10 Rute MRT yang Bakal Menghubungkan Jakarta dengan Kota Lainnya

19/09/2020

Pengemudian

8 menit

Share this post:
10 Rute MRT yang Bakal Menghubungkan Jakarta dengan Kota Lainnya
MRT nantinya bukan hanya transportasi diseputar Jakarta, namun rute MRT akan menghubungkan juga beberapa daerah di kota penyangga Jakarta.

MRT alias Mass Rapid Transport merupakan moda transportasi umum yang kian digemari masyarkaat di Jakarta. Mulai beroperasi sejak 2019, MRT menggunakan jalur tersendiri yang berebda dengan jalur yang dilintasi kendarana bermotor, sehingga bisa mengatasi masalah kemacetan yang selalu jadi mimpi buruk penduduk Ibukota.

Direncanakan, rute MRT Jakarta akan mencapai 230 kilometer (km) hingga tahun 2030 mendatang. Rute tersebut akan dibagi dalam 10 line yang masing-masing terhubung ke beberapa titik wilayah di Jakarta dan sekitarnya. Diharapkan dengan adanya fasilitas ini, masyarakat yang beraktifitas di Ibukota tak lagi menggunakan kendaraan pribadi dan beralih ke transportasi umum termasuk MRT.

>>> MRT Jakarta Fase 2 Kembali Berjalan di Tengah Pandemi Covid-19

Akan Ada 10 Rute MRT di Jakarta dan Daerah Sekitar

Rencana Rute MRT Jakarta Sampai 2030

Inilah rencana rute MRT sampai tahun 2030

Saat ini MRT Jakarta baru selesai untuk tahap Fase 1 yang melintang sejauh 16 km. Jalur MRT ini bermula dari depo di Stasiun Lebak Bulus, Jakarta Selatan hingga menuju Bundaran HI. Untuk jalur MRT dari Depo Lebak Bulus hingga ke halte Senayan menggunakan jalur layang. Sementara dari Senayan menuju halte Bundaran HI menggunakan jalur bawah tanah.

Kini pemerintah pun terus menggarap proyek pembangunan MRT Jakarta untuk Fase 2A sejauh 5,8 km. Rute MRT ini akan meneruskan dari halte Bundaran HI menuju halte Stasiun Kota. Proses persiapan pun sudah cukup maksimal, termasuk pencabutan pohon, rekayasa lalu lintas, hingga pembongkaran JPO (Jembatan Penyeberangan Orang) yang terhubung dengan halte TransJakarta Bank Indonesia dan halte TransJakarta Sarinah Thamrin.

Setelah pembangunan jalur MRT Fase 2A ini selesai, pemerintah akan kembali melanjutkan rute MRT Jakarta dari Stasiun Kota menuju Depo Ancol Barat. Fase ini disebut Fase 2B yang memiliki jarak lebih kurang 6 km. Sama seperti lintasan MRT Fase 2A, untuk Fase 2B juga akan menggunakan jalur bawah tanah.

>>> Ini yang Harus Dilakukan Agar Aman Berkendara di Jalur Contra Flow

Jika ketiga fase jalur MRT ini telah rampung, pemerintah berencana membangun 9 jalur baru lagi hingga tahun 2030. Berikut 10 rute MRT yang akan dibangun pemerintah:

  1. Lebak Bulus - Ancol Barat
  2. Cikarang - Balaraja
  3. Bandara Soekarno Hatta - Kampung Bandan
  4. Cilincing - Lebak Bulus
  5. Karawaci - Senayan - Cawang - Cikarang
  6. Lebak Bulus - Rawa Buntu - Karawaci
  7. Bekasi Utara-Bekasi Selatan
  8. Pluit-Grogol - Kuningan - Depok
  9. Outer loopline
  10. Inner loopline

Daftar Halte di Rute MRT Jakarta

Rute MRT Jakarta Fase 1 dan 2

Rute MRT untuk wilayah Jakarta dari Depo Lebak Bulus hingga Depo Ancol Barat

>>> Review Mercedes-Benz GLE 450 4MATIC AMG Line 2019: Lebih Bongsor, Canggih dan Bertenaga

Bagi warga Jakarta, tentu amat merindukan layanan MRT yang terhubung ke semua wilayah di kota ini. Bahkan jika memungkinkan faslitas umum tersebut juga terkoneksi dengan fasilitas umum lainnya ke wilayah-wilayah penyangga Jakarata, seperti Bekasi, Bogor, dan Tangerang. Karena tidak dapat dipungkiri, warga yang beraktifitas di Jakarta tak sedikit pula yang bertempat tinggal di ketiga wilayah diseputar Ibukota itu.

Namun untuk kali ini Anda baru bisa menikmati MRT Jakarta dengan rute dari Depo Lebak Bulus menuju halte Bundaran HI. Adapun untuk rute ini akan melalui beberapa halte, yaitu sebagai berikut:

  • Depo Lebak Bulus
  • Halte Lebak Bulus Grab
  • Halte Fatmawati
  • Halte Cipete Raya
  • Halte Haji Nawi
  • Halte Blok A
  • Halte Blok M BCA
  • Halte ASEAN
  • Halte Senayan
  • Halte Istora Mandiri
  • Halte Bendungan Hilir
  • Halte Setiabudi Astra
  • Halte Dukuh Atas BNI
  • Halte Bundaran HI

Kemudian untuk rencana MRT Jakarta Fase 2 dari Halte Bundaran HI menuju Depo Ancol Barat akan melewati beberapa halte, yakni:

  • Halte Thamrin
  • Halte Monas
  • Halte Harmoni
  • Halte Sawah Besar
  • Halte Mangga Besar
  • Halte Glodok
  • Halte Stasiun Kota
  • Halte Mangga Dua
  • Halte Ancol
  • Depo Ancol Barat

>>> Jangan lupa untuk klik tips dan trik demi membaca tips menarik dan bermanfaat lainnya

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Cegah Virus Corona Meluas, Pengoperasian Transjakarta dan MRT Dibatasi

16/03/2020

Pasar mobil

4 menit

Pemprov DKI Jakarta membatasi jam beroperasi transportasi umum seperti MRT dan Transjakarta demi mencegah penyebaran virus Corona yang terus meluas di Indonesia.

Lihat juga

Daihatsu Suguhkan Suasana Sahabat di Stasiun MRT Cipete Raya

08/05/2019

Event - Promosi

Daihatsu mengemas suasana salah satu stasiun MRT di Jakarta dengan cara menampilkan line up kendaraan mereka secara unik

Lihat juga

Dilema Baru di Ibu Kota: Naik Mobil atau MRT Jakarta?

08/03/2019

Pasar mobil

Naik mobil atau MRT Jakarta? Kebimbangan tersebut mungkin akan muncul di benak pemilik mobil pribadi yang sehari-hari beraktivitas di Ibu Kota. Wajar, karena kehadiran MRT bisa dinilai sebagai pilihan baru transportasi untuk berkomuter.

Lihat juga

Aturan Naik Bus di Jakarta Selama PSBB

16/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Sarana transportasi termasuk sektor yang diatur selama Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di ibu kota. Dan berikut aturan naik bus di Jakarta selama PSBB berlangsung.

Lihat juga

Bus Listrik Transjakarta Diharap Tak Senasib dengan Versi CNG

08/09/2020

Pasar mobil

4 menit

Transjakarta belum lama ini tengah melakukan pengujian bus listrik untuk mengangkut penumpang. Diharapkan nasibnya tak sama dengan bus berbahan bakar CNG.

Lihat juga
 
back to top