3 Olahraga Otomotif Ini Akan Menambah Skill Anda Di Jalan Raya

04/12/2019

Pengemudian

5 menit

3 Olahraga Otomotif Ini Akan Menambah Skill Anda Di Jalan Raya
Motorsport bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga berhubungan ke skill mengemudi. Berikut ini kami sarankan 3 olahraga otomotif untuk dicoba agar menambah kelihaian Anda di jalan raya.

Gambar menunjukkan tester Cintamobil.com sedang menguji jalan mobil

Ketiga olahraga otomotif ini akan menambah skill Anda ketika mengemudi di jalan raya

Motorsport bukan hanya tentang kompetisi semata, namun olahraga otomotif alias motorsport juga dapat menambah skill atau keahlian Anda saat mengemudi di jalan raya. Bahkan, di reli dunia yang mana termasuk cabang olahraga otomotif paling complicated di dunia, hampir semua perelinya macam Sebastien Ogier, Sebasiten Loeb bahkan Ott Tanak mahir dalam melakukan ketiga olahraga otomotif ini.

>>> Ini pendapat kami mengenai mobil Honda Jazz yang dipakai tim Honda Racing Indonesia

Gambar menunjukkan Sebastien Ogier dengan Citroen C3 WRC

Hampir semua pereli profesional jago ketika melakukan ketiga motorsport ini

Karena, bisa dibilang tiga motorsport yang kami pilih ini merupakan basic sebelum Anda dapat mahir balapan di sirkuit. Berikut kami sarankan 3 jenis olahraga otomotif yang patut untuk dicoba agar menambah kelihaian Anda di jalan raya. Kami urutkan dari yang paling mudah terlebih dahulu, diawali dari gokart, drag race dan terakhir slalom. Tapi ingat, kalau sudah mahir jangan dipakai untuk kebut-kebutan di jalan raya ya!  

>>> Punya dana Rp 80 jutaan ingin mobil sporty yang pernah berjaya di Sentul? Berikut pilihannya...

1. Gokart

Gambar menunjukkan Mobil Gokart sedang digunakan di jalan

Gokart akan melatih skill Anda melakukan left foot braking dan keakuratan dalam melibas tikungan

Olahraga otomotif pertama yang membuat Anda mahir di jalan raya adalah gokart atau lazim juga disebut karting. Jangan Anda remehkan olahraga ini, karena meski mobil gokart ukurannya kecil dan mesinnya tidak begitu kencang, tapi Anda dapat belajar banyak dari motorsport ini. Bahkan, sang pembalap legenda juara dunia 7 kali Formula 1 Michael Schumacher pun mengawali karirnya dari gokart. Di gokart, Anda dapat belajar untuk mengambil racing line yang tepat, melakukan left foot braking, dan berlatih konsistensi. 

>>> Pilihan mobil bekas berkualitas cek disini

2. Drag Race

Gambar menunjukkan mobil Honda Civic Estilo Sedang Bersiap Start Drag Race

Drag race memang terlihat mudah, namun melakukan start yang sempurna itu tidak mudah

Cabang motorsport kedua yang harus Anda coba setelah gokart adalah drag race alias adu kebut lurus dengan jarak 201 meter atau 402 meter. Memang, drag race itu terlihat mudah, karena Anda seperti hanya perlu jalan lurus dan injak gas penuh saja, tetapi pada kenyataannya tidak demikian. Saat melakukan drag racing, Anda harus melakukan start sempurna untuk memperoleh waktu terbaik. Di drag race, Anda dapat belajar bagaimana melakukan start sempurna, pindah gear di rpm tepat (rev matching), dan memahami karakter mesin mobil.

>>> Jangan Anggap Remeh, Empat Hal Ini Sebabkan Kantuk Saat Mengemudi

3. Slalom

Gambar menunjukkan mobil All New Honda Brio Satya Sedang Slalom

Saat melakukan slalom, Anda akan mendapatkan feel akurat dalam merasakan pergerakan bodi mobil

Last but not least adalah slalom. Setelah Anda mahir mengemudikan gokart dan pandai start sempurna lewat drag race, Anda harus coba slalom. Di slalom, Anda dapat belajar tentang keakuratan mengemudi, dan merasakan tubuh Anda seolah menyatu dengan pergerakan bodi mobil. Kun demi kun yang dilewati akan mengajarkan Anda untuk cekatan dan tepat dalam melakukan olah setir. Tak hanya itu saja, slalom juga dapat mempertajam daya ingat Anda, karena dalam menyelesaikan soal, Anda harus ingat trek yang harus dilewati. So, selamat mencoba.

>>> Tips dan trik menarik lainnya baca disini

Penulis
Mengawali karir sebagai jurnalis otomotif pada 2014, setahun kemudian Arfian menjadi test driver di sebuah tabloid otomotif nasional. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2018, Kini ia menjadi Managing Editor Cintamobil.com
 
back to top