3 Persiapan Sebelum Berkendara, Biar Gak Stres di Jalan

05/07/2019

Pengemudian

4 menit

Kemacetan parah yang dialami pengguna jalan pada tiap jam-jam sibuk, bisa saja memicu seseorang stres di jalan. Akibatnya akan memancing emosional dari individu tersebut. Untuk itulah dibutuhkan beberapa persiapan sebelum berkendara.

Stres di jalan sering dialami warga di kota-kota besar. Pemicunya bisa karena kepadatan lalu lintas yang menyebabkan kemacetan. Disatu sisi, Anda sebagai warga tidak bisa mengelak dari fenomena kota besar yang satu ini.

>>> Tips Mengemudi Aman Dalam Perjalanan Jauh Pada Malam Hari

Lantas bagaimana biar Anda tidak mengalami stres di jalan akibat kondisi lalu lintas yang amburadul? Berikut kami beberkan setidaknya ada tiga persiapan sebelum berkendara yang perlu Anda lakukan .

1. Isi BBM

mobil isi BBM

Pastikan isi BBM sebelum berangkat beraktifitas

Sebelum berangkat beraktifitas menggunakan kendaraan, sebaiknya Anda memastikan kondisi bahan bakar full tank. Jangan menunda untuk mengisi bahan bakar karena ini akan membuat masalah jika diperjalanan Anda terjebak dalam kemacetan parah.

>>> Promo mobil baru terbaik ada disini

2. Manajemen Waktu

contoh jam meja

Perhitungkan waktu keberangkatan untuk menghindari macet

Sebaiknya Anda pintar untuk melakukan manajemen waktu sebagai bagian dari persiapan sebelum berkendara. Tentukan dengan cermat kapan Anda harus berangkat ke kantor, jam berapa harus tiba di kantor, kapan saatnya pulang, dan pintar memperkirakan berapa lama perjalanan jika terpaksa keluar kantor di jam sibuk. Hal ini sebagai pencegahan stres di jalan akibat terjebak kemacetan dalam waktu yang lama.

>>> Cari mobil bekas berkualitas ada disini

3. Kendaraan Sehat

servis mobil

Jangan malas melakukan servis berkala

Selain tubuh Anda yang wajib sehat, kendaraan juga harus selalu dala kondisi prima. Sebaiknya lakukan perawatan berkala kendaraan Anda sesuai petunjuk di buku manual. Jangan malas untuk melakukan pengecekan rutin sendiri di rumah, seperti memeriksa air radiator, minyak rem, air wiper, dan kondisi ban. Persiapan sebelum berkendara ini untuk mencegah Anda mengalami stres di jalan akibat mobil tiba-tiba mogok.

>>> Temukan tips & trik menarik lainnya disini

Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Pras menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.
 
back to top