3 Pilihan Bahan Retrim Stir Mobil yang Bikin Tampilan Interior Makin Keren

28/01/2020

Pengemudian

5 menit

Share this post:
3 Pilihan Bahan Retrim Stir Mobil yang Bikin Tampilan Interior Makin Keren
Ada niat untuk retrim stir mobil Anda karena pelapis setir sudah rusak atau sekedar merubah penampilan interior? Pahami dulu tiga bahan yang biasa digunakan untuk melapis setir mobil.

Setir mobil merupakan bagian yang paling sering tersentuh oleh pengemudi. Tak heran lama kelamaan lapisan yang membalut permukaan dasar setir lama kelamaan akan rusak. Bisa akibat jahitannya yang terlepas, atau permukaan pelapisnya yang robek.

Kalau sudah seperti itu tentu solusinya adalah dengan retrim. Yaitu membungkus ulang permukaan pelapis setir mobil Anda. Namun kalau mau sedikit merubah penampilan interior mobil, maka bisa dengan sekaligus modifikasi pembungkus lingkar kemudi tersebut.

>>> Evolusi Setir Dari Masa ke Masa, Seperti Apa Wujud Setir Masa Depan?

Di pasar aftermarket, ada tiga jenis bahan untuk retrim stir mobil. Ketiganya memiliki karakter dan harga yang berbeda-beda. Semua tinggal disesuaikan dengan dana dan selera Anda.

1. Kulit atau Kulit Sintetis

setir mobil Mercedes

Bahan kulit memiliki pori-pori sehingga nyaman untuk digenggam

Bahan pertama untuk membungkus ulang lingkar kemudi adalah kulit atau kulit sintetis. Biasanya jenis kulit akan disesuaikan dengan material yang sama dengan pembungkus jok dan plafon mobil tersebut. Sedangkan pilihan warnanya boleh sesuai selera si pemilik mobil.

Untuk Anda yang gemar mempertahankan penampilan original interior mobil, tentunya membiarkan setir terbalut material kulit adalah pilihan tepat. Selain itu material kulit memiliki pori-pori. Ini tentu membuat stir lebih nyaman digenggam dan tidak licin ketika terkena keringat.

>>> Promo mobil baru yang menarik dari semua merek ada disini

Kalau bahan yang digunakan adalah kulit asli, maka biayanya dipatok sekitar Rp600.000 - Rp800.000 tergantung tingkat kesulitan stir yang akan dibungkus ulang. Tapi kalau pakai bahan kulit sintetis bisa separuh lebih murah.

2. Kayu

setir mobil aksen kayu

Setir mobil berbahan kayu terkesan mewah dan klasik

Beberapa mobil mewah juga sudah menggunakan stir dengan aksen kayu. Kalau mobil Anda ingin juga diberi aksen kayu (wooden) bisa juga aplikasikan pada stir. Tentunya hal tersebut akan membuat interior terlihat mewah.

Jika berniat retrim stir mobil Anda sebelumnya dengan menambahkan aksen kayu, pastilah harus dilakukan secara custom. Tetapi umumnya jasa retrim sudah paham akan keinginan konsumen seperti ini. Namun sebaliknya jika ingin menggunakan stir dengan material kayu, kombinasikan pula dengan bahan kulit atau kulit sintetis. Ini agar stir tidak terlalu licin saat telapak tangan pengemudi berkeringat.

Untuk biayanya, pemasangan aksen kayu pada stir mobil dikenakan ongkos mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp2.000.000 tergantung motif kayu dan tingkat kesulitannya.

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas terlengkap ada disini

3. Serat Karbon

setir mobil aksen karbon

Serat karbon pada stir memunculkan nuansa sporti

Bahan terakhir yang biasa digunakan untuk retrim stir mobil adalah serat karbon. Material ini kerap dipilih untuk mereka yang menginginkan penampilan interior terkesan sporti. Bahkan seiring berjalannya waktu, inovasi stir serat karbon ini juga tidak lagi didominasi warna hitam, tapi ada merah dan putih.

Namun perlu dipahami, karakter stir dengan bahan karbon ini mirip dengan motif kayu. Permukaannya akan licin saat terkena keringat dan itu mengganggu pengemudi. Solusinya tentu bisa dengan mengkombinasikan antara serat karbon dan kulit. Supaya pengemudi tetap nyaman selama berkendara.

Untuk harganya, stir dengan material karbon tidaklah murah. Dipasaran harganya lebih dari Rp2.000.000. Kalau mau sedikit hemat bisa dengan teknik carbon look. Yaitu memakai stiker motif karbon. Tapi yang peru diperhatikan adalah ketelitian dan tingkat kerapihan pemasangan stiker pada stir agar tidak tampak dan stiker bertahan cukup lama.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Trik Membedakan Setir Racing Asli dan Replika Biar Tidak Tertipu

10/08/2019

Perawatan dan service

5 menit

Ketika memilih setir racing asli, sebaiknya harus benar-benar memperhatikan fisik dari setir tersebut. Karena jika lalai, Anda bisa tertipu oleh si penjual setir palsu.

Lihat juga

Tips Modifikasi Setir Racing, Hati-hati Bikin Repot

09/08/2019

Perawatan dan service

4 menit

Modifikasi setir racing juga butuh perhatian, jangan asal ganti setir standar dengan setir racing yang sesuai selera Anda. Salah-salah, bukanya gaya tapi malah repot di jalan.

Lihat juga

Cermin Karakter Pemilik Mobil, Pelajari Tips Rawat Setir dan Tuas Persneling

Sadarkah Anda bahwa bagian paling sering disentuh di mobil adalah setir dan tuas persneling? Itu sebabnya bagian ini harus selalu bersih dan terawat. Kondisi kedua bagian ini menggambarkan karakter sang pemilik mobil. Berikut tips rawat setir dan tuas persneling.

Lihat juga

Review BMW M8 Gran Coupé 2019: Mewah, Tampan dan Kencang

17/10/2019

Editor rate:

Sebuah sedan keluarga bertenaga 600 daya kuda dan mampu berlari 0-100 hanya dalam 3 detik? Kami perkenalkan BMW M8 Gran Coupé 2019, saudara terbaru Seri 8 yang memiliki desain menawan serta dipenuhi fitur terbaru dari BMW.

Lihat juga

Harga mobil Toyota Camry: Pembaruan harga Camry Oktober 2020

01/10/2020

Toyota

Sudah tujuh generasi Toyota Camry hadir di kancah otomotif dunia sebagai sebuah pilihan kendaraan masyarakat premium di Indonesia, Di pasar dalam negeri, perjalanan Toyota Camry dimulai pada tahun 1999, dan mulai berkembang saat di tahun 2012 Toyota memperkenalkan versi hybrid dari sedan premium Toyota ini. Kini generasi kedelapan Toyota Camry 2019 sudah hadir di Indonesia, dan berikut adalah informasi harga Toyota Camry di tahun 2019 sebuah sedan besar Toyota yang kini tampil lebih agresif.

Lihat juga
 
back to top