10 Kebiasaan Buruk Rata-Rata Pengemudi Mobil di Indonesia

21/02/2019

Pengemudian
Share this post:
10 Kebiasaan Buruk Rata-Rata Pengemudi Mobil di Indonesia
Meski sudah mempunyai jam terbang lama, masih ada saja pengemudi mobil di Indonesia melakukan kebiasaan buruk di jalan. Kami merangkum 10 kebiasaan buruk rata-rata pengemudi mobil di Indonesia.

1. Lampu Hazard

Lampu hazard pada mobil digunakan hanya untuk dalam keadaan darurat. Sebagai contoh saat mobil mogok atau mengganti ban yang kempis. Sayangnya masih banyak pengemudi mobil di Indonesia yang menggunakan lampu hazard bukan dalam kondisi darurat. Misalnya, ketika hujan deras menyalakan lampu hazard dengan tujuan memberi tanda keberadaan pada sekitar. Padahal kebiasaan buruk ini bisa berbahaya karena ketika berganti jalur atau berbelok pengemudi belakang tidak mengetahuinya karena lampu sein tidak berfungsi.

>>> Baca juga: Hati-Hati, Ini 4 Kesalahan Menggunakan Lampu Hazard yang Sering Terjadi

2. Berjalan Lambat di Jalur Cepat

Di Indonesia yang menggunakan mobil setir kanan maka jalur cepat berada di sebelah kanan. Baik di jalan raya atau jalan tol sekalipun. Anehnya masih ada pengemudi mobil di Indonesia yang mengemudi dengan kecepatan rendah atau lambat tapi berada di jalur cepat. Padahal kondisi jalan saat itu sedang kosong. Tidak heran bila jalan di Indonesia kadang macet tanpa sebab karena kebiasaan buruk ini.

Gunakan lampu hazard hanya dalam kondisi darurat

Masih banyak pengemudi yang menggunakan lampu hazard bukan dalam kondisi darurat

3. Melipat Paksa Spion Elektrik

Salah satu fitur yang mulai banyak digunakan oleh pabrikan saat ini adalah pelipat spion elektrik. Bertujuan untuk memudahkan pengemudi ketika parkir atau melewati jalan sempit. Tetapi jangan sampai Anda melipat secara paksa spion elektrik karena cepat atau lambat bisa merusak motor dari spion elektrik tersebut. Bila Anda parkir di lahan sempit lebih baik lipat spion sebelum ada pengemudi lain yang melipat paksa spion elektrik mobil Anda.

>>> Baca juga: Fitur Wajib di Mobil, Kenali Sejarah Klakson

4. Klakson Berlebihan

Fungsi dasar dari klakson adalah memberi tanda kepada pengemudi lain di depan bahwa Anda ingin mendahuluinya. Atau bila dalam kondisi darurat, klakson bisa berfungsi sebagai daya tarik kepada orang sekitar. Namun dengan jalanan yang padat di Indonesia membuat fungsi klakson untuk memaksa pengemudi di depan lebih cepat melaju padahal jalanan sedang padat misalnya. Penggunaan klakson berlebihan tentu menganggu orang sekitar dan bahkan ada hukumnya.

Jangan bunyikan klakson secara berlebihan

Penggunaan klakson secara berlebihan menganggu konsentrasi mengemudi mobil sekitar

5. Bermain Smartphone

Era digital saat ini membuat setiap orang mempunyai smartphone. Salah satu kebiasaan buruk saat ini yang mulai sering terjadi adalah bermain smartphone ketika sedang mengemudi. Entah itu membalas percakapan di WhatsApp, Line atau bermain media sosial. Pun bila Anda menggunakan smartphone untuk GPS cukup diletakkan pada phone holder tanpa perlu dipegang.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

6. Jaga Jarak

Baik dalam kondisi macet apalagi lancar, jaga jarak dengan mobil di depan adalah hal wajib. Tidak perlu khawatir untuk didahului mobil lain selama jarak mobil Anda aman sehingga bisa menghindari tabrakan beruntun. Menjaga jarak dengan mobil lain juga menguntungkan untuk Anda karena ketika mobil depan mengerem mendadak maka ada jarak dan waktu untuk menghindari baik ke kiri atau ke kanan. Jadi jangan sampai jarak antar mobil terlalu dekat.

