3 Tips Menghadapi Jalanan Banjir

07/11/2021

Pengemudian

4 menit

Share this post:
Memasuki musim hujan, pengemudi mobil selalu dilanda dengan kekhawatiran terhadap banjir di berbagai ruas jalan. Berikut beberapa tips untuk menghadapinya.

Banjir atau genangan air menjadi momok menakutkan bagi para pemilik mobil. Tak hanya menyebabkan kemacetan lalu lintas, menerjang banjir dapat menimbulkan kerusakan pada kendaraan yang cukup menguras biaya.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahui beberapa tips dalam menghadapi kemungkinan air yang menggenang di jalan selama musim hujan. Simak 3 tips berkendara agar Anda tak terjebak genangan air d bawah ini.

1. Cermat Memilih Rute

Pada dasarnya, langkah terbaik untuk mengantisipasi jalan banjir adalah dengan tidak melewatinya. Meski harus sedikit memutar, Anda tidak akan dihadapkan dengan risiko mobil mogok dan kemacetan panjang.

Gambar Aplikasi Navigasi
Gunakan aplikasi navigasi untuk memilih rute yang paling aman

Oke, bagaimana caranya? Langkah pertama, Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi navigasi dari gawai Anda untuk melihat pilihan rute alternatif. Dari aplikasi tersebut, Anda bisa melihat titik-titik kemacetan yang mungkin disebabkan oleh banjir.

>>> Tips Cara Berkendara Ketika Banjir

Kedua, Anda bisa melihat sosial media dan melihat laporan dari akun informasi lalu lintas. Biasanya, akun tersebut akan membagikan kondisi berbagai ruas jalan yang tergenang air.

Jika Anda melakukan dua hal tersebut sebelum mulai berkendara, Anda akan melewati rute yang aman tanpa kekhawatiran harus menerjang banjir.

2. Ketahui Batas Kemampuan Mobil

Mengetahui batas kemampuan mobil tak kalah penting dalam menghadapi genangan air. Satu hal yang perlu diperhatikan adalah lokasi filter udara di balik kap mesin. Jika filter udara tersebut cukup tinggi, Anda tak perlu khawatir saat menerjang air yang lebih rendah dari boks filter tersebut.

Gambar Boks Filter Udara
Ketahui posisi boks filter udara untuk menilai kemampuan mobil Anda dalam menerjang banjir

Tak perlu mengkhawatirkan lubang knalpot, karena gas buang yang dikeluarkan oleh mobil akan menghambat air untuk masuk hingga ke ruang bakar mesin. Air hanya akan masuk dari saluran filter udara.

>>> Ini Langkah Mobil Terendam Banjir Agar Klaim Diterima Asuransi

3. Ketahui Cara Menerjang Banjir

Jika memang Anda sudah dihadapkan dengan genangan air di depan mobil, hal terpenting adalah mengetahui cara yang tepat untuk melewatinya. Yang pertama harus Anda perhatikan adalah mobil-mobil di depan yang sedang melewati genangan.

Lihat jenis mobilnya untuk menilai kemampuan mobil Anda sendiri. Selain itu, perhatikan rute yang diambil serta kondisi mobil tersebut. Jika berhasil lewat dengan aman, Anda bisa mengikuti rute yang sama.

Gambar Melewati Banjir
Gunakan gigi rendah dan lewati banjir dengan tenang

Pastikan untuk menggunakan gigi 1 untuk mobil manual, dan gigi rendah untuk transmisi otomatis saat melewati genangan. Karena cara yang tepat untuk melewati banjir adalah berjalan dengan tenang dan pelan.

Jika sudah berhasil keluar dari genangan, pastikan untuk mengetes kondisi rem mobil. Karena kondisi rem yang basah atau kotor bisa menganggu fungsi pengereman. Anda bisa menginjak pedal rem berkali-kali selagi berjalan untuk mengembalikan fungsi rem hingga kembali normal.

>>> Intip Pilihan Mobil Bekas dengan Harga yang Menarik di Sini

Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif di tahun 2017, Taufan mengisi berbagai posisi mulai dari reporter, test driver, dan host untuk salah satu portal berita otomotif nasional. Kini, Ia bergabung sebagai content writer di Cintamobil.com.

Taufan merupakan lulusan Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Lulus di tahun 2017, ia langsung mengejar passion dan ketertarikannya sebagai seorang jurnalis otomotif.

Tak butuh waktu lama, Taufan diterima bekerja di GridOto.com. GridOto.com merupakan kanal berita yang mengulas berbagai hal yang berkaitan dengan otomotif, dari mulai review dan test, berita dalam dan luar negeri, serta tips & trick sebagai panduan bagi para pengguna kendaraan bermotor.

Selama dua tahun bekerja di GridOto.com, Taufan diplot untuk menjadi jurnalis yang serba bisa. Dari mulai mengisi artikel news, tips & trick, test drive & review, menjadi host untuk kanal YouTube GridOto.com, hingga menjadi editor pengganti.

Mengunjungi berbagai pameran otomotif nasional dan internasional, menemui narasumber ATPM, dealer mobil bekas, hingga ke bengkel-bengkel spesialis sudah pernah ia jabani. Taufan pun kerap dipercaya menghadiri ajang media test drive untuk mencoba mobil-mobil baru. Dari LCGC seperti Datsun Go, hingga ke Supercar seperti McLaren 720S.

Di sela-sela pekerjaannya, Taufan adalah petrolhead tulen yang gemar mengoleksi mobil (baik dalam bentuk die cast atau mobil asli) dan mengikuti dunia motorsport roda empat. Hobi membacanya juga membuat Taufan memiliki pengetahuan yang cukup dalam terhadap sejarah dan perkembangan mobil di dunia.

Setelah dua tahun berkarya di GridOto.com, Taufan pun memutuskan untuk rehat di tahun 2019. Selama vakum menjadi jurnalis, ia sempat membuka bisnis detailing dan cuci mobil bersama dengan sahabatnya. Selama berbisnis, ia pun memperdalam pengetahuannya terhadap perawatan mobil.

Di tahun 2021, ia memutuskan untuk kembali ke industri yang ia cintai dengan bergabung di Cintamobil.com sebagai Content Writer. Anda akan banyak menemukan tulisan Taufan mengenai berita otomotif dalam dan luar negeri, tips & trick, ulasan teknis mengenai mobil, serta hal-hal yang berkaitan dengan dunia motorsport di website ini.

 
back to top