4 Kerugian Kalau Suka Telat Bayar Pajak Mobil

07/10/2021

Pengemudian

3 menit

Share this post:
Masih suka telat bayar pajak mobil? Sebaiknya kebiasaan tersebut Anda hindari. Pasalnya, telat membayar pajak mobil juga membuat Anda diintai kerugian lho!

Saat memutuskan untuk memiliki kendaraan, tentu Anda sudah harus siap dengan seluruh biaya kepemilikannya. Tak terkecuali untuk taat membayar pajak dalam periode tertentu. Namun pada kenyataannya masih ada sejumlah pengendara yang justru abai untuk membayar pajak. 

Padahal, telat bayar pajak mobil akan menjadi kerugian tersendiri buat para pengendara lho! Setidaknya ada empat kerugian yang bakal dialami pengendara ketika telat bayar pajak mobil. Apa saja ya? Simak penjelasannya berikut.  

>>> 5 Hal Penting yang Bikin Harga Jual Kembali Mobil Bisa Tinggi

1. Membayar Denda

Besaran denda PKB yang ditangguhkan akan berbeda-beda, tergantung pada durasi keterlambatan pembayaran pajak. Anda juga harus mengetahui bahwa 
Denda PKB adalah 25 persen selama 1 tahun. 

Cara Menghitung Pajak Mobil 5 Tahunan

Besaran denda tergantung durasi keterlambatan

Hitungan denda PKB berdasarkan tahun dan bulan. Baru telat 1 hari pun maka sudah masuk hitungan denda 1 bulan dan bila telat 1 bulan lewat 1 hari, maka hitungannya sudah denda 2 bulan. Itu berlaku untuk periode seterusnya. 

2. Tilang Polisi

Mereka yang telat membayar pajak kendaraan akan dikenakan sanksi sesuai dengan UU no.22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 28 ayat 1 yang berbunyi: 

"Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak dilengkapi dengan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor atau Surat Tanda Coba Kendaraan Bermotor yang ditetapkan oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia dipidana dengan pidana kurungan paling lama 2 bulan atau denda paling banyak Rp500.000."

>>> Bayar Pajak Kendaraan Kini Pakai Aplikasi Signal, Begini Caranya!

3. Harga Jual Kendaraan Bisa Turun

Pastikan mobil Anda memiliki pajak yang masih aktif. Pajak yang mati akan menjadi alasan kuat untuk menurunkan nilai jual mobil Anda. Calon pembeli bisa menawar harga lebih rendah dengan alasan biaya digunakan untuk membayar denda pajak. 

cara menghitung pajak mobil

Jangan heran kalau kendaraan Anda tak terdaftar karena telat bayar pajak mobil

4. Nomor Registrasi Kendaraan Bakal Dihapus

Bagi Anda yang telat bayar pajak selama dua tahun jangan heran kalau tiba-tiba kendaraan tak terdaftar lagi. Ya, sesuai dengan UU No.22 tahun 2009 pasal 74 ayat 2 disebutkan bahwa penghapusan registrasi dan identifikasi Kendaraan Bermotor dapat dilakukan jika kendaraan bermotor rusak berat sehingga tidak dapat dioperasikan atau pemilik Kendaraan Bermotor tidak melakukan registrasi ulang sekurang-kurangnya 2 (dua) tahun setelah habis masa berlaku Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.

Perlu diketahui, Pajak Kendaraan Bermotor termasuk ke dalam jenis pajak provinsi. Pajak tersebut merupakan bagian dari Pajak Daerah. Pajak Kendaraan Bermotor sebagaimana yang didefinisikan dalam Pasal 1 angka 12 dan 13 UU No.28 tahun 2009 adalah pajak atas kepemilikan dan/atau penguasaan kendaraan bermotor. Dalam pelaksanaan pemungutannya dilakukan di kantor bersama Samsat. Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor, termasuk mobil pribadi, yang tertuang dalam Pasal 5 adalah hasil perkalian dari dua unsur pokok. 

Bayar pajak mobil online

Pembayaran pajak kini bisa dilakukan dengan beragam cara

Dua unsur pokok tersebut meliputi Nilai Jual Kendaraan Bermotor atau disingkat NJKB dan bobot yang mencerminkan secara relatif tingkat kerusakan jalan dan/atau pencemaran lingkungan akibat penggunaan Kendaraan Bermotor.

>>> Daftar Pajak Honda Brio dari Generasi Awal Hingga Terbaru

Menjadi jurnalis otomotif di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2016 dan telah memiliki ragam pengalaman menguji mobil hingga mengunjungi pameran otomotif tingkat dunia. Bergabung sebagai Editor di Cintamobil sejak tahun 2020.

Lulusan Universitas Trisakti ini mengawali karir sebagai jurnalis di kanal ekonomi di salah satu media ternama di Indonesia sejak 2015. Kemudian pada tahun 2016, dipercaya untuk mengisi kanal otomotif. Sebagai jurnalis di bidang otomotif, tentu dituntut untuk mengetahui ragam informasi yang berkaitan dengan mobil, motor, hingga lalu lintas kendaraan. Pun demikian dengan aturan lalu lintas yang berlaku saat ini. 

Tidak cuma memiliki pengetahuan soal industri otomotif Tanah Air, bekerja di media mainstream artinya dituntut juga untuk menyajikan berita secara cepat dan akurat. 

Dengan kemampuan yang dimiliki, sejak saat itu pula mulai dipercaya untuk mengetes ragam mobil baru di Indonesia maupun luar negeri. Adapun ragam mobil yang pernah dicoba antara lain di kelas LCGC, Low MPV, SUV, mobil listrik murni hingga Supercar sekelas Ferrari.

Tak cuma itu, aneka pameran otomotif berskala nasional dan internasional di berbagai negara juga telah dihadirinya. Pada tahun 2020, memutuskan untuk bergabung dengan Cintamobil.com sebagai Editor.

Experience

  • Tokyo Auto Salon 2019
  • Geneva International Motor Show 2017
  • GIIAS 2016, 2017, 2018, 2019
  • IIMS 2017, 2018, 2019
  • IMOS 2016, 2018
 
back to top