4 Tips Istirahat Aman di Rest Area Jalan Tol

23/04/2021

Pengemudian

3 menit

4 Tips Istirahat Aman di Rest Area Jalan Tol
Sudah ada CCTV maupun petugas keamanan, Anda tetap harus berhati-hati dan waspada karena tindak kejahatan masih mungkin terjadi. Berikut tips istirahat aman di rest area jalan tol.

Beristirahat saat di perjalanan menjadi sesuatu yang penting. Terutama karena berkendara jarak jauh bisa sangat menguras tenaga bagi pengemudi maupun penumpang. Dan perlu diperhatikan, meski banyak tempat bisa digunakan untuk berhenti, pengendara wajib memastikan tempat istirahat aman. Di rest area jalan tol pun demikian, meski ada kamera pengawas dan petugas keamanan pengendara harus memastikan sisi keamanan dan keselamatannya sendiri dengan baik.

Tips istirahat aman di rest area

Rest area menjadi satu-satunya tempat singgah bagi pengguna jalan tol. Selain sebagai tempat istirahat, di tempat ini tersedia berbagai macam pelayanan. Ada lapak makanan dan minuman, toilet, kamar mandi dan tempat ibadah, ATM, minimarket, SPBU serta beragam pendukung kenyamanan yang lain.

>>> Alasan Pengendara Harus Mampir di Rest Area Jalan Tol

Foto menunjukkan suasana di Rest Area 360B

Rest area menjadi destinasi wisata baru pengguna jalan tol

Untuk keamanan, rest area dilengkapi sejumlah CCTV yang beroperasi 24 jam dan petugas keamanan. Namun tentu pengendara tetap harus berhati-hati karena tindak kejahatan bisa terjadi saat pengendara sedang beristirahat atau meninggalkan kendaraan.

Berikut tips istirahat aman saat di rest area jalan tol sebagaimana dibagikan Jasa Marga lewat akun Instagram @official.jasamarga

1. Jangan tinggalkan barang berharga di dalam kendaraan

Apapun macamnya lebih baik tidak meninggalkan barang-barang berharga di dalam kendaraan. Misalnya handphone, dompet, laptop, tas dokumen penting, dan yang lain. Jika tidak memungkinkan untuk dibawa, simpan barang-barang tersebut di tempat yang tidak terlihat seperti di bawah jok.

2. Pastikan pintu dan jendela kendaraan sudah tertutup dan terkunci dengan sempurna

Sebelum meninggalkan kendaraan pastikan seluruh pintu dan jendela tertutup sempurna dan terkunci. Tekan tombol lock pada remote kunci sampai terdengar bunyi tanda terkunci. Untuk mobil yang dilengkapi smart keyless tidak tidak perlu menekan tombol. Cukup memastikan pintu tertutup sempurna, maka akan terkunci secara otomatis setelah pengendara meninggalkan dalam jarak beberapa meter.

>>> 5 Trik Biar Perjalanan Liburan Tidak Bergantung Pada Rest Area

Foto suasana Resta Pendopo KM 456

Pastikan mobil terkunci sebelum ditinggalkan

3. Usahakan cari lokasi parkir yang cukup ramai

Kendaraan yang diparkir di tempat sepi atau sendirian jauh dari kendaraan yang lain lebih rawan diincar penjahat. So, sebaiknya kendaraan diparkir di tempat ramai oleh lalu lalang orang atau kendaraan lain.

4. Istirahat secukupnya, jangan tinggalkan kendaraan terlalu lama

Yang terakhir jangan meninggalkan kendaraan terlalu lama. Hal ini merangsang penjahat untuk melakukan aksinya karena situasi dianggap aman. Jika sudah cukup beristirahat sebaiknya segera melanjutkan perjalanan. Jangan lupa, pastikan BBM dan saldo uang elektronik masih mencukupi. Jika tidak, sebaiknya isi ulang sebelum mulai berkendara lagi.

Foto petunjuk Batas maksimal waktu istirahat di rest area

Beristirahat secukupnya dan segera melanjutkan perjalanan

>>> Megahnya Resta Pendopo KM 456, Rest Area Skybridge Pertama di Indonesia

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top