10 Kebiasaan Buruk Mengemudi yang akan Menguras Uang Anda

12/01/2018

Pengemudian
Share this post:
10 Kebiasaan Buruk Mengemudi yang akan Menguras Uang Anda
Beberapa kebiasan baik tentu saja harus dipertahankan. Namun, terkadang kebiasaan yang kita anggap baik sebenarnya buruk bagi kita. Apalagi ketika mengemudi, ada beberapa kebiasaan buruk ketika mengemudi yang membuat kita kehilangan banyak uang.

Beberapa kebiasaan mengemudi bisa dibilang buruk untuk kinerja dan performa mesin serta terkadang membahayakan. Karena itu, seorang pengemudi yang baik harus mengetahui hal ini. Cintamobil memberikan beberapa kebiasaan buruk ketika mengemudi yang membuat kita kehilangan uang, yaitu,

1. Tidak memanaskan mobil sebelum bepergian

Zaman dahulu, kita bisa melihat orang tua kita maupun orang yang mempunyai mobil selalu memanaskan mobil di pagi hari sebelum berangkat. Bagi mobil modern, sebenarnya memanaskan mobil tidak selalu harus dilakukan. Namun, hal tersebut tak harus membuat kita langsung pergi sebelum memanaskan mobil setelah malam yang dingin. Malam yang dingin membuat oli dan pelumas sedikit mengeras, dan memanaskan mobil bisa mengencerkannya sehingga membuat semuanya berjalan lancar.

Gambar yang memperlihatkan mobil berwarna merah di pagi hari

Selalu panaskan mobil di pagi hari sebelum bepergian

2. Mengerem mendadak

Tidak semuanya hal yang mendadak tidak baik. Tapi mengerem mobil dengan mendadak merupakan salah satu cara anda membuang-buang uang anda dengan menghancurkan mobil secara perlahan. Pengereman mendadak bukan hanya akan mengganggu pengguna jalan lain di belakang anda, tapi juga membuat bagian bantalan rem dan cakram lebih cepat aus dibandingkan biasanya.

>>> Baca juga Teknik melakukan pengereman yang benar

3. Menggunakan gigi yang salah

Seperti hidup, semua punya aturannya. Bahkan ketika berkendara, anda harus meletakkan segala sesuatu sesuai dengan ukurannya. Mereka yang terburu-buru seringkali menambah kecepatan dengan langsung mengambil gigi lima tanpa menggeser ke gigi tiga atau empat terlebih dahulu. Hal ini bisa ‘menyeret’ mesin ketika mengemudi dengan kecepatan yang rendah dengan gigi yang terlalu tinggi. Hal ini sangat buruk bagi mesin dan kepala silinder secara umum.

Tangan yang memegang kopleng pada mobil dengan interior hitam

Perhatikan ketepatan gigi dengan kecepatan mobil

4. Berkendara dengan tangki hampir kosong

Terkadang, saking malasnya mengantri untuk mengisi minyak, kita berkendara dengan tangki yang hampir kosong. Terlebih, ketika anda mengemudi sampai mobil berhenti karena kehabisan bahan bakar, tentu saja berakibat buruk pada mesin. Mesin modern dengan injektor bahan bakar terutama tidak boleh kehabisan tenaga. Tangki yang hampir kosong akan membuat kotoran yang ada pada tangki tersedot mesin yang akan membuat kerusakan yang mahal untuk diperbaiki.

>>> Baca juga tips menghemat bahan bakar

5. Membuka jendela

Sebenarnya, membuka jendela boleh-boleh saja dalam mengemudi. Tapi, mobil tidak didesain untuk menjadi efisien ketika jendela dibuka. Membuka jendela ketika sedang melaju kecang akan menguras uang anda untuk membeli bahan bakar lebih banyak.

Tangan yang sedang keluar dari jendela mobil yang melaju di jalanan kosong dengan langit biru

Membuka jendela setiap waktu akan menguras bahan bakar anda

6. Tidak memperhatikan dashboard

Memperhatikan dashboard disini bukan hanya memperhatikan GPS yang ada. Tapi juga memperhatikan semua warning sign yang ditampilkan. Mengabaikan sesuatu seperti lampu peringatan bahan bakar atau mesin yang terlalu panas akan menimbulkan masalah yang besar dikemudian hari.

>>> Baca juga Cara paling efektif mengemudikan mobil otomatis

7. Tidak menggunakan rem tangan

Melupakan rem tangan ketika anda memarkirkan kendaraan bukan hanya untuk keamanan mobil, tapi bisa mmembuat mobil menjadi lebih rentan untuk bergulir. Beberapa orang berfikir bahwa tidak apa-apa untuk meninggalkan mobil matic mereka tanpa memasang rem tangan. Tapi untungnya, mobil terbaru mempunyai rem parkir otomatis yang mempermudah anda dalam memarkirkan kendaraan.

Rem tangan otomatis ada mobil dengan interior berwarna hitam

Beberapa mobil sudah dilengkapi dengan rem parkir otomatis

8. Selalu meletakkan tangan pada kenop gigi

Ketika kita sedang belajar mengemudi, instruktur seringkali memegang kenop gigi jika anda sedang berkendara di jalanan. Namun, apakah hal ini baik untuk mobil? Sayangnya tidak. Meletakkan tangan pada kenop gigi dan dengan tekanan yang cukup, akan mempengaruhi tongkat kenop yang akan menimbulkan perbaikan yang mahal.

9. Selalu meletakkan kaki pada kopleng

Kopling bukan tempat untuk mengistirahatkan kaki. Jadi, jangan meletakkan kaki sepenuhya di pedal kopling saat anda mengemudi. Jika anda meletakkan kaki anda, anda bisa memanaskan kopling anda dan akhirnya bisa membakarnya.

Tangan yang sedang menulis dengan bagian bawah mesin mobil yang sedang dibuka

Lakukan maintenance secara berkala untuk perawatan mobil

10. Melupakan perawatan bulanan

Salah satu cara terbaik bagi anda untuk membuang-buang uang adalah dengan tidak melakukan perawatan bulanan bagi mobil anda. Mobil anda tidak akan mendapatkan perhatian yang cukup dan membuat mobil terjangkiti penyakit-penyakit yang merusak. Sama seperti manusia, terkadang mobil mengalami kerusakan yang tidak terdeteksi. Membawa mobil kepada teknisi untuk diperiksa dalam melihat kerusakan-kerusakan tersembunyi yang dialami oleh mobil.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

Mempunyai mobil merupakan salah satu hal yang bisa membuat kita terbantu, namun juga bisa menyusahkan. Mobil terkadang bisa membuat kita mengeluarkan banyak uang untuk memperbaiki kerusakan-kerusakan yang terjadi. Beberapa kebiasaan buruk ketika mengemudi bisa membuat kita kehilangan banyak uang jika tidak dihindari.

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang akan menguras uang anda

Share this post: