4 Tips Aman Sewa Mobil Selama Libur Lebaran

16/05/2021

Pengemudian

4 menit

Jelang lebaran, jasa sewa mobil naik signifikan. Ikuti tips aman untuk menyewa mobil selama libur lebaran agar perjalanan wisata Anda bersama keluarga lebih menyenangkan

Tidak bisa mudik bukan berarti Anda tidak bisa senang-senang di masa libur Lebaran karena sejumlah wisata dalam kota masih dibuka dengan protokol kesehatan yang ketat. Jika Anda membutuhkan kendaraan berupa mobil yang lebih besar, tidak ada salahnya untuk memperhatikan tips aman sewa mobil selama libur Lebaran berikut ini. 

Salah satu keuntungan menyewa mobil selama libur Lebaran adalah Anda bisa lebih fleksibel mengunjungi berbagai tempat wisata dibandingkan menggunakan angkutan umum. Belum lagi jika Anda harus membawa keluarga dalam jumlah banyak, akan lebih nyaman lagi jika menyewa mobil yang lebih besar. Biasanya menjelang Lebaran, peminat untuk menyewa mobil akan meningkat oleh karena itu jangan sampai Anda salah dalam memilih mobil sewaan. Agar pihak penyewa dan konsumen merasa sama-sama aman saat menggunakan mobil, perhatikan beberapa tips berikut ini. 

1. Survei ke Beberapa Tempat Penyewaan Mobil

Hal mendasar yang perlu Anda lakukan sebelum memutuskan untuk rental mobil di salah satu tempat penyewaan adalah melakukan survey. Pastikan Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu beberapa alternatif tempat sewa mobil yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Tidak hanya dari segi harganya saja, namun juga pelayanan serta kondisi mobilnya. 

>>> Pilihan Rental Mobil Bali yang Murah, Bisa Lepas Kunci atau Pakai Sopir

Dengan melakukan survei ke beberapa lokasi akan membuat mempermudah Anda menemukan tempat rental mobil terbaik. Ketika memilih rental mobil memang cukup membingungkan bahkan terkadang banyak jebakan. Tidak ada salahnya untuk mencari informasi terlebih dahulu jasa sewa mobil yang tepercaya memiliki kualitas layanan agar Anda tidak kecewa. Anda boleh gunakan kemudahan dalam browsing di internet untuk menemukan beberapa rekomendasi sewa mobil yang sesuai dengan domisili.

Survey banyak lokasi tempat sewa mobil

Survey banyak lokasi tempat menyewa mobil untuk mendapatkan lebih banyak pilihan

Ada baiknya Anda juga meminta referensi dari saudara atau teman dekat atau anggota keluarga lain yang pernah menggunakan jasa rental mobil. Biasanya rekomendasi kerabat dekat justru lebih tepercaya sehingga dapat menyelamatkan Anda dari tempat penyewaan nakal yang hanya mencari untung saja. 

>>> Rekomendasi Jasa Sewa Mobil Surabaya 24 Jam

2. Booking Sejak Jauh-Jauh Hari

Menjelang Lebaran, beberapa jasa rental mobil akan menaikkan tarif sewa. Ini terjadi karena permintaan yang ada biasanya lebih banyak dibandingkan unit yang tersedia. Terlebih lagi jika lokasi rental yang Anda tuju cukup menjadi favorit banyak orang. Permintaan untuk sewa mobil paling tinggi biasanya sekitar dua minggu sebelum Lebaran. Jadi ada baiknya Anda melakukan booking jauh hari sebelum peak season untuk menghindari kehabisan unit mobil yang diinginkan. 

Untuk lebih amannya, Anda disarankan untuk melakukan booking satu minggu sebelum bulan Ramadan agar masih bisa kebagian unit mobil untuk disewa. Terlebih lagi jika mobil yang Anda pilih termasuk MPV keluarga yang cukup populer seperti Kijang Innova atau Toyota Alphard yang banyak sekali peminatnya. Di sini penting juga untuk Anda melakukan perencanaan perjalanan yang baik agar uang DP untuk booking tidak hangus. 

