Yuk Pahami Arti 5 Logo Mobil Mewah Sport Ini

11/10/2020

Pasar mobil

8 menit

Share this post:
Yuk Pahami Arti 5 Logo Mobil Mewah Sport Ini
Sejumlah produsen mobil sport menggunakan logo atau lambang yang penuh makna. Bahkan logo mobil mewah dari tiap-tiap produsen ini punya cerita yang unik.

Diantara banyak produsen otomotif di seluruh dunia, ada yang berfokus hanya memproduksi mobil sport mewah. Misalnya Ferrari, Lamborghini, atau Porsche. pabrikan-pabrikan ini tidak pernah menawarkan satu model mobil berharga terjangkau. Bahkan harga mobil yang diproduksi oleh merk-merk tersebut sering kali dipatok di atas Rp 1 miliar.

Walau warganya setinggi langit, tapi fans fanatik dari merk-merek mobil sport itu juga banyak. Ada yang hanya sekedar mengagumi desain dan perfroma mobil sport yang berhasil diciptakan, ada pula yang sampai menjadi kolektor dari satu brand tersebut.

Namun pernahkah Anda berpikir, mengapa produsen-produsen ini menggunakan gambar logo mobil sport yang unik-unik? Bahkan banyak yang terinspirasi dari nama atau sosok hewan. Nah kali ini Cintamobil.com akan membahas tentang sejarah dan arti dari logo mobil mewah merk-merk tersebut.

>>> Mengenal BMW M3 GTR E46, Mobil Sport Legendaris di Game Need for Speed

Uniknya Makna Dibalik Logo Mobil Sport Mewah di Dunia

Logo dari sebuah perusahaan, pastilah memiliki arti atau filosofis tersendiri yang mencerminkan tujuan, semangat, atau harapan dari perusahaan tersebut. Begitu juga dengan logo mobil mewah yang dibuat perusahaan-perusahaan otomotif, pastilah lambang-lambang mobil sport ini mempunya makna tersendiri.

Bukan sekedar penggunaan gambar, atau inisial perusahaan, namun logo mobil mewah ini diciptakan berdasarkan perhitungan serta diskusi mendalam dari para pendiri perusahaan mobil tersebut. Lalu apa saja makna dari beberapa logo mobil sport yang ada di dunia, berikut ulasannya.

1. Logo Mobil Acura

Sejarah Logo Mobil Acura

Acura merupakan divisi mobil sport mewah dari Honda

Acura merupakan divisi mobil mewah dari Honda yang muncul pada tahun 1986 untuk pasar Amerika Serikat (AS) dan Kanada. Saat itu di kedua negara ini banyak bermunculan mobil-mobil mewah, sementara Honda merasa belum mempunyai satu mobil mewah yang bisa diandalkan untuk bersaing dengan merk lain.

Akhirnya Honda pun menyodorkan merk Acura di kedua negara itu yang sebenarnya menggunakan logo mobil keren yang hampir sama dengan logo "H" mobil Honda. Hanya saja logo Acura dibuat lebih mengerucut. Ini merupakan representasi karena selain menghadirkan mobil mewah, Acura juga menawarkan mobil berperforma tinggi. Kehadiran Acura ternyata juga menyulut produsen Jepang lain guna menghadirkan divisi merk premium, seperti Nissan dengan Infiniti dan Toyota dengan Lexus.

>>> Sedan Mewah Terjangkau Dibawah Rp 1 Miliar, Tips Lengkap Beli Lexus GS 350 Bekas

2. Logo Mobil Bugatti

Sejarah Logo Mobil Bugatti

Logo unik dari Bugatti yang punya unsur perhiasan mewah

Anda pernah mendengar atau melihat sosok Bugatti Veyron maupun Chiron? Atau mungkin Anda adalah pengagum setia Bugatti? Maka sudah pasti Anda paham benar bagaimana logo mobil Bugatti terbentuk dan apa arti dari logo tersebut. Namun kalau belum mengerti, berikut penjelasannya:

Lambang mobil sport ini berupa tulisan Bugatti dalam sebuah ruang oval dengan kombinasi warna merah, putih, dan hitam. Warna-warna ini menunjukkan nilai tersendiri. Merah untuk melambangkan kegembiraan para pemilik mobil ini, putih untuk menampilkan sisi elegan, dan hitam untuk keberanian dan keunggulan. Kemudian disekeliling logo juga ditambahkan 60 gambar mutiara. Ini karena ayah Etorre Bugatti sebagai pendiri perusahaan ini merupakan ahli perhiasan.

3. Logo Mobil Ferrari

Sejarah Logo Mobil Ferrari

Logo mobil mewah ini dipercayai membawa keberuntungan

Si Kuda Jingkrak, begitu merk mobil sport dari Italia ini dikenal. Bermarkas di Maranello, Ferrari didirikan oleh Enzo Ferrari pada tahun 1929. Awalnya perusahaan ini mensponsori para pembalap dan membuat mobil balap di beberapa ajang motorsport. Namun sejak 1947, Ferrari mulai memproduksi mobil untuk dijual massal.

Mungkin Anda bingung mengapa Enzo Ferrari menggunakan lambang kuda berwarna hitam yang tengah siap-siap melompat atau berjingkrak. Kedua kaki depannya menghadap ke atas dan kedua kaki belakang bersiap melompat. Ternyata alasan Enzo memilih logo mobil mewah ini bernuansa magis.

