10 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Mematikan Mobil Ketika Sedang Berhenti

09/04/2018

Pengemudian
Share this post:
10 Alasan Penting Kenapa Anda Harus Mematikan Mobil Ketika Sedang Berhenti
Banyak cara untuk menghemat mobil Anda. Salah satunya, yaitu dengan mematikan mobil ketika sedang berhenti. Terkait alasan mematikan mobil ketika sedang berhenti ini bukan hanya untuk waktu yang lama, tapi bahkan lebih baik ketika Anda hanya meninggalkan mobil selama beberapa menit saja.

Disebut dengan idling, yaitu ketika pengemudi meninggalkan mobil masih menyala sehingga mesin tetap bekerja tanpa dikendarai merupakan salah satu pemborosan mesin. Jutaan mobil yang idling akan mengeluarkan polusi sebanyak mobil yang bergerak. Karena itu, ada beberapa alasan mematikan mobil ketika sedang berhenti, diantaranya:

1. Menghemat gas

Jika mobil menganggur selama 5 menit Anda memanaskan mobil di pagi hari, serta 3 menit dalam menerima pesanan Anda di drive-thru atau 4 menit sambil menunggu untuk menjemput anak-anak dari sekolah, Anda sudah memakai bahan bakar untuk berkendara sejauh 40 km.

Gambar yang menunjukan ilustrasi koin yang keluar dari asap knalpot mobil

Menghidupkan mobil berlebihan sama dengan membuang uang

2. Menghemat uang

Menurut penelitian yang di lakukan EcoWatch di Amerika, rata-rata menghabiskan sekitar $ 13 Juta setiap hari untuk melakukan idling yang tidak perlu. Sama dengan 3.8 Juta gallon bahan bakar terbuang sia-sia. Menghindari idling sama artinya dengan menghemat pemakaian bahan bakar mobil Anda dan artinya akan menghemat uang Anda.

3. Menghemat lingkungan

Untuk setiap 10 menit idling yang dilakukan mobil, Anda sama saja dengan menambahkan 0.5 kg Karbon Dioksida ke permukaan bumi dan menuju atmosfer. Hal ini berarti Anda bertanggung jawab dalam menambahkan efek rumah kaca yang membuat Bumi semakin panas.

Gambar yang menunjukan rambu-rambu yang melarang untuk melakukan idling

Pengurangan asap mobil membantu membuat lingkungan lebih bersih

4. Membuat kita lebih sehat

Idling terkait dengan peningkatan asma, alergi, penyakit jantung dan paru-paru, serta kanker akibat asap yang dikeluarkan mobil. Anda-anak sangat rentan dalam menghirup asap yang dikeluarkan oleh mobil, apalagi banyak idling dilakukan di sekolah.

>>> Baca juga Cara memanaskan mobil dalam satu menit

5. Membuat kita lebih pintar

Menghirup asap knalpot dapat merusak sel-sel otak dan sangat mungkin terkait dengan autisme. Sebuah penelitian di New York menunjukan bahwa anak-anak berusia 5 tahun yang terkena paparan tinggi dari pembakaran mesin memiliki IQ yang lebih rendah dibandingkan anak-anak lainnnya.

Gambar yang menunjukan mobil yang sedang mengeluarkan asap berwarna putih

Suara mobil bisa menjadi polusi suara yang mengganggu

6. Lebih tenang

Melakukan idling atau berhenti sambil tetap menghidupkan mobil juga berpengaruh terhadap polusi suara yang dikeluarkan. Tentu saja, jika Anda mematikan mobil, lingkungan akan lebih tenang tanpa suara berisik dari mobil.

7. Mengurangi bau

Asap knalpot mempunyai bau yang khas dan sangat buruk bagi kesehatan. Menghidupkan mobil sambil idling membuat pasokan asap knalpot menjadi lebih banyak dan membuat Anda menghirup lebih banyak asap.

Gambar yang menunjukan asap knalpot yang keluar dari knalpot mobil

Pengurangan kerja mesin bagus untuk mesin itu sendiri

8. Bagus untuk mesin

Idling dapat merusak komponen mesin. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Komisi Energi California, bahan bakar hanya dibakar sebagian saat mobil tidak bekerja karena mesin tidak beroperasi pada suhu puncaknya. Hal ini akan mengarah pada penumpukan residu bahan bakar pada dinding silinder yang dapat merusak komponen mesin dan meningkatkan konsumsi bahan bakar.

>>> Baca juga tips mengemudi lainnya disini

9. Memberi contoh yang baik

Dengan memamtikan mobil, Anda bisa memberikan contoh yang baik bagi anak-anak Anda serta anggota keluarga yang lain. Selain itu, Anda juga bisa memberikan kesempatan untuk mendidik keluarga yang lain tentang bahaya dan dampak buruk dari idling.

Gambar yang menunjukan kunci mobil yang sedang bergantung pada mobil

Hanya butuh memutar kunci untuk mengurangi emisi karbon

10. Sangat mudah

Hanya tinggal memutar kunci akan berdampak baik pada lingkungan, mesin, serta keluarga Anda. Kenapa harus membuang-buang tenaga dan uang jika saja Anda bisa menghemat semua itu hanya dengan memutar kunci mobil Anda?

Dengan buruknya efek kendaraan terhadap lingkungan saat ini, hal itu cukup untuk menjadi alasan mematikan mobil ketika sedang berhenti. diperlukan perubahan untuk mengurangi emisi yang dikeluarkan oleh mobil dan kendaraan lain, dan perubahan tersebut bisa dimulai dari hal-hal yang kecil, seperti mematikan mobil Anda ketika sedang tidak digunakan.

>>> Baca juga tips dan trik lainnya disini

Share this post:
 
back to top