Prediksi Angin Kencang di Jabodetabek, Ini 4 Tips Berkendara Agar Selamat

08/03/2022

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Prediksi Angin Kencang di Jabodetabek, Ini 4 Tips Berkendara Agar Selamat
BMKG memperkirakan hujan deras serta angin kencang di Jabodetabek beberapa minggu ke depan. Untuk itu, simak 4 tips berkendara aman dalam kondisi ini dari kami.

Beberapa hari terakhir, hujan deras dan angin kencang di Jabodetabek mengakibatkan sejumlah pohon tumbang di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Kondisi ini tentu saja meningkatkan risiko berkendara.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi bahwa kondisi ini akan berlangsung hingga April 2022. Mereka menyebut bahwa angin ini disebabkan oleh pergerakan awan kumulonimbus dari arah Samudra Hindia bagian barat wilayah Banten yang bergerak menuju wilayah Jabodetabek.

Gambar Awan Kumulonimbus
Kondisi ini terjadi akibat pergerakan awan kumulonimbus di Samudra Hindia

BMKG pun mengimbau kepada masyarakat Jabodetabek untuk berhati-hati dan waspada. Karena itu, kami akan membagikan tips berkendara di tengah angin kencang di bawah ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkendara.

>>> 4 Tips Menghindari Pohon Tumbang Kala Berkendara saat Hujan

Tips Berkendara dalam Cuaca Ekstrem

Selain mengetahui kondisi cuaca daerah sekitar, hal yang terpenting adalah memahami teknik berkendara yang aman di tengah terpaan angin. Perlu diketahui, terpaan angin yang kencang dapat membuat mobil kehilangan keseimbangan.

Risiko berkendara jadi semakin tinggi saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Hembusan angin tersebut berpotensi membuat kendaraan tergelincir keluar jalur. Karenanya, perlu kewaspadaan tinggi dan berhati-hati. Berikut 4 tips berkendara agar aman dan selamat, sebagaimana dibagikan Jasa Marga.

1. Waspadai keadaan sekeliling

Gambar Pohon Tumbang
Waspadai objek sekeliling agar terhindar dari insiden seperti ini

Waspadai keadaan dan objek di sekeliling kendaraan. Jangan sampai lengah karena berbagai kemungkinan bisa terjadi. Misalnya laju kendaraan lain yang tidak stabil karena tertiup angin, atau mungkin banyak pepohonan yang dikhawatirkan tumbang.

2. Jaga keseimbangan dengan mengontrol kecepatan

Angin kencang bisa menimbulkan efek melayang bagi kendaraan yang tengah melaju. Semakin berbahaya jika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi. Untuk menghindari bahaya besar usahakan menjaga keseimbangan kendaraan. Caranya dengan menurunkan kecepatan hingga titik aman kendaraan melaju dengan stabil.

>>> Microsoft Ciptakan Teknologi Visibilitas Berkendara saat Berkabut

3. Turunkan kecepatan

Menurunkan kecepatan kendaraan menjadi cara paling penting untuk tetap aman di tengah terpaan angin kencang. Kendaraan bakal tetap stabil dan lebih terjaga dari keluar jalur.

4. Tetap tenang dan konsentrasi

Seperti saat cuaca normal, ketenangan dan konsentrasi sangat dibutuhkan. Tidak perlu panik, yang penting tetap berkendara yang baik sebagaimana cara di atas serta mematuhi aturan lalu lintas.

Gambar Berkendara di Cuaca Ekstrem
Tetap tenang saat berkendara di dalam cuaca ekstrem

Selain keempat tips di atas, ada baiknya Anda menghindari daerah-daerah dengan pepohonan serta papan reklame saat kondisi angin kencang yang disertai hujan deras. Beberapa hari terakhir, kasus mobil tertimpa pohon akibat angin kencang di Jabodetabek cukup sering terjadi.

Tempat memarkir mobil juga tidak bisa sembarangan. Jika tersedia, sebaiknya Anda memarkir kendaraan di dalam gedung parkir agar terhindari dari objek yang terjatuh karena terhempas angin.

>>> Temukan Mobil Bekas Incaran Anda di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com. Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas
 
back to top