Adalah Countess Paolina, yang merupakan ibu dari salah satu pahlawan perang Italia, yang menyarankan Enzo menggunakan profil kuda yang tengah siap-siap melompat itu untuk logo mobil mewah buatannya. Karena dipercaya lambang ini akan membawa keberuntungan bagi setiap mobil produksi Enzo. Akhirnya logo ini pula yang dipilih Enzo sebagai logo perusahaan yang ia dirikan.

>>> Review Ferrari Roma 2020: Sang Pangeran Penyempurna Keluarga Ferrari V8

4. Logo Mobil Lamborghini

Sejarah Logo Mobil Lamborghini

Banteng selalu identik dengan Lamborghini

Lamborghini merupakan produsen mobil yang selalu memproduksi supercar bertenaga dahsyat. Karena diproduksi dengan material paling berkualitas dan teknologi tinggi, dengan perhitungan yang amat mendetil, tak heran mobil-mobil Lamborghini berharga sangat mahal dan jumlah unitnya dibuat terbatas.

Perusahaan Automobili-Lamborghini S.p.A. didirikan oleh Ferruccio Lamborghini pada tahun 1963 yang tujuannya menyaingin mobil-mobil sport yang sudah diproduksi oleh Ferrari. Perusahaan yang berpusat di Sant'Agata Bolognese, Italia itu memang mengalami pasang surut, sampai akhirnya dibeli oleh Volkswagen Group. Lalu tahukah Anda mengapa logo mobil sport ini mengambil dari hewan liar, Banteng?

Ternyata hal itu terinspirasi dari hobi Ferrucio Lamborghini yang begitu menyukai olahraga khas Spanyol, Matador. Karena terlalu cintanya pada Banteng, bukan cuma logo mobil mewah itu saja yang berwujud sosok Banteng, namun nama dari model-model Lamborghini pun terinspirasi dari nama Banteng. Misalnya Murcielago dan Aventador yang merupakan dua Banteng yang pernah mendapat penghargaan lomba Matador tingkat dunia.

5. Logo Mobil Porsche

Sejarah Logo Mobil Porsche

Gambar unik di logo Porsche

Logo mobil mewah yang terakhir akan kami ulas datang dari pabrikan Jerman, Porsche. Perusahaan yang punya nama lengkap Dr. Ing. h.c. F. Porsche AG itu didirikan oleh Ferdinand Porsche pada tahun 1931. Berkantor pusat di Stuttgart, Porsche merupakan anak perusahaan dari Volkswagen Group.

Awalnya perusahaan ini hanya menjadi konsultan untuk pengembangan mobil. Tugas pertamanya adalah mengembangkan mobil rakyat untuk Volkswagen. Barulah setelah tahun 1952, anak dari Ferdinand Porsche, Ferry Porsche membuat mobil sendiri karena ia merasa tidak ada mobil yang sesuai dengan seleranya. Mobil buatan Ferry pun dinamakan Porsche 356.

Perusahan pun kemudian membuat lambang mobil sport mereka yang merupakan kombinasi lambang negara bagian Wuerttemberg yang ditambahkan logo kuda sebagai lambang Stuttgart.

>>> Jangan lupa klik tips dan trik untuk mendapatkan tips menarik lainnya

Share this post:
Penulis
Sudah menulis di media online sejak 2009, Pras sangat berpengalaman di bidang otomotif. Pria penggemar mobil modifikasi ini sudah mencicipi berbagai jenis mobil, mulai LCGC hingga Hypercar. Ia menjadi anggota tim redaksi Cintamobil.com sejak 2019.

Berita lain

Lambang BMW Dapatkan Perubahan Radikal Tahun Ini, Intip Sejarahnya

04/03/2020

Pasar mobil

3 menit

Ada yang baru dari debut pertama BMW i4 Concept dalam Geneva Motor Show 2020 kemarin. Lambang BMW yang transparan langsung menjadi perbincangan. Perubahannya yang radikal menjadikannya salah satu logo yang lebih kekinian dan minimalis.

Lihat juga

Jangan Asal Pilih, Warna Mobil Melambangkan Kepribadian Seseorang

29/06/2020

Jual beli

5 menit

Mungkin bagi sebagian orang memilih warna bukanlah suatu hal yang krusial sebelum membeli mobil. Tapi di balik warna itu melambangkan kepribadian seseorang.

Lihat juga

Vauxhall Perkenalkan Logo Baru untuk SUV Mokka 2021

25/09/2020

Pasar mobil

3 menit

Vauxhall telah meluncurkan versi baru dari logo griffinnya yang akan memulai debutnya pada Mokka generasi berikutnya yang tiba pada bulan April tahun depan.

Lihat juga

Logo Maserati Baru Menghiasi MC20, Lebih Elegan dan Futuristik

10/09/2020

Pasar mobil

2 menit

Selain memperkenalkan sportscar teranyar Maserati MC20, terlihat logo Maserati baru yang dibuat lebih elegan dan futuristik sebagai penanda era baru Maserati.

Lihat juga

Logo Baru Rolls Royce Jadi Simbol 'House of Luxury'

28/08/2020

Pasar mobil

3 menit

Logo baru Rolls-Royce dihadirkan guna melanjutkan perjalanan Rolls-Royce dari pabrikan otomotif menjadi House of Luxury. Apa sajakah perbedaannya?

Lihat juga