3 Aspek Penting dalam Mengemudi

24/02/2018

Pengemudian
3 Aspek Penting dalam Mengemudi
Memegang kemudi kendaraan dengan benar adalah tindakan pengamanan penting yang harus diperhatikan setiap kali Anda memegang kemudi. Ada beberapa aspek penting dalam mengemudi yang patut diperhatikan ketika Anda melaju.

Salah satu aspek penting dalam mengemudi adalah cara memegang atau menggunakan setir kemudi. Bahkan, pengemudi berpengalaman harus sadar akan postur tubuh, posisi tubuh, dan penempatan tangan saat berkendara. Ada beberapa tips krusial dalam memegang roda kemudi Anda.

1. Posisi tubuh

Setelah Anda duduk dengan nyaman di kendaraan dan mengatur headrest, kursi dan kaca spion agar sesuai dengan tinggi dan pandangan Anda, Anda harus menyesuaikan dengan lingkar kemudi kendaraan. Sebagian besar pengemudi memindahkan roda kemudi ke atas atau ke bawah dengan menggunakan tuas atau pegangan yang terleltak di bawah kemudi.

Gambar yang menunjukan posisi badan yang benar dan salah ketika mengemudi

Pastikan posisi berkendara Anda sudah membuat Anda nyaman

Luangkan waktu Anda untuk memastikan bahwa semua penyesuaian yang tersedia pada kendaraan. Pastikan Anda mendapatkan posisi duduk yang nyaman. Anda harus bisa melihat dengan jelas kedua spion dan spion samping serta periksa semua titik buta Anda. Pastikan pandangan ke depan tidak terhalang dengan apapun.

>>> Baca juga Posisi duduk yang diajurkan ketika mengemudi

2. Penempatan tangan

Teknik penempatan tangan Anda pada roda kemudi telah berubah secara dramatis selama bertahun –tahun. Namun, sering dijelaskan tentang bagaimana penempatan tangan sama pada sebuah jam. NHTSA sekarang merekomendasikan teknik yang dikenal sebagai 9 dan 3. Letakkan tangan kiri anda seperti arah angka 9 pada jam dan tangan kanan Anda seperti pada angka 3.

Gambar yang menunjukan roda kemudi dengan stiker yang bertuliskan angka menurut jarum jam 9 sampai 3

Posisi tangan 9 dan 3 merupakan penempatan tangan yang direkomendasikan

Rekomendasi ini cukup fleksibel, tapi perlu diingat bahwa posisi jam 2 dan 10 tidak lagi disarankan dengan roda kemudi yang lebih kecil dan dilengkapi dengan kantung udara. Banyak orang merasa bahwa lengan mereka selaras dengan bahu pada posisi 9 dan 3 ini. Teknik ini membuat Anda berada pada posisi yang tepat unutk memutar lingkar kemudi.

Berikut rekomendasi posisi tangan ketika mengemudi

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

3. Menggunakan metode push and pull

Saat Anda mengarahkan kendaraan Anda, Anda seharusnya tidak melepaskan kedua tangan Anda dari kemudi. Metode push and pull memunungkinkan Anda memutar roda kemudi dengan aman sambil menjaga kedua tangan tetap menyentuh setir. Ketika Anda memutar ke kiri, Anda akan menarik tangan kiri dan mendorong tangan kanan Anda. Begitupun sebaliknya.

Gambar yang menunjukan posisi tangan ketika melakukan push and pull pada roda kemudi mobil

Metode push and pull digunakan untuk keamanan berkendara

Beberapa pengemudi hanya mendorong setir dengan tangan berlawanan dengan arah dimana mereka berputar sambil membiarkan sisi lain setir meluncur. Hal ini sebenarnya tidak boleh dilakukan karena mungkin bisa membuat tangan saling bertabrakan. Tabrakan ini bisa mengganggu pengemudian dan bisa membahayakan Anda dan mobil Anda.

Penempatan tangan Anda sangat penting untuk mengerakkan kendaraan dengan aman. Ingatlah untuk menempatkan tangan Anda di posisi 9 dan 3. Ikuti tiga intruksi dan aspek penting dalam mengemudi di atas untuk membuat pengemudian Anda lebih nyaman.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

 
back to top