3 Bahaya Besar Membuang Puntung Rokok Dari Dalam Mobil

01/03/2020

Pengemudian

3 menit

3 Bahaya Besar Membuang Puntung Rokok Dari Dalam Mobil
Wajib tahu buat Anda para perokok, ada 3 bahaya besar membuang puntung rokok dari dalam mobil. Salah satunya Anda bisa mencelakakan pengguna jalan lain.

Banyak cara orang mencari kenyamanan saat berkendara. Namun merokok bukanlah cara yang baik untuk dipilih. Bukan hanya membawa dampak buruk bagi kesehatan diri sendiri, merokok bisa menimbulkan dampak buruk juga bagi kesehatan maupun keselamatan orang lain karena asap rokok juga akan terhisap oleh mereka. Belum lagi jika rokok sudah sudah hampir habis lalu puntungnya dibuang keluar, terlihat sepele tapi dampaknya bisa sangat besar dan merugikan.

Foto merokok di saat mengemudi

Merokok dalam mobil punya sisi positif dan negatif, tapi sisi negatifnya lebih besar

Bahaya besar membuang puntung rokok dari dalam mobil

Tidak peduli Anda pengemudi atau penumpang, membuang puntung rokok dari dalam mobil secara sembarangan sangat berbahaya dan bisa berdampak sangat buruk.

1. Mengotori lingkungan

Meski hanya sebuah puntung rokok yang berukuran kecil, namanya tetap sampah. Sedikit banyak saat Anda membuang puntung rokok, Anda telah berkontribusi mengotori lingkungan dengan sampah berbahaya. Di jalanan yang bersih, satu puntung rokok pun akan terlihat dan merusak keindahan.

2. Mencelakakan pengguna jalan lain

Bayangkan jika mobil melaju dengan kecepatan 60-80 km / jam lalu Anda buang puntung rokok, kemana terbangnya. Ke belakang, itu sudah pasti. Mau tidak mau pengendara di belakang Anda yang kena dampak. Masih mending jika kendaraan di belakangnya mobil, kalau sepeda motor bisa lebih buruk lagi. Bara panas puntung rokok bisa saja mengenai wajah, tangan atau baju yang membuat mereka terkejut kesakitan dan akhirnya terjatuh dan terluka parah.

Poin kedua ini sering terjadi di daerah kita, Indonesia dan tidak semuanya terekspos. Kalau Anda pemotor tentu tahu, bagaimana terkejutnya tiba-tiba ada percikan api terbang dari jendela mobil di depan.

Foto Membuang puntung rokok dari dalam mobil

Hati-hati, ada bahaya besar buang puntung rokok sembarangan

>>> Ini Pesan JDDC Jika Berkendara di Wilayah Kabut Asap Akibat Kebakaran Hutan

3. Memicu kebakaran

Bahaya lain membuang puntung rokok sembarangan bisa memicu kebakaran. Mungkin jarang terdengar di daerah kita, tapi itu sering terjadi. Contoh paling dekat yaitu kebakaran hutan di Australia.

Sepanjang tahun 2019 jutaan hektar hutan terbakar hebat. Salah satu di antara banyak penyebab yang teridentifikasi adalah puntung rokok. Atas dasar itu pula negara bagian New South Wales (NSW) atau salah satu daerah yang terdampak kebakaran hebat mengeluarkan aturan bagi pengemudi yang ketahuan membuang puntung rokok dari jendela mobil dikenakan tilang dengan denda sebesar AU$ 11.000, atau lebih dari Rp 106 juta dan pengurangan 10 poin SIM. Sedangkan bagi penumpang dikenakan denda sebesar AU$ 660, atau lebih dari Rp 6,3 juta dan pengurangan 5 poin SIM jika penumpang memiliki SIM.

>>> Berani Merokok Di Mobil Rental Ini, Siap-Siap Didenda Rp 2,7 Juta

Foto kebakaran hutan Australia tahun 2019

Kebakaran hutan di Australia, salah satunya disebabkan puntung rokok

Terlepas dari kejadian di atas terjadi di Australia, dampak serupa sangat mungkin terjadi di Indonesia. Puntung rokok yang dibuang dari dalam mobil bisa saja jatuh mengenai barang yang mudah terbakar seperti kertas, plastik atau kios bensin pinggir jalan, dan yang lain.

Kesimpulan

Anda jangan egois dengan membuang puntung rokok sembarangan dari dalam mobil secara sembarangan. Itu sama saja mementingkan kesenangan diri sendiri dan mengabaikan keselamatan orang lain. Itulah beberapa bahaya jika Anda membuang puntung rokok dari dalam mobil yang tadi Cintamobil.com hendak sampaikai. Semoga infor ini berguna untuk Anda semuanya.

>>> Tips dan trik menarik lainnya ada disini

Penulis
Satu-satunya anggota redaksi yang berbasis di Jawa Tengah. Bergabung di Cintamobil.com sejak 2017 sebagai Content Writer. Saat ini, kerap menulis berbagai informasi seputar lalu lintas dan perkembangan transportasi di Indonesia.
 
back to top