4 Tips Bekerja di Dalam Mobil Pada Masa Social Distancing

20/05/2020

Pengemudian
Share this post:
4 Tips Bekerja di Dalam Mobil Pada Masa Social Distancing
Di tengah masa social distancing ini, Anda bisa menggunakan mobil sebagai kantor sementara. Berikut beberapa tips bekerja di dalam mobil agar lebih efeksif dan efisien.

Wabah Covid-19 membuat sebagian besar perkantoran ditutup dan banyak pekerja yang bekerja di rumah. Ketika Anda kesulitan bekerja di rumah, Anda bisa menggunakan mobil sebagai kantor sementara. Ketika diwawancara oleh CNN, Adam Stacey sebagai Insinyur Ergonomis di Nissan mengungkapkan cara terbaik bagi Anda yang ingin bekerja di dalam mobil.

1. Dapatkan posisi terbaik

Kendaraan memang didesain agar pengemudi dan penumpang bisa nyaman duduk dalam waktu lama. Tetapi Anda masih harus menyesuaikan posisi kursi untuk mendapatkan kenyaman lebih baik ketika bekerja. Stacey merekomendasikan pengaturan jok mobil sekitar 19 derajat, atau lebih tegak dibandingkan pada saat Anda mengemudi.

pengemudi wanita yang sedang duduk bersama laptop di dalam mobil
Dapatkan posisi duduk terbaik ketika bekerja

Selain posisi punggung, pastikan menyesuaikan bantalan jok untuk menopang paha lebih baik. Bagi Anda yang ingin bekerja di dalam mobil, beri ruang pada kursi pengemudi dengan setir untuk memaksimalkan ruang kaki.

>>> Ngabuburit #DiRumahAja Bolehkah Bersihkan Wiper Pakai Cairan Kimia?

2. Tetap bergerak

pengemudi laki-laki yang sedang menggunakan tablet pada mobil
Letakkan laptop dan tablet sejajar dengan mata Anda

Di mana pun Anda bekerja, Anda disarankan untuk tidak berada di dalam posisi yang sama terlalu lama. Tak terkecuali ketika duduk di dalam mobil. Anda bisa pindah dari kursi pengemudi ke bangku baris kedua dengan menggunakan konsol tengah sebagai meja. Sebisa mungkin letakkan laptop hingga layarnya sejajar dengan mata agar agar lebih nyaman ketika bekerja.

>>> Tahan Rindu Kampung Halaman, Jangan Mudik Demi Kebaikan Bersama

3. Jaga kabin tetap dingin

Untuk menjaga kondisi mobil tetap dingin, tutup jendela. “Permukaan kaca adalah salah satu area yang membuat interior semakin panas,” jelas Tacey. “Kaca depan adalah penyebab terbesar suhu interior semakin panas. Anda bisa menutupi kaca depan sebagai salah satu cara untuk menjaga suhu kabin tidak terlalu panas.

4. Maksimalkan sistem suara mobil

Saat menerima panggilan, sambungkan smartphone Anda pada Bluetooth mobil agar Anda lebih leluasa dalam bekerja. Mikrofon mobil dirancang untuk menangkap suara pengemudi dan memblokir suara bising di sekitar pengemudi. 

pengemudi wanita yang menggunakan hands free pada mobil
Gunakan hands free agar bisa bekerja dengan efisien

"Anda bisa melakukan percakapan melalui Bluetooth dan orang yang Anda hubungi hanya mendengar suara Anda. Mic berdefinisi tinggi akan menyaring semua kebisingan sekitar dan hanya menangkan suara Anda," ungkap Tacey.

Dan yang paling penting, ketika Anda bekerja dan mobil dalam keadaan hidup, hindari untuk parkir di garasi atau ruangan tertutup. "Jika Anda akan berada di dalam kendaraan Anda saat mobil sedang hidup, setidaknya berada di jalanan dengan ruangan terbuka," jelas Tacey.

>>> Berbagai tips trik lainnya bisa dibaca disini

Padli Nurdin
Share this post:

Berita lain

Mencoba Damai dengan Corona, Strategi Ini yang Bakal Ditempuh Honda

16/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Menghadapi situasi dan kondisi yang tak pasti imbas dari penyebaran virus corona, Honda mulai mengubah strategi dalam memasarkan mobilnya yakni lewat digital.

Lihat juga

Penjualan Saat Corona Tetap Tinggi, Ini Deretan Keunggulan Toyota Avanza

14/05/2020

Pasar mobil

5 menit

Toyota Avanza tetap menjadi penopang penjualan PT Toyota Astra Motor, meski diterpa pandemic virus Corona penjualan model ini tetap tinggi, inilah rahasianya

Lihat juga

Apakah Selera Orang Indonesia soal Mobil Baru Berubah karena Corona?

14/05/2020

Mobil baru

3 menit

Di pasar mobil bekas, sudah mulai terlihat adanya pergeseran akan selera mobil. Namun bagaimana dengan mobil baru? Benarkah ada pergeseran selera imbas corona?

Lihat juga

Ribuan Mobil Toyota Terjual di Tengah Corona, Ini yang Terlaris

13/05/2020

Pasar mobil

4 menit

Toyota masih mampu menjual sekitar 8.000an unit mobil di saat pandemi corona menyebar luas. Avanza masih menjadi mobil terlaris Toyota di tengah pandemi ini.

Lihat juga

Proton Bakal Pasang Filter N95 untuk Tangkal Virus Corona di SUV X70

06/05/2020

Pasar mobil

3 menit

Ingin memberikan keamanan lebih untuk pelanggannya guna melakukan pencegahan virus corona atau Covid-19 Proton akan lengkapi SUV X70 dengan filter N95.

Lihat juga