalnya beberapa barang itu akan diperlukan saat musim hujan datang.

Lalu apa saja barang wajib di mobil yang perlu disiapkan ketika musim hujan sudah tiba? Berikut 5 diantaranya yang dikutip dari laman Toyota Indonesia:

1. Payung

Payung di Mobil

Sediakan setidaknya 2 payung di dalam mobil

Sering kali benda yang satu ini diturunkan dari dalam mobil ketika musim kemarau. Tapi kini saatnya Anda mengecek bagasi atau kabin belakang, apakah sudah meletakkan payung disana. Kalau belum ada, simpanlah minimal 2 buah payung, satu untuk Anda saat hendak keluar mobil ketika hujan turun, satu lagi disiapkan jika Anda tengah berpergian bersama orang lain.

2. Sandal Plastik atau Karet

Sepatu di Mobil

Lepaskan dulu sepatu dan ganti sandal jika lokasi saat itu tergenang air

Ketika hujan datang, biasanya di beberapa wilayah akan timbul genangan air. Lalu bagaimana jika saat itu di lokasi tujuan Anda beraktifitas terdapat genangan air. Solusinya adalah menggunakan sandal plastik atau karet ketika hendak turun dari mobil. Sandal ini kemudian bisa dicopot untuk Anda ganti dengan sepatu. Jadi sepatu Anda bisa tetap aman dan tidak kebasahan deh. Jadi, sedia selalu sandal jepit berbahan plastik atau karet di mobil ketika sudah musim hujan ya. Tapi ingat, sandalnya hanya dipakai saat hendak kelaur atau masuk mobil. Jangan nyetir menggunakan sandal karena itu berbahaya bagi keselamatan!

>>> Ini Alasannya Nyetir Pakai Sandal Jepit Berbahaya

3. Pakaian Ganti

Pakaian di Mobil

Tak perlu sebanyak ini, cukup siapkan 2 pasang pakaian ganti

Barang wajib di mobil lainnya yang perlu disiapkan ketika musm penghujan sudah tiba adalah pakaian ganti. Sebagian orang mungkin berpikir terlalu repot kalau harus membawa 1-2 pasang pakaian ganti setiap berpergian. Padahal pakaian ini perlu jika ketika berpergian baju yang Anda kenakan basah akibat terkena air hujan. Daripada kedinginan sepanjang perjalanan yang pada akhirnya malah membuat Anda sakit, lebih baik siapkan pakaian ganti di bagasi mobil bukan?!

4. Air Minum dan Makanan Ringan

Air Mineral di Mobil

Siapkan air mineral selama perjalanan

Datangnya hujan tak jarang menimbulkan kemacetan panjang, umumnya terjadi di kota-kota besar seperti Jakarta. Kalau sudah kondisinya seperti ini, tentu makanan ringan dan air minum bisa jadi penolong kelaparan di tengah kemacetan. Tapi sebaiknya pilih air mineral untuk dikonsumsi ya supaya Anda tetap sehat. Dan pilihlah kudapan yang tidak mudah menimbulkan sisa-sisa makanan yang malah berpotensi mengundang serangga bersarang di mobil Anda.

>>> Review Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid AT 2020: Hybrid Paling Menggoda Untuk Keluarga

5. Charger Ponsel

Charger Ponsel di Mobil

Sebaiknya gunakan slot charger USB atau skoket lighter

Karena kondisi macet akibat sejumlah ruas jalan tergenang air selama musim hujan, maka tentu perjalanan Anda ke suatu tujuan jadi lebih lama dari biasanya. Karena itu sebaiknya barang wajib di mobil yang jangan sampai terlupa adalah charger ponsel lengkap baik kabel maupun charger ke soket lighter. Dengan begini ponsel Anda bisa tetap aktif untuk menggunakan navigasi digital demi mendapat rute jalan alternatif. Dan sebaiknya gunakan soket lighter atau slot USB di mobil Anda untuk mengisi ulan daya baterai ponsel daripada mengkoneksikan ke slot USB dari head unit.

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top