Jangan lipat paksa spion elektrik mobil

Bila spion mobil Anda menggunaan sistem elektrik, jangan lipat paksa karena bisa merusak motor listrik dalam jangka panjang

7. Rem Mendadak Atau Berlebihan

Beberapa pengemudi mobil masih ada yang beranggapan bahwa rem berfungsi untuk memberhentikan mobil. Padahal tidak sepenuhnya benar, tapi rem itu juga berfungsi untuk mengurangi kecepatan. Masalahnya, kebiasaan buruk di Indonesia cukup banyak pengemudi yang sering menggunakan atau menginjak rem penuh secara mendadak. Momen ini akan berpotensi terjadinya tabrakan beruntun. Pun dengan penggunaan rem yang berlebihan (overbraking) bisa membuat jalan yang semula lancar menjadi macet.

>>> Dapatkan semua tips mengemudi di jalan raya lebih lengkap di sini

8. Disiplin Lalu Lintas

Meski sudah mempunyai SIM (surat izin mengemudi), sayangnya masih banyak pengemudi yanga abai dengan peraturan lalu lintas. Dengan dalih buru-buru atau tidak melihat rambu lalu lintas, masih banyak pengemudi yang acuh dengan peraturan lalu lintas. Padahal dengan disiplin berlalu lintas akan membuat jalan lebih lancar dan mengurangi potensi kecelakaan.

Meski dalam kondisi lancar atau macet, jaga jarak kendaraan

Menjaga jarak mobil sangat penting untuk keselamatan selama di jalan

9. Goyangkan Mobil Saat Isi BBM

Mungkin ini kebiasaan yang unik dan tidak masuk akal. Ketika mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU, terkadang ada pengemudi yang menggoyangkan mobil dengan tujuan agar tangki terisi penuh dan tidak ada celak kosong. Padahal menggoyangkan mobil ketika mengisi BBM tidak ada dampak apapun karena udara yang terjebak pada tangki bisa hilang bila Anda tidak sering membiarkan posisi tangki dalam keadaan kosong.

10. Asal Parkir

Lahan parkir yang semakin terbatas ternyata tidak membuat orang semakin tertib saat memarkir mobil. Masih banyak kebiasaan buruk pengemudi yang seenaknya memarkir kendaraan sehingga yang seharusnya bisa untuk 2 mobil menjadi hanya 1 mobil karena memakan tempat. Terlebih saat parkir di pusat perbelanjaan atau mall, sudah ada garis untuk membagi mobil parkir namun ada yang melebihi garis tersebut.

>>> Berbagai tips dan trik otomotif terpercaya hanya ada di Cintamobil.com

Share this post:

Berita lain

Menhub: Kecelakaan Lalu Lintas Jadi Pembunuh Paling Mematikan Setelah Stroke

26/10/2018

Pasar mobil

Hampir tak berbeda antara kecelakaan lalu lintas dengan penyakit jantung dan stroke. Keduanya sama-sama penyebab kematian terbesar di dunia alias pembunuh paling mematikan.

Lihat juga

Rawan Celaka, Berikut Tips Mengemudi di Jalan Layang

03/11/2018

Pengemudian

Pembangunan infrastruktur yang sedang menjadi fokus pemerintah saat ini membuat banyak jalan layang baru di kota-kota besar untuk memperlancar lalu lintas. Agar tetap aman, simak tips mengemudi di jalan layang.

Lihat juga

Tips Mengemudi Jarak Jauh Sendirian

28/05/2018

Pengemudian

Mengemudi jarak jauh menjadi pilihan ketika Anda lebih nyaman bepergian dengan kendaraan pribadi untuk mencapai tempat tujuan yang cukup jauh namun masih bisa dijangkau dengan kendaraan pribadi.

Lihat juga

Terjadi Gempa Ketika Mengemudi, Tetap Tinggal atau Keluar Mobil?

06/12/2018

Pengemudian

Sebagai salah satu negara yang rawan didatangi gempa, bukan tidak mungkin jika kita akan merasakan gempa ketika mengemudi. Tapi apa yang harus dilakukan?

Lihat juga

Dimulai Dari Tahun 1935, Mengenal Sejarah Tes Mengemudi Kendaraan Yuk!

05/12/2018

Pengemudian

Sejarah tes mengemudi kendaraan atau yang dikenal Driving Test, memiliki cerita menarik. Mungkin di era Digital seperti sekarang ini, sejarah tersebut banyak dilupakan baik siapa pencetusnya hingga bagaimana prosesnya dari masa ke masa. Sejarah SIM sendiri dahulunya dimulai di negara Inggris dan kemudian diaplikasikan di berbagai negara lainnya.

Lihat juga
 
back to top