>>> 7 Pilihan Tempat Rental Mobil Jakarta yang Murah

menyewa mobil dari jauh-jauh hari

Memesan mobil sewaan dari jauh-jauh hari agar liburan keluarga lebih tenang

3. Pilih Tempat Sewa Mobil Lepas Kunci 

Biasanya pihak penyewaan mobil akan memberikan Anda dua pilihan yaitu sewa mobil lepas kunci atau disertai sopir. Sewa mobil lepas kunci menjadi salah satu cara yang lebih banyak disukai karena Anda bisa lebih leluasa dalam berkendara. Namun tidak sembarang orang bisa menyewa dengan cara ini, pasalnya pihak penyewaan pun akan melakukan tindakan preventif demi mencegah hal yang tidak diinginkan. Beberapa syarat yang diminta oleh pihak penyedia mobil sewaan adalah berhubungan dengan dokumen penting yang berhubungan dengan penyewa. Berikut syarat yang harus Anda siapkan:

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • Surat Izin Mengemudi (SIM)
  • Kartu Keluarga (KK)
  • Rekening listrik dan telepon
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Selain syarat tersebut, biasanya Anda juga akan diminta untuk memberikan jaminan berupa BPKB kendaraan bermotor atas nama pribadi.

Setelah semua syarat sudah dilengkapi, pihak penyedia rental mobil akan meminta waktu 2 hingga 3 hari untuk survey. Kegiatan survey di sini berkaitan dengan pengecekan data yang diberikan oleh pihak penyewa. Pada saat survey, seringkali calon konsumen mengalami kegagalan karena identitas yang diberikan dianggap tidak sesuai dengan kenyataan. Sebaiknya berikan data secara jujur agar tim survey bisa percaya kepada Anda. Hal ini dilakukan untuk kebaikan bersama antara pihak rental mobil dan Anda sebagai penyewa. 

sewa mobil lepas kunci sebagai alternatif

Beberapa tempat sewa mobil biasanya menawarkan alternatif lepas kunci

>>> 5 Pilihan Layanan Sewa Mobil Lepas Kunci di Jakarta

4. Pahami Aturan dan Syarat yang Berlaku di Tempat Sewa Mobil

Setiap tempat penyewaan mobil memiliki aturan dan syarat yang berlaku. Aturan dan syarat ini bisa jadi berbeda-beda di setiap lokasi sehingga penting sekali untuk melakukan survey terlebih dahulu di awal agar mendapatkan lokasi rental mobil yang aturannya tidak memberatkan Anda. Pada saat survey ini Anda bisa sekaligus mencari tahu fasilitas apa saja yang mereka tawarkan. 

Yang namanya sewa mobil biasanya Anda tidak tahu sejarah pemakaian armada atau kendaraan tersebut. Bisa saja sebelum Anda sewa, mobil tersebut sudah mengalami kerusakan sehingga mogok di tengah jalan. Sebaiknya tanyakan kepada pihak rental apakah mereka menyediakan mobil pengganti atau memberikan diskon atau layanan darurat lainnya. Sepertinya sudah menjadi rahasia umum kalau mobil sewaan dipakai berbagai macam orang dengan karakter berkendara yang berbeda-beda. 

Selanjutnya Anda juga perlu menanyakan apakah mobil yang disewakan punya asuransi. Banyak penyedia mobil sewaan tidak mendaftarkan mobilnya kepada asuransi sehingga ketika terjadi musibah, pihak penyewa yang harus menanggung ganti rugi yang cukup besar. Yang namanya musibah bisa terjadi kapan saja, namun antisipasinya bisa dipersiapkan sejak awal. 

Perkirakan biaya tambahan sewa mobil

Perkirakan biaya tambahan seperti denda keterlambatan atau kerusakan saat sewa mobil 

Selain itu, hal terakhir yang perlu diperhatikan sebelum Anda menyewa mobil, pastikan apakah ada biaya tambahan seperti denda keterlambatan atau pembatalan sewa. Tujuannya adalah untuk memperkirakan biaya tambahan yang harus Anda siapkan dalam menyewa mobil.

Itulah tadi beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum sewa mobil selama libur Lebaran. Tips di atas dapat menyelamatkan Anda dari kecurangan tempat rental yang mungkin merugikan Anda. Jangan lupa untuk tetap patuhi protokol kesehatan selama menggunakan mobil sewaan serta ketika mengunjungi tempat-tempat wisata di kota Anda. 

>>> Keuntungan dan Kerugian Rental Mobil All In

Menyukai dunia menulis di bangku SMP hingga serius menggeluti dunia SEO sejak tahun 2011. Penggemar berat FC Barcelona, konser musik, dan eksplorasi alam, kini menulis SEO di Cintamobil.com sejak Maret 2021.

 
